Artemisiae Argyi – Obat Apa – Fungsi – Dosis – Efek Samping

Artemisiae Argyi Itu Obat Apa?

Artemisiae ArgyiArtemisiae Argyi atau dengan nama media Folium Artemisiae Argyi adalah semacam obat herbal yang dapat digunakan untuk metode penyembuhan dari beberapa penyakit seperti infeksi kulit karena bakteri, eksim atopik, moksibusi, dan kondisi lainnya. Selain dapat digunakan untuk permasalahan gangguan kesehatan kulit, Artemisiae Argyi juga dapat digunakan untuk beberapa penyakit lain seperti perawatan organ uterus, abses hati, limpa, penyakit ginjal dan lain sebagainya.

Selain itu kebanyakan obat herbal ini juga banyak dijadikan sebagai metode pengobatan untuk beberapa penyakit seperti Dysmenorrhea (rasa sakit saat menstruasi), mencegah terjadinya keguguran, Dysentery (keputihan), Hematemesis (muntah darah), Epistaxis (mimisan), Rectal Haemorrhgia (pendarahan pada organ usus) dan lain sebagainya. Manfaatnya yang begitu melimpah menjadikan obat Artemisiae Argyi sebagai pengobatan dan perawatan sistem dan kesehatan organ manusia. Beberapa penyakit pun bahkan dapat disembuhkan dengan pengkonsumsian dari herbal Artemisiae Argyi.

Fakta Mengenai Obat Artemisiae Argyi

Artemisiae Argyi atau dengan nama lain “Cina Baru” merupakan sebuah tumbuhan herbal alam yang banyak tumbuh di negara China. Meskipun namanya belum cukup familiar di Indonesia, namun di beberapa daerah obat ini sudah banyak dijadikan sebagai metode pengobatan dan perawatan beberapa penyakit khusus.

Artemisiae Argyi atau Cina Baru ini mirip seperti tunaman liar, jika di Jawa tanaman ini banyak yang menganggapnya sebagai tumbuhan “suket gajahan”. Dimana jenis tanaman ini merupakan terna menahun yang tumbuh secara tegak, berambut halus, tinggi kira-kira 1 meter, dan memiliki bau yang sangat menyengat. Tanaman herbal ini memiliki kandungan kimia seperti Cadinene, Thujul, Phellandrene, Dehydromatricaria Ester, Cineole, Fernenol, dan Alfa Amirin.

Jika beberapa orang menganggapnya sebagai tanaman obat hermal yang dikonsumsi dnegan cara direbus. Maka kali ini Artemisiae Argyi sudah banyak dijadikan sebagai obat oral yang memiliki segudang manfaat. Selain dapat digunakan untuk gangguan kesehatan kulit, Artemisiae Argyi juga dapat dijadikan sebagai obat kesehatan rahim wanita dan beberapa organ tubuh manusia lainnya.

Fungsi Obat Artemisiae Argyi

Jika dilihat dari pembahasan di atas, Artemisiae Argyi memiliki fungsi yang begitu banyak untuk pengobatan tubuh manusia. Beberapa di antaranya obat ini memiliki manfaat yang cukup banyak dijadikan sebagai obat untuk menuntaskan masalah kulit. Berikut manfaat dari Artemisiae Argyi yang dapat digunakan untuk pengobatan, perawaran, dan perbaikan sistem organ tubuh:

  • Infeksi kulit
  • Eksim
  • Moksibusi
  • Meredakan gatal-gatal pada kulit dan kemerahan
  • Menghangatkan seluruh badan
  • Pruritu
  • Batuk
  • Dahak hematomisis
  • Mengi
  • Organ Uterus
  • Hati
  • Limpa
  • Ginjal
  • Dysmenorrhea (rasa sakit saat menstruasi)
  • Pendarahan selama kehamilan
  • Menghilangkan rasa nyeri pada perut bawah
  • Mencegah terjadinya keguguran
  • Dismenorea
  • Dysentery (keputihan)
  • Hematemesis (muntah darah)
  • Epistaxis (mimisan)
  • Rectal Haemorhgia (pendarahan pada organ usus).

