Home Featured 5 Masalah Seksual Ini Paling Sering Dikeluhkan Para Pria

5 Masalah Seksual Ini Paling Sering Dikeluhkan Para Pria

by Putri Yohani Masnun

Pria dewasa seringkali mengabaikan kesehatannya baik pada tubuh maupun organ reproduksinya. Padahal jika sudah sakit tentu pengobatan akan lebih menyulitkan. Selain memakan waktu, biaya yang keluar juga cukup besar. Apalagi untuk masalah seksual, para pria terkesan cuek dan mengabaikannya. Padahal, dengan memberikan waktu sedikit saja untuk memeriksa diri sendiri dan memperhatikan pola hidup kesehatan dapat dimiliki sepanjang hidup. Secara umum, masalah seksual berikut ini paling sering dikeluhkan para pria. Kenali lebih dalam untuk mencegahnya sebelum terjadi.

  1. Ejakulasi Dini

Setidaknya 1 dari 3 pria mengalami ejakulasi dini di dunia. Ejakulasi dini diartikan sebagai kondisi orgasme yang terjadi kurang dari dua menit sejak mulainya penetrasi. Tentu saja ini dapat berujung pada ketidakpuasan pasangan karena durasi berhubungan yang terlalu singkat. Ejakulasi dini biasanya dialami pria yang sering merasa bersalah, stres, kecemasan berlebih terhadap kemampuan seksualnya dan faktor kesehatan tertentu.

2. Impotensi

Masalah kesehatan pria yang juga disebut disfungsi ereksi ini berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon, gangguan kesehatan tertentu, rokok, alkohol, hingga gangguan psikologis. Impotensi menyebabkan pria tidak dapat mengalami ereksi dengan sempurna, atau bahkan gagal ereksi. Hal ini tentu akan menyulitkan penetrasi dan menyebabkan hubungan seksual terganggu. Impotensi juga kerap berkaitan dengan disfungsi seksual, karena itu ada baiknya untuk segera memeriksakan diri saat mulai mengalami gejalanya.

3. Gairah Seksual Menurun

Umumnya yang mengalami penurunan gairah seksual adalah wanita, dimana perubahan hormon dalam tubuhnya sangat mudah terjadi. Namun sebenarnya, para pria pun dapat mengalami kondisi tersebut. Penyebabnya bisa beragam, mulai dari depresi, gaya hidup, gangguan kesehatan hingga perubahan hormon dalam tubuh. Untuk masalah hormon, ada baiknya untuk melakukan cara menurunkan hormon estrogen pada pria agar gairahnya dapat meningkat kembali.

4. Sakit saat Berhubungan

Rasa sakit yang muncul saat melakukan hubungan seksual juga dapat dialami para pria. Kondisi ini biasanya terjadi pada kulup penis yang sensitif, adanya luka akibat gesekan atau struktur abnormal yang terasa sakit saat penetrasi berlangsung. Terkadang gejala pembesaran prostat juga menjadi salah satu penyebab munculnya rasa sakit saat berhubungan.

5. Kesulitan Orgasme

Biasanya, wanita memang kesulitan mencapai klimaks dan sebagian besar mengaku belum pernah mengalami orgasme selama berhubungan. Nyatanya, pria pun dapat mengalami kondisi tersebut. Pria dapat mengalami kesulitan orgasme ketika ada kerusakan saraf, gangguan hormon atau tekanan psikologis yang dialaminya. Meskipun telah mengalami ereksi yang cukup keras, kesulitan ereksi bisa saja terjadi.

Itulah masalah seksual yang paling sering dikeluhkan para pria, baik yang baru menikah maupun yang telah memasuki usia lanjut. Ada baiknya saat gejala mulai dirasakan, segera memeriksakan diri ke dokter untuk dapat mengatasinya dengan cepat. Para pria semestinya lebih peduli dengan kondisi kesehatan seksualnya agar dapat menciptakan hubungan seksual yang sehat.

You may also like