Perbedaan Angioedema dan Urtikaria (Pengertian – Gejala – Tempat Terjadinya)

1128

Umumnya bagi orang awam akan memiliki persepsi bahwa Angioedema dengan urtikaria merupakan salah satu jenis yang sama. Namun Tahukah anda ternyata sebenarnya Angioedema dan urtikaria merupakan salah satu penyakit yang berbeda namun ditimbulkan gejala yang hampir sama. Adapun beberapa perbedaan dari Angioedema dan urtikaria dapat kita lihat sebagai berikut.

Perbedaan angioedema dan urtikaria

Pengertian

Angioedema merupakan salah satu pembekakan di bawah kulit yang dimana pembengkakan tersebut disebabkan karena adanya reaksi alergi. Biasanya Angioedema dapat mempengaruhi area mata dan juga area bibir. Penyakit ini biasanya sering terjadi karena adanya alergi terhadap bebearpa hal seperti alergi makanan, alergi terhadap perubahan suhu udara dan alergi terhadap obat atau bisa juga karena salah mengkonsumsi obat.

Urtikaria merupakan kondisi kelainan kulit yang disebabkan adanya reaksi alergi sehingga menyebabkan kulit menjadi berwarna kemerah-merahan dan kulit menjadi sedikit menonjol atau terlihat timbul. Biasanya urtikaria atau yang biasa disebut dengan biduran oleh orang awam merupakan kondisi gatal pada kulit yang terdapat ruam ruam kemerahan.  Pada dasarnya penyakit urtikareia ini terbagi menjadi dua macam, yaitu urtikaria ringan dan urtikaria akut, jadi dalam  pengobatanya pun memerlukan treatment atau juga cara-cara yang sesuai dengan jenis urtikaria yang dideritanya.

Gejala

Meskipun terlihat hampir sama namun pada kenyataannya gejala yang ditimbulkan dari penyakit Angioedema dan juga gejala yang ditimbulkan dari penyakit urtikaria memiliki perbedaan. Adapun perbedaannya adalah sebagai berikut

Penyakit Angioedema

Gejala umum yang terjadi pada seseorang yang mengalami penyakit Angioedema biasanya akan muncul pembengkakan pada lapisan dalam yang berada di bawah kulit. Biasanya seseorang yang mengalami penyakit rasa ini akan memiliki kulit yang berwarna merah kulit terasa hangat dan terasa nyeri. Penyakit rasa ini biasanya terjadi satu sampai dengan 2 hari Namun pembengkakan yang terjadi pada penyakit Angioedema ini dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain.

Penyakit Urtikaria

Sedangkan urtikaria memiliki gejala-gejala yaitu timbulnya ruang bercak-bercak yang berwarna kemerahan serta diikuti dengan bentol-bentol pada permukaan kulit yang dimana bentar-bentar tersebut memiliki perbatasan yang tegas. Meskipun demikian bentol-bentol yang terjadi pada seseorang yang mengalami urtikaria biasanya memiliki ukuran yang berbeda-beda dan penyakit ini menyebabkan rasa gatal perih dan juga rasa panas pada penderitanya.

Urtikaria ini memang sering dikatakan sebagai biduran, maka dari itu obat mengatasi biduran atau pun untuk urtikaria hampirlah sama, beberapa obat untuk biduran diantaranya  obat gatal biduran, atau juga dapat menggunakan atau memanfaatka obat tradisional biduran dan obat-obat biduran yang lainnya, itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit urtikaria atau  Cara mengobati biduran yang efektif. 

Tempat terjadinya

Meskipun pada dasarnya penyakit Angioedema dan urtikaria dapat terjadi pada bagian tubuh manapun namun pada kenyataannya penyakit Angioedema lebih sering terjadi pada kelopak mata pada bagian lidah dan juga pada bagian tenggorokan. Penyakit Angioedema yang terjadi pada bagian luar tidaklah berbahaya namun penyakit Angioedema yang pada bagian dalam harus segera diatasi.

Itulah beberapa hal yang dapat anda ketahui tentang perbedaan Angioedema dan urtikaria. Bagi Anda yang jeli dan paham Anda juga dapat melihat atau memahami perbedaan dari Angioedema dan urtikaria Dengan memahami pengertian gejala serta Dimana tempat terjadinya penyakit tersebut. Semoga dengan adanya artikel perbedaan Angioedema dan urtikaria dapat menambah wawasan anda dan anda juga dapat membedakan Apa yang dimaksud dengan Angioedema dan Apa yang dimaksud dengan urtikaria.