Selain fungsi obat Artemisiae Argyi di atas, umumnya Folium Artemisiae Argyi juga dapat meningkatkan kondisi pasien dengan melakukan beberapa fungsi lainnya seperti mencegah terjadinya Fosforilasi pada Limpa Tyrosine Kinase, Mitogen yang diaktifkan dalam protein Kinase, dan dapat merangkang beberapa titik akupuntur di dalam tubuh.


Kontraindikasi dan Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Obat Artemisiae Argyi

Sebagai obat yang dapat digunakan dalam beberapa metode penyembuhan, Artemisiae Argyi banyak digunakan dalam beberapa kasus perawatan dan perbaikan sistem dan organ tubuh. Sayangnya, dari berbagai fungsi yang diberikan tentu obat ini juga memiliki kontraindikasi yang harus diwaspadai oleh pasien yang menggunakannya.

Kontraindikasi dari Artemisiae Argyi sebenarnya belum banyak diketahui. Namun untuk mengurangi resiko atau terjadinya efek samping yang lebih berat. Sebaiknya setiap pasien yang menggunakan obat dalam kandungan Artemisiae Argyi berkonsultasi dengan pihak media atau dokter yang menangani kesehatan anda. Biasanya untuk beberapa pesien dengan riwayat penyakit tertentu obat Artemisiae Argyi tidak dapat digunakan tanpa pengawasan dokter.

Prosedur Minum Obat Artemisiae Argyi

Dikenal sebagai obat herbal yang berasal dari tumbuhan China, Artemisiae Argyi telah banyak digunakan untuk beberapa penyakit tertentu.

  1. Obat ini banyak dikonsumsi dengan cara di rebus lalu dijadikan minuman berkhasiat yang dapat menyembuhkan penyakit tertentu.
  2. Namun, setelah perkembangan dunia media yang mengetahui manfaat dari Artemisiae Argyi yang begitu banyak bagi tubuh. Obat ini dikombinasikan menjadi obat oral yang dapat diminum layaknya obat oral lainnya.
  3. Setiap pasien dapat meminum atau pengkonsumsi obat Artemisiae Argyi dengan cara diminuma setiap hari.
  4. Namun dalam penggunaan obat Artemisiae Argyi, setiap pasien harus mengkonsultasikannya kepada pihak media atau dokter terkait.
  5. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya efek samping yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu setelah pengkonsumsian obat Artemisiae Argyi.

Dosis Pemakaian Obat Artemisiae Argyi

Folium Artemisiae Argyi memiliki sejumlah fungsi dominan bagi metode penyembuhan dan pengobatan. Obat ini dapat dijadikan sebagai minuman herbal berkhasiat dengan cara di minum sehari-hari.

  • Dosis Untuk Orang Dewasa
    • Jika direbus: ukuran dosis 3 – 9 gram perhari.
    • Obat oral: penggunaan Artemisiae Argyi  sebagai obat oral dapat dikonsultasikan pada dokter yang terkait. Jangan menggunakan obat ini tanpa resep dokter yang menangani anda.
  • Dosis Untuk Anak-Anak

Obat Artemisiae Argyi kebayakan digunakan untuk metode pengobatan beberapa penyakit dan gangguan tubuh tertentu. Biasanya obat ini banyak digunakan atau diberikan pada usia dewasa hingga orang tua. Namun, jika digunakan pada anak-anak atau balita, maka dosis harus sesuai dengan indikator yang tertera di dalam label kemasana. Atau bisa juga sesuai dengan anjuran dokter.

Apa yang Terjadi Jika Overdosis?

Overdosis adalah keadaan dimana pasien mengkonsumsi obat lebih banyak dari yang semestinya di anjurkan. Biasanya keadaan ini menimbulkan beberapa efek samping yang bereaksi di dalam tubuh seperti muntah, pandangan kabur, mata berkunang-kunang, pusing, kejang, hipersensitive, demam, hingga gejala lainnya.

