Home Penyakit dan KelainanArtritis 11 Cara Mengolah Kunyit untuk Nyeri Sendi Paling Mudah dan Ampuh

11 Cara Mengolah Kunyit untuk Nyeri Sendi Paling Mudah dan Ampuh

by Erlita

Kunyit adalah bahan alami yang sudah terkenal ampuh dalam mengatasi berbagai jenis penyakit luar maupun dalam. Sifat antioksidan dan antiradang di dalamnya adalah yang bisa diandalkan bahkan oleh para penderita nyeri sendi atau arthritis. Berikut adalah beberapa cara mengolah kunyit untuk nyeri sendi paling mudah yang bisa Anda dapat buktikan sendiri efektivitasnya.

  1. Kunyit dan Jeruk Nipis

Asam sitrat adalah salah satu kandungan baik di dalam jeruk nipis yang berfungsi sebagai pereda rasa nyeri dan peradangan.

Caranya: Cukup dengan mencampurkan sesendok makan air jeruk nipis bersama kunyit 2 sendok makan ke dalam sedikit air yang Anda didihkan, larutan berupa pasta kental akan terbentuk dan bisa dioles langsung pada bagian sendi yang nyeri. Setelah 15 menit barulah Anda bisa membersihkannya dengan air biasa.

  1. Kunyit dan Serai

Pada serai, ada kandungan tinggi akan anti-inflamasi yang akan mengurangi rasa sakit akibat inflamasi pada sendi.

Caranya: Pastikan untuk melelehkan lebih dulu minyak kelapa sebanyak 2 cangkir melalui oven yang sudah dipanaskan sampai 150 derajat. Lanjutkan dengan mencampur bubuk kunyit 5 sendok makan, cabai rawit 5 sendok makan, serta serai kering sebanyak 1 ons ke dalam lelehan minyak tadi. Selama 3-5 jam Anda bisa memanggangnya dan angkatlah, tunggu sampai dingin sebelum menyaringnya menggunakan kain biasa yang tipis. Ramuan bisa disimpan lebih dulu dengan suhu kamar, dalam sebuah wadah kedap udara dan ketika membutuhkannya, langsung oles saja pada sendi yang nyeri secara langsung.

  1. Kunyit dan Jahe

Jahe dengan kandungan shagoal dan gingerolnya mampu mengurangi peradangan yang terjadi pada sendi sekaligus meningkatkan efek kurkumin dalam tubuh penderita nyeri sendi saat dikombinasikan bersama kunyit.

Caranya: Siapkan 1 inci jahe bersama dengan 1 rimpang kunyit yang bisa dikupas lebih dulu dan potong-potong. Rebus 2 cangkir air yang kemudian bisa ditambahkan dengan potongan kunyit dan jahe tadi ke dalam air rebusan, didihkan selama 10 menit. Setelah diangkat, tutup dan tunggu lagi 10 menit lamanya sebelum Anda bisa saring dan tambahkan madu. Wajib dikonsumsi selagi masih hangat usai ditambah dengan madu, namun gunakan jahe sesuai aturan agar menghindari efek samping jahe.

  1. Kunyit dan Fenugreek

Fenugreek yang umumnya digunakan sebagai penambah rasa manis saat mengolah makanan, rupanya kaya akan saponin, alkaloid, flavonoid, vitamin, zat besi, serta trigonelline selain bersifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Caranya: Cukup campurkan saja bubuk kunyit serta bubuk fenugreek dengan perbandingan 1:1 berikut juga bubuk jahe bila ada dengan takaran yang sama. Bubuhkan sesendok teh campuran tersebut ke segelas air panas untuk dijadikan teh yang bisa Anda konsumsi sehari 2 kali sampai rasa nyeri sendi hilang.

  1. Air Kunyit

Kunyit juga bisa dicampur cukup dengan air saja bila Anda ingin pengobatan nyeri sendi dengan kunyit yang lebih sederhana.

Caranya: Siapkan seliter air, rebuslah dan masukkan sesendok makan bubuk kunyit ke dalamnya. Aduk merata dan kecilkan api hingga 10 menit lamanya. Angkat dari kompor, dan diamkan lebih dulu sampai lebih dingin atau suam-suam kuku. Minumlah ramuan selagi hangat dan lakukan metode ini setiap hari sehari sekali agar nyeri sendi cepat hilang, namun hindari penggunaan jangka panjang karena tetap ada bahaya minum air kunyit setiap hari.

