4 Cara Mengobati Asam Lambung dengan Susu Mudah dan Efektif

303

Asam lambung atau yang kita sebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi ketika asam lambung naik yang bahkan dapat mencapai kerongkongan dan memicu sensasi terbakar dan nyeri di dada. Dan untuk mengobatinya, susu adalah salah satu bahan alami yang bisa diandalkan.

Beberapa orang meyakini bahwa susu justru merupakan sebab dari asam lambung dan heartburn, namun sebenarnya hal ini bisa terjadi ketika seseorang meminum susu berlebihan. Jenis susunya pun perlu diperhatikan, seperti misalnya menghindari susu sapi full fat karena susu sapi cenderung meningkatkan risiko asam lambung. Lalu, cara mengobati asam lambung dengan susu seperti apa yang dianggap efektif?

  1. Minum Skim Milk

Susu skim atau skim milk bisa coba dikonsumsi karena susu jenis ini justru menawarkan nutrisi yang sama seperti susu sapi full fat, hanya saja tanpa lemak yang berlebih seperti di susu sapi. Minumlah susu skim dingin secangkir saja setiap pagi secara rutin agar sensasi terbakar di bagian tenggorokan maupun dada mereda.

  1. Minum Susu Kambing

Penderita asam lambung memang tak sebaiknya mengonsumsi lemak tinggi, oleh karena itu susu kambing dianjurkan untuk mengobati atau setidaknya meredakan kadar asam lambung tinggi. Ini karena kadar lemak di dalam susu kambing termasuk rendah sehingga tubuh lebih mudah dalam mencernanya.

Dapatkan susu kambing dari peternak kambing lokal dan akan jauh lebih baik lagi jika susu kambing ini adalah yang organik dan belum diolah. Minumlah sehari secangkir (atau setara 200-250 ml) susu kambing organik ini untuk menormalkan kembali kadar asam lambung dan menghilangkan gejala-gejala yang bikin tak nyaman.

  1. Minum Smoothie Susu dan Pisang

Pisang adalah buah yang bisa dikombinasi bersama susu untuk dibuat menjadi smoothie nikmat pereda asam lambung. Ini karena pisang memiliki sifat antasid karena kandungan mineral kalium yang besar.

  • Siapkan susu skim atau susu kambing dingin 2 cangkir saja, masukkan ke dalam blender.
  • Masukkan pula sebuah pisang matang yang sudah dipotong-potong, berikut juga madu 2 sendok makan dan bubuk kapulaga hijau 1 sendok teh.
  • Blender seluruh bahan sampai halus.
  • Jika ingin, tambahkan es serut ½ cangkir ke dalamnya dan blender lagi sampai tekstur lembut.
  • Konsumsilah sehari sekali secara rutin sampai gejala asam lambung reda.
  1. Minum Susu Campur Kayu Manis

Gangguan pencernaan pada lambung seperti kenaikan asam lambung dapat diatasi dengan kayu manis. Suatu hasil penelitian mampu membuktikan bahwa kayu manis memberikan perlindungan pada usus kecil sekaligus dinding lambung. Bahkan hal ini pun dipercaya oleh para peneliti kalau kayu manis adalah penurun kadar pepsin dan asam lambung sheingga kesehatan lambung dan pencernaan terjaga baik.

  • Siapkan bubuk kayu manis sesendok teh.
  • Campurkan bubuk kayu manis ke dalam setengah gelas susu skim.
  • Boleh langsung diminum, namun boleh juga disimpan dulu di dalam lemari es sebelum mengonsumsi.

Bagi penderita asam lambung yang juga memiliki intoleransi laktosa, pastikan untuk tak mencoba cara mengobati asam lambung dengan susu ya. Pakai susu kambing atau susu skim segar dan tidak dicampur bersama buah-buahan sitrus. Mengubah pola makan, istirahat cukup dan mengelola stres dengan baik akan sangat mampu mendukung pemulihan kondisi asam lambung.