Penggunaan obat Artemisiae Argyi sebaiknya jangan dikonsumsi melebihi dosis yang sudah diresepkan oleh dokter. Apabila ingin menambah dosis untuk penyembuhan yang lebih optimal, maka sebaiknya konsultasikan pada dokter yang terkait. Namun apabila penambahan dosis yang dilakukan menimbulkan beberapa efek samping yang tidak sewajarnya. Maka segeralah bawa pasien ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat.

Bagaimana Cara Penyimpanannya?

  1. Simpan Artemisiae Argyi pada suhu atau temperatur ruangan yang stabil, jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung.
  2. Jangan menyimpan Artemisiae Argyi dalam suhu udara di bawah minus hingga membuat obat menjadi beku. Obat hanya dapat dibekukan jika diperlukan saja.
  3. Jauhkan dari jangkauan anak-anak ataupun hewan peliharaan yang ada di rumah.
  4. Hindari untuk membuang obat Artemisiae Argyi pada ruang toilet atau ke drainasse. Karena jika dilakukan dapat mengkontaminasi ruang atau lingkungan sekitar.
  5. Selalu lakukan konsultasi pada pihak dokter yang terkait atau pihak apoteker untuk kebaikan dalam penggunaan serta penyimbanan obat-obat Artemisiae Argyi secara aman.

Efek Samping Obat Artemisiae Argyi

Beberapa kondisi kesehatan tertentu biasanya penggunaan Artemisiae Argyi akan menimbulkan beberapa gejala atas reaksi efek samping yang didapatkan dari obat A ini. Efek samping yang dialami mungkin sifatnya tidak terlalu parah, dimana anda akan mengalami beberapa gangguan tubuh tertentu dalam jangka yang lumayan pendek. Selain itu, sifatnya kontraduktif, dimana antara pengguna satu dengan pengguna lainnya tidak mengalami efek samping yang sama.

Namun dari beberapa kasus yang telah banyak ditemukan, penggunaan obat Artemisiae Argyi belum memiliki efek samping yang membahayakan bagi pasiennya. Namun beberapa kondisi masih dapat terjadi apabila pasien benar-benar memiliki kontraindikasi atau riwayat penyakit tertentu yang mana membuat efek samping dari penggunaan obat Artemisiae Argyi terjadi lebih parah.

Untuk menghindari adanya kontak efek samping dari penggunaan obat Artemisiae Argyi. Maka setiap pasien harus mengkonsultasikannya kepada pihak media atau dokter terkait. Hal ini bertujuan untuk mengurangi terjadinya efek samping yang mungkin saja bisa terjadi sewaktu-waktu setelah pengkonsumsian obat Artemisiae Argyi.

Peringatan Penggunaan Aminobenzoic Acid

Sebelum melakukan penggunaan Aminobenzoic Acid, maka selalu informasikan kepada pihak medis mengenai riwayat kesehatan anda sebelumnya. Misalnya seperti adanya alergi, sensitivitas di bagian tubuh lain, penyakit atau kelainan tertentu, penggunaan obat tertentu seperti vitamin, suplemen, herbal atau lainnya. Karena dibeberapa kondisi kesehatan tertentu anda akan lebih kebal dengan penggunaan obat semacam ini. Beberapa peringatan penting atas penggunaan obat Artemisiae Argyi yang harus anda perhatikan:

  • Rencana untuk melakukan program kehamilan
  • Saat hamil
  • Menyusui
  • Pasca operasi
  • Penggunaan bagi anak-anak
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit Peyronie
  • Hipersensitivitas

Saat penggunaan obat Artemisiae Argyi, anda sedang mengkonsumsi obat lain dalam waktu yang bersamaan, maka efek dari Artemisiae Argyi akan mengalami perubahan. Hal ini akan menimbulkan efek samping atas penggunaan obat Artemisiae Argyi atau bahkan reaksi obat yang tidak dapat bekerja secara maksimal. Maka sebaiknya selalu katakan pada pihak medis atau dokter yang berkaitan mengenai kondisi kesehatan atau pengkonsumsian obat lain yang anda lakukan.

