Ika Sariawan – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

405

Ika Sariawan Sariawan atau yang memiliki nama medis stomatitis aftosa merupakan sebuah kondisi yang terjadi pada bagian selaput lendir mulut yang mana kondisi tersebut berupa luka dengan bentuk seperti bercak putih kekuningan. Seseorang yang menderita sariawan akan merasakan sakit pada saat mengunyah makanan karena makanan tersebut akan menyentuh bagian yang terkena sariawan.

Biasanya, seseorang yang menderia sariawan juga akan mengalami masalah pada bagian giginya. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab seseorang menderita sariawan. Beberapa faktor tersebut seperti karena tergigit, mengkonsumsi minuman atau makanan yang terlalu panas, alergi, maupun mengalami kelainan pencernaan. Namun, penyebab umum yang membuat seseorang menderita sariawan adalah karena ia kekurangan asupan vitamin C dan juga zat besi.

Sariawan harus segera diobati agar penderita tidak semakin merasakan rasa sakit ketik mengunyah makanan. Obat yang terbukti ampuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah Ika Sariawan. Obat ini bukan hanya merupakan obat yang diperuntukkan orang dewasa, melainkan juga merupakan obat yang bisa digunakan oleh anak-anak.

Ika Sariawan memang sudah terbukti ampuh mengobati sariawan yang tak kunjung sembuh. Berikut ini akan kami jelaskan lebih lengkap mengenai apa saja hal-hal yang berhubungan dengan Ika Sariawan.

Fungsi Ika Sariawan

Seperti apa yang sudah kami jelaskan di awal bahwasanya Ika Sariawan merupakan obat yang digunakan untuk mengobati sariawan. Selain itu, obat ini juga terbukti ampuh mengobati bibir pecah-pecah dengan kandungan vitamin C yang ada di dalamnya.

Perlu anda ingat bahwa meskipun obat ini tergolong ke dalam obat cair, bukan berarti anda harus mengkonsumsinya. Informasi seputar cara penggunaan Ika Sariawan akan kami jelaskan pada poin selanjutnya.

Kontraindikasi Ika Sariawan

Meskipun memang Ika Sariawan dibuat dari bahan alami, namun bukan berarti obat tersebut aman untuk digunakan oleh seseorang dengan kondisi atau masalah tertentu. Kemungkinan kontraindikasi yang akan dialami antara lain:

  • Seseorang yang pernah mengalami alergi terhadap kandungan pada Ika Sariawan disarankan untuk berhati-hati menggunakan obat ini.
  • Seseorang yang juga pernah mengalami hipersensitivitas ketika menggunakan obat juga sebaiknya berhati-hati agar tidak sampai menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
  • Sementara itu, untuk pasien yang pernah mengalami penyakit kejang seperti epilepsi, sebaiknya anda bertanya kepada dokter tentang tingkat keamanan dari Ika Sariawan.

Dosis Ika Sariawan

Penggunaan dosis pada Ika Sariawan haruslah disesuaikan dengan kondisi dan juga seberapa parah penyakit yang sedang anda alami. Anda bisa mendapatkan informasi yang berhubungan dengan dosis Ika Sariawan dengan melihat pada kemasan obat tersebut. Selain itu, untuk mendapatkan inforamsi yang lebih lengkap, maka anda bisa bertanya kepada dokter.

Untuk dosis umum yang diberikan kepada orang dewasa adalah sebanyak 3 sampai dengan 4 kali dalam sehari sebanyak 45 ml. Sementara itu, untuk dosis yang harus diberikan kepada anak-anak adalah sebanyak 15 ml untuk 2 sampai dengan 3 kali dalam sehari.

Cara Penggunaan Ika Sariawan

  1. Gunakan Ika Sariawan sesuai dengan takaran dosis yang sudah diberikan kepada anda.
  2. Anda juga harus menggunakan Ika Sariawan sesuai dengan petunjuk yang terdapat pada kemasan maupun juga seperti yang telah diberitahu dokter.
  3. Jangan sampai menelan Ika Sariawan karena obat ini bukan termasuk obat telan atau oral.
  4. Penggunaan Ika Sariawan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan mulit anda kering, meskipun memang kondisi ini jarang terjadi.

Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan seputar Ika Sariawan. Semoga bermanfaat.