Home Merk Obat A-ZMerk Obat B Broadced – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

Broadced – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Efek Samping

by Via Viiaa

Broadced yang termasuk dalam golongan obat antibiotik cephalosporin biasa digunakan untuk mengobati infeksi bakteri yang terjadi pada banyak bagian-bagian tubuh yang berbeda. Pada beberapa jenis operasi biasanya Broadced diberikan sebelum operasi unuk mencegah infeksi. Cara kerja Broadced adalah dengan membunuh bakteri dan mencegah perkembangan bakteri tersebut.

Fungsi Broadced

Broadced digunakan untuk mencegah adanya indikasi infeksi yang berat. Broadced dapat digunakan sendiri atau bersamaan dengan antibakteri lain untuk mencegah adanya infeksi setelah operasi yang terkait dengan operasi kardiovaskular atau prosedur urologi dan bedah kolorektal. Khusus pada bedah kolorektal, Broadced harus digunakan bersamaan dengan antibiotik lain yang mampu memberikan asupan anaerobik secara berkecukupan.

Dosis Penggunaan Broadced

  • Bagi dewasa dan anak-anak berusia lebih dari 12 tahun, 1 sampai dengan 2 gram satu kali sehari, tergantung jenis infeksinya. Maksimal yang diperbolehkan adalah 4 gram untuk setiap harinya.
  • Bagi penderita Infeksi gonokokus tanpa komplikasi, 250 mg IM sebagai dosis tunggal.
  • Bagi bayi dan anak-anak berusia dibawah 12 tahun untuk infeksi serius selain meningitis, 50 sampan dengan 75 mg/kg setiap harinya dengan dosis yang dibagi rata setiap 12 jam. Maksimal 2 g/hari.
  • Sedangkan untuk penderita meningitis, perlu 100 mg/kg setiap harinya dengan dosis yang dibagi rata setiap 12 jam tanpa dosis pemuatan 75 mg/kg. Maksimal 4 g/hari.
  • Penggunaan sebelum operasi adalah dengan dosis tunggal 1 gram pada aturan waktu setengah sampai dengan dua jam sebelum operasi berlangsung. Diatur dengan menggunakan infus IV, IM atau infus IV singkat.

Efek Samping Broadced

Berikut adalah beberapa efek samping yang dapat ditimbulkan ketika menggunakan Broadced:

  1. Mengalami kejang
  2. Sakit perut, diare yang berair atau berdarah
  3. Tiba-tiba merasa lemas dan kesakitan, demam, menggigil, flu, luka pada mulut
  4. Kulit pucat, air kencing berwarna gelap
  5. Sakit parah pada area perut bagian atas hingga ke punggung
  6. Gangguan sel darah, kulit yang meruam, kesemutan atau mati rasa yang parah, nyeri serta otot yang melemah
  7. Terjadi masalah pada ginjal atau pada bagian kandung kemih
  8. Sakit tenggorokan, bengkak pada bagian wajah atau lidah, mata yang terasa seperti terbakar

Jika mengalami beberapa hal diatas atau mengalami gejala aneh setelah menggunakan Broadced, segera laporkan pada dokter agar dapat segera dilakukan pemeriksaan.

Kontraindikasi Broadced

Tidak bisa digunakan pada pasien yang memiliki hipersensitivitas terhadap sefalosporin.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

  • Jangan memulai pengobatan dengan Broadced tanpa sepengatuhan dokter.
  • Umumnya Broadced disuntikkan di kantor dokter, rumah sakit atau klinik. Jika akan menggunakan Broadced di rumah, harap untuk memperhatikan dan memahami dengan seksama cara penggunaannya yang diajarkan oleh penyedia layanan kesehatan.
  • Diare ringan sering terjadi pada penggunaan antibiotik, sedangkan diare dengan intensitas yang serius terbilang jarang terjadi. Biasanya hal ini dapat terjadi saat sedang menggunakan antibiotik atau beberapa bulan setelah menggunakan antibiotik. Jika sampai perut kram, diare berat atau tinja beradarah, segera hubungi dokter. Jangan mengobati diare tanpa adanya pemeriksaan terlebih dahulu.
  • Broadced bekerja untuk melawan bakteri, tidak mengobati infeksi virus seperti flu biasa.
  • Penggunaan Broadced dalam jangka yang panjang atau berulang dapat menyebabkan infeksi kedua. Segera katakan pada dokter jika mengalami tanda-tanda terjadinya infeksi kedua.
  • Broadced dapat mengganggu hasil tes laboratorium tertentu. Sehingga perlu untuk memberitahu dokter atau petugas laboratorium jika sedang menggunakan Broadced.
  • Jauhkan Broadced serta jarum suntik dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Jangan gunakan jarum suntik lebih dari sekali. Tanyakan pada dokter cara membuang bahan-bahan tersebut agar sesuai dengan prosedur.

You may also like