Copal Chest Rub – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

290

Copal chest rub ini lebih dikenal sebagai sebuah balsam gosok, bukan jenis obat tablet tertentu. Balsam ini diproduksi oleh Guardian pharmatama dengan kemasan balsam dengan berat 36 gram. Copal chest rub dapat ditemukan di apotek modern yang ada di sekitar Anda. balsam ini digunakan untuk mengatasi hidung tersumbat, gatal karena serangga dan lain sebagainya gejala flu  pada anak-anak.

Kandungan Copal Chest Rub

Balsem ini dibuat dari komposisi tiga zat aktif yang ampuh untuk mengatasi berbagai keluhan sakit ringan. Komposisi tersebut adalah:

  • Champulora sebesar 5.0 %
  • Menthol sebesar 2 %
  • Eucalyptus sebesar 2%

Balsam ini jauh lebih lembut dibandingkan balsam biasa, serta obat tradisional untuk batuk dan pilek  memiliki bau yang tidak terlalu menyengat. Ketika dioleskan pada kulit anak, balsam juga tidak terlalu terasa panas yang akan membuat anak kurang nyaman.

Fungsi Copal Chest Rub

Copal balsam lembut ini memiliki formula khusus yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan yang ringan pada anak, seperti:

  1. Membantu mengatasi hidung tersumbat
  2. Mengobati sakit kepala
  3. Mengobati sakit perut
  4. Mengatasi gatal-gatal
  5. Meringankan pilek anak
  6. Mencegah masuk angin
  7. Mencegah flu

Formulanya lembut, hangat serta mudah meresap pada badan gatal gatal tanpa sebab kulit anak, sehingga tidak akan terasa lengket dan menimbulkan iritasi kulit yang serius.

Dosis Copal Chest Rub

Untuk pemakaian dengan hasil yang maksimal, maka beberapa langkah berikut ini dapat dilakukan saat mengoleskan dan menggosokan balsam ruam kulit di selangkangan penyebab dan cara mengatasi  ini pada anak:

  • Oleskan Copal chest rub balsam pada bagian leher, dada, serta punggung anak sebelum mereka tidur
  • Anak harus menggunakan pakaian longgar saat tidur, agar balsamnya lebih cepat menguap
  • Usahakan anak beristirahat secara total setelah penggunaan (tidur nyenyak)
  • Jika anak gatal-gatal, oleska balsam di area yang terkena gigitan atau yang gatal tersebut
  • Bila setelah pemakaian ada reaksi alergi segera kunjungi dokter untuk memastikan anak baik-baik saja

Efek Samping Copal Chest Rub

Penggunaan balsam Copal ini juga dapat menimbulkan efek samping tertentu, jika penggunaanya tidak sesuai dengan ketentuan. Efek samping yang mungkin cara mengatasi biang keringat pada bayi  muncul adalah:

  • Keracunan ( jika secara tidak sengaja terjilat oleh anak)
  • Kerusakan hati (pemakaian berlebihan)
  • Terjadi iritasi pada kulit
  • Dapat menyebabkan gangguan pada kornea mata
  • Untuk menghindari efek samping tersebut, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu atau gunakan sesuai dosis yang tepat

Kontraindikasi Copal Chest Rub

Balsam copal merupakan obat untuk pemakaian luar, sehingga obat alergi gatal tidak ada kontraindikasi yang terjadi. Namun, bayi atau anak-anak yang memiliki masalah kulit, sebaiknya tidak menggunakan obat ini.

Hal – Hal yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk penggunaan balsam Copal chest rub ini pada anak-anak, diantaranya:

  1. Jangan gunakan balsam Copal chest rub ini untuk anak usia di bawah 2 tahun karena dikhawatirkan akan menyebabkan gangguan kesehatan
  2. Hindari untuk mengoleskan balsam di bagian dekat hidung
  3. Hindari penggunaan balsam terlalu berlebihan

Copal Chest Rub Untuk Ibu Hamil

Wanita yang sedang hamil, boleh menggunakan balsam Copal dengan petunjuk dosis yang sama dengan yang tertera pada kemasan. Hal tersebut untuk menghindari terjadinya iritasi kulit atau gangguan lainya. Namun, untuk lebih yakin ketika menggunakanya, sebaiknya tanyakan pada dokter yang bersangkutan. Copal Chest Rub umumnya lebih sering digunakan untuk anak-anak.