Home Merk Obat A-ZMerk Obat I Influvac NH – Obat Apa – Fungsi – Dosis dan Penggunaan

Influvac NH – Obat Apa – Fungsi – Dosis dan Penggunaan

by Robi Diansah

Obat merek influvac NH ini merupakan obat yang diindikasikan untuk membantu mengatasi serta sebagai pencegahan influenza pada pasien. Bagi pasien berusia lebih dari 18 tahun dan mengalami peningkatan resiko dari beberapa komplikasi.  Influvac NH ini biasanya akan diberikan ke pasien dengan cara diinjeksi.

Seperti kita ketahui, penyakit flu dan influenza seringkali menjadi penyakit langganan banyak orang, yang disebabkan oleh virus tertentu. Langkah pencegahan tentunya harus dilakukan agar tidak mudah ditularkan atau tertular influenza itu sendiri. Injeksi merek Influvac NH ini diproduksi oleh pabrik farmasi Abbott.

Kandungan Influvac NH

Tahukah Anda kandungan apa yang terdapat pada obat jenis injeksi merek influvac NH ini? Kandungan tersebut disebut influenza virus surface antigens. Menurut farmasi-id, disebut juga haemagglutinin dan neuraminidase. Neuraminidase virus itu sendiri merupakan jenis yang ditemukan dalam virus influenza yang memungkinkan dilepaskan dari sel inangnya. Sementara haemagglutinin ini adalah molekul yang menempel di permukaan virus tersebut, serta berikatan dengan gugus asam sialic. Keduanya akan membentuk protein dan fungsinya bergabung seperti parainfluenza manusia.

Fungsi Influvac NH

Obat injeksi dengan merek influvac NH ini tentunya memiliki fungsi utama untuk memberikan pencegahan ciri-ciri influenza pada orang dewasa di atas usia 18 tahun. Selain itu, injeksi ini juga dapat diberikan kepada mereka yang mudah mengalami peningkatan resiko dari komplikasi tersebut. Bisa juga digunakan sebagai vaksinasi virus influenza h1n1 serta vaksinasi virus h3n2.

Dosis Influvac NH

Obat dalam bentuk injeksi tentunya harus diberikan dengan dosis yang tepat, agar pasien bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari obat tersebut. Adapun dosis umum untuk influvac NH adalah sebanyak 0.5 mL dengan injeksi IM serta SK dalam dan hanya diberikan pada pasien yang berusia diatas 18 tahun, yang mungkin mengalami flu tulang dengan gejala cukup parah.

Cara Penggunaan Influvac NH

Influvac NH ini tentunya digunakan secara injeksi dan disuntikan oleh dokter atau orang yang memahami tentang dosis yang tepat secara langsung kepada pasien. Pasien diberikan vaksinasi ini untuk pencegahan penyebab flu, sehingga umumnya digunakan sebelum makan.

Kontraindikasi Influvac NH

Obat injeksi merek influvac NH ini dapat menimbulkan kontraindikasi khusus, berupa hipersensitifitas terhadap neuraminidase, hemaglutin, serta beberapa jenis protein seperti pada ayam dan telur. Untuk menghindari kontraindikasi, sebaiknya pasien tidak mengkonsumsi protein.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Pada penggunaanya, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan oleh pasien. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya reaksi kesehatan yang malah membahayakan kondisi pasien dan pasien harus vaksinasi influenza. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan, sebagai berikut:

  1. Sebaiknya menunda untuk memberikan influvac pada pasien yang memiliki penyakit yang disertai demam atau infeksi akut
  2. Pasien yang mengalami infeksi dengan zat lain, yang dapat menyebabkan suatu gejala serupa flu tidak bisa dicegah dengan vaksin Influvac NH
  3. Dosis secara IV tidak bisa diberikan
  4. Kemungkinan, respon anibodi pada pasien dengan penekanan system imun endogen tidak mencukupi
  5. Sebaiknya tidak dicampur dengan obat injeksi lainya

Jika pasien mengalami reaksi efek samping yang dirasa membahayakan, sebaiknya segera hubungi dokter untuk penanganan medis

Influvac NH untuk Wanita Hamil

Wanita hamil bukan berarti tidak rentan terkena flu. Melakukan pencegahan influenza saat hamil juga bisa dilakukan dengan obat flu tradisional. Khusus untuk penggunaan influvac NH ini, termasuk kategori C bagi ibu hamil. Artinya, obat injeksi ini bisa diberikan jika memang manfaatnya besar bagi ibu hamil dan tidak berisiko besar terhadap perkembangan janinya. Penggunaan Influvac NH bagi ibu hamil sebaiknya sesuai dengan anjuran dokter.

You may also like