Apakah Obat Artemisiae Argyi Aman Untuk Ibu Hamil dan Menyusui?

Penggunaan obat Artemisiae Argyi harus disesuaikan berdasarkan dosis yang diresepkan dan dianjurkan oleh dokter. Obat-obat dalam golongan Artemisiae Argyi tidak boleh digunakan secara pribadi tanpa menggunakan resep medis, hal ini untuk mengurangi terjadinya overdosis yang berdampak pada efek samping atas reaksi yang diberikan. Termasuk pengkonsumsiannya pada Ibu hamil dan penyusui.

Apakah Obat Artemisiae Argyi Dapat Disertakan dengan Indikasi Obat Lain?

Pada penggunaan jenis obat Artemisiae Argyi, pasien harus menginformasikan atas penggunaan obat-obat yang lain, seperti vitamin, suplemen, obat herbal, dan beberapa obat lain. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kontraindikasi obat pada zat adiktif yang terkandung dalam obat lain. Jadi selalu beri informasi secara terbuka pada dokter yang menangani anda.

Apakah Obat Artemisiae Argyi Dapat Dikonsumsi Bersamaan dengan Alkohol?

Umumnya pengkonsumsian obat medis, pasien dilarang keras mencampurnya bersamaan dengan pengkonsumsian makanan atau minuman yang mengandung alkohol. Kemungkinan besar hal ini juga berlaku pada obat-obatan yang mengandung Artemisiae Argyi. Jika saat mengkonsumsi Artemisiae Argyi sebelumnya anda terlupa telah mengkonsumsi makanan atau minuman beralkohol. Maka tindakan yang bisa anda lakukan adalah segera konsultasikan kepada dokter atau pihak media yang terkait.

Apakah Obat Artemisiae Argyi Aman Digunakan Untuk Berkendara Setelah Pasien Mengkonsumsinya?

Obat Artemisiae Argyi menimbulkan efek samping ringan berupa rasa kantuk yang berlebih. Biasanya setelah pengkonsumsian obat Artemisiae Argyi, pasien dianjurkan untuk beristirahat. Jadi apabila setelah penggunaan obat ini pasien memutuskan untuk berkendara sendiri, maka sebaiknya hindari karena bisa jadi tubuh pasien akan mengalami rasa kantuk yang berlebih.

Apakah Obat Artemisiae Argyi Digunakan Pasca Operasi?

Sebagai obat yang digunakan dalam metode perawatan, pengobatan dan pencegahan, Artemisiae Argyi dapat digunakan untuk pasien pasca operasi. Penggunaan obat ini terutama bagi pasien setelah melakukan operasi, dosis dapat disesuaikan dengan anjuran yang diberikan oleh pihak medis atau dokter yang menangani.

Apakah Obat Artemisiae Argyi Dapat Membuat Pasien Ketagihan?

Penggunaan obat Artemisiae Argyi sebagian besar tidak menimbulkan reaksi ketergantungan atau ketagihan. Obat ini dikategorikan sebagai obat yang aman digunakan tanpa efek ketagihan yang dapat ditimbulkan. Namun, dalam penggunaan obat Artemisiae Argyi maka selalu patuhi dosis yang berlaku pada label kemasan atau bisa juga dengan melakukan konsultasi ke dokter atau pihak medis yang terkait.

Apakah Penggunaan Artemisiae Argyi Dapat Dihentikan Secara Langsung?

Dalam penggunaan obat Artemisiae Argyi maka sebaiknya tidak langsung dihentikan secara langsung. Anda dapat mengurangi ukuran dosis secara bertahap. Karena jika dihentikan secara langsung kemungkinan reaksi obat akan menimbulkan efek timbal balik yang kurang positif. Jika ingin menghentikan pemakaian atau penggunaan Artemisiae Argyi, maka konsultasikan kepada pihak medis mengenai cara terbaik untuk menghentikan pemakaian obat ini.

, , , , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Obat A