  1. Kunyit Tanpa Campuran

Selain dari kombinasi kunyit dengan bahan lainnya di atas, Anda juga bisa menggunakan bubuk kunyit dengan menaburkan sekitar ¼ sendok teh rempah ini ke setiap hasil masakan Anda. Seminggu terlewati, asupan bisa Anda tambahkan dari ¼ sendok teh menjadi ½ sendok teh dan sesudah 1 bulan, jadikan 1 sendok teh banyaknya. Tak hanya pada masakan, Anda bisa mencampurkannya ke dalam susu hangat yang bisa dikonsumsi hingga rasa nyeri hilang dari sendi.

  1. Pasta Kunyit

Selain air kunyit, Anda juga bisa mencoba membuat pasta kunyit yang dapat dijadikan sebagai obat oles agar ketegangan, rasa nyeri dan peradangan segera hilang.

Caranya: ¼ cangkir kunyit bisa dipersiapkan lalu campurkan ke dalam ½ cangkir air, panaskan selama 7 menit sambial mengaduk-aduknya terus hingga teksturnya mengental seperti pasta. Angkat dari kompor dan diamkan sampai agak dingin; jika kiranya pasta mengering, tak apa menambahkan beberapa tetes air, lalu simpan di dalam lemari es. Ramuan dapat Anda gunakan dengan mengoleskannya ke sendi yang nyeri, setelah 15 menit bilas dengan air biasa.

  1. Kunyit dan Minyak Kelapa

Lemak dari minyak kelapa adalah sempurna bila dikombinasikan dengan kurkumin dari kunyit agar lebih mudah terserap ke dalam tubuh penderita nyeri sendi.

Caranya: Buatlah ramuan berbentuk pasta dengan mencampur minyak kelapa secukupnya dengan bubuk kunyit 1 sendok teh. Campuran bisa diterapkan langsung ke sendi yang nyeri lalu balutlah dengan kain perban. Bilaslah dengan air biasa ketika 3 jam sudah berlalu; perawatan bisa diulangi sesuai kebutuhan saja demi menghindari efek samping kunyit.

  1. Kunyit dan Lada Hitam

Lada hitam memiliki kandungan peperine yang mampu meningkatkan kecepatan penyerapan kurkumin dari kunyit ke dalam tubuh penderita.

Caranya: Buatlah adonan atau larutan pasta dari 2 ½ sendok teh bubuk kunyit bersama 1/3 cangkir madu asli yang kemudian dapat disimpan dalam sebuah wadah toples tertutup 2 minggu lamanya. 1 sendok teh pasta tersebut bisa Anda masukkan ke secangkir air panas, aduk-aduk, lalu tambahkan ½ sendok teh lada hitam bersama perasan lemon sedikit yang bisa dikonsumsi saat kondisi hangat setiap sehari sekali.

  1. Kunyit, Minyak Kelapa dan Kuning Telur

Selain kunyit dan minyak kelapa saja, ada pula ramuan yang bisa menjadi alternatif, yakni dengan menambahkan kuning telur ke dalamnya.

Caranya: Minyak kelapa bisa dilelehkan lebih dulu dan siapkan sebanyak 2 sendok teh saja. Sediakan 2 kuning telur yang dapat Anda kocok dulu hingga tekstur benar-benar halus, barulah campur rata bersama minyak kelapa tadi dan 1 sendok makan bubuk kunyit selama 30 detik dalam kecepatan tinggi. Nyeri sendi akan sembuh bila Anda mengonsumsi ramuan ini rutin sehari 2 kali.

  1. Kunyit, Saltpeter dan Bubuk Kapur

Saltpeter mungkin tergolong asing, namun sebenarnya ini adalah butiran-butiran asam sendawa atau kalium nitrat berwarna putih transparan yang sangat gampang larut di air dan menawarkan rasa asin.

Caranya: Campurkan saja masing-masing dari saltpeter, bubuk kapur dan bubuk kunyit 1 sendok teh yang pada akhirnya akan terbentuk tekstur pasta. Langsung oles ke bagian sendi yang sakit dan tunggu selama 15 menit sebelum bisa dibersihkan dengan cara membilasnya. Ulangi perawatan serutin mungkin supaya nyeri cepat sembuh.

Demikianlah cara mengolah kunyit untuk nyeri sendi paling mudah dan ampuh yang para penderita arthritis wajib coba. Tentu hasil kesembuhan akan lebih maksimal ketika Anda bisa melakukan juga tips diet sehat dan seimbang setiap harinya.

You may also like