Ketalar – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

162

Kali ini kami akan memabgikan informasi kepada anda semuanya mengenai Ketalar. Mungkin tidak sedikit dari anda yang masih belum mengetahui nama obat yang satu ini. Hal ini karena mungkin anda lebih mengenal obat ini dengan nama merk yang lainnya atau memang anda sama sekali masih belum tahu tentang Ketalar.

Beberapa nama lain dari Ketalar adalah sebagai berikut:

  • Ivanes
  • Ketamine
  • Ketamine-Hamel
  • Anesject
  • KTM

Ketalar merupakan obat yang dibuat khusus untuk membuat seseorang tidur ketika ia sedang menjalani operasi. Ketalar bekerja dengan cara menghilangkan rasa nyeri dan juga tidak nyaman selama menjalani tes kesehatan maupun ketika menjalani prosedur tertentu. Ketalar berbentuk IV yang mana nanti akan disuntikkan ke dalam kulit.

Maka dari itu, sebelum mulai menyuntikkan obat ini maka pastikan bahwa kulit anda bukan bekas luka yang masih belum sembuh. Di bawah ini kami akan memberikan informasi yang lebih lengkap seputar Ketalar, termasuk informasi tentang dosis dan bagaimana cara anda menggunakannya.

Fungsi Ketalar

  1. Seperti yang telah kami jelaskan bahwasanya Ketalar merupakan obat untuk membuat anda tidur ketika sedang menjalani operasi.
  2. Ketalar nantinya akan menghilangkan rasa nyeri dan juga rasa tidak nyaman selama menjalani test kesehatan maupun ketika menjalani prosedur tertentu.
  3. Jika anda memiliki pertanyaan yang berhubungan dengan Ketalar, maka silahkan anda tanyakan ke dokter. Kemungkinan anda indikasi lain yang belum disebutkan yang mungkin bisa menjadi informasi yang penting untuk anda.

Kontraindikasi Ketalar

  • Seseorang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan di dalam Ketalar dianjurkan untuk berhati-hati pada saat menyuntikkan ke tubuhnya.
  • Seseorang yang juga pernah mengalami hipersensitivitas terhadap obat yang tergolong IV atau obat dosis tinggi dianjurkan untuk berkomunikasi dengan dokter mengenai kondisinya tersebut.
  • Adapun penggunaan Ketalar bagi seseorang dengan masalah berupa penyakit kejang, seperti epilepsi kemungkinan dokter akan memberikan instruksi khusus agar Ketalar tidak sampai menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan.

Dosis Ketalar

Ketalar merupakan obat cair yang cara penggunaannya akan disuntikkan ke dalam tubuh. Biasanya, setelah mendapatkan suntikkan Ketalar maka dokter akan melakukan monitor tersebut kondisi pernapasan, jantung, tekanan darah, maupun organ vital yang lainnya.

Adapun dosis seputar Ketalar akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Dosis yang diberikan kepada orang dewasa sebagai dosis pembiusan adalah 1 sampai dengan 4.5 mg/kg sebagai intravena. Dosis tersebut juga bisa diberikan 1 sampai dengan 2 mg/kg dengan kecepatan mencapai 0.5 mg/kg/ menit.
  • Untuk dosis intramuskular induksi adalah 6.5 sampai dengan 13 mg/kg.

Kami tahu bahwa informasi seputar dosis Ketalar kemungkinan masih membuat anda memiliki banyak pertanyaan. Oleh karena itu, anda silahkan bertanya kepada dokter mengenai informasi yang lebih lengkap tentang Ketalar. Dengan begitu, dokter akan memberikan informasi yang lebih lengkap sehingga anda bisa lebih paham tentang dosis yang akan anda terima.

Cara Penggunaan Ketalar

  1. Ketalar harus disuntikkan ke dalam kulit dengan takaran dosis yang sudah ditentukan.
  2. Setelah penggunaan Ketalar, maka dokter akan langsung memantau kondisi organ-organ vital seperti jantung dan paru-paru. Selain itu, dokter juga akan memantau kondisi pernapasan pasien.
  3. Pastikan bahwa area kulit yang akan disuntik menggunakan Ketalar bukan bekas luka yang masih belum kering.
  4. Anda akan merasakan kebingungan ketika anda sudah terbangun dari bius.
  5. Jika anda mengalami perasaan berat dan tidak enak, maka segera hubungi dokter.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Ketalar. Semoga bermanfaat.