Adecco – Obat Apa – Fungsi Obat – Dosis Dan Efek Samping

447

Adecco adalah jenis obat yang diindikasikan untuk penderita Diabetes Mellitus atau penyakit kencing manis. Bentuk sediaan yang ada di pasaran dapat berupa tablet maupun kapsul. Untuk sediaan obat Adecco tablet 500 mg diindikasikan untuk penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 yang digunakan sebagai obat tunggal atau dapat dikombinasikan dengan obat anti diabetik oral dan untuk penderita Diabetes Mellitus Tipe 1 dapat dikombinasikan dengan insulin.

Kandungan Zat pada Adecco

Tiap tablet salut selaput mengandung 500 mg Metformin HCL yang termasuk obat diabetes yang diberikan per oral

Sekilas Info tentang Zat Aktif  dalam Adecco

Metformin adalah obat diabetes oral yang membantu mengendalikan kadar gula darah. Metformin digunakan untuk memperbaiki kontrol darah pada penderita diabetes tipe 2. Metformin dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan obat lain, termasuk insulin, untuk mengobati diabetes tipe 2 (kondisi dimana tubuh tidak menggunakan insulin secara normal sehingga tidak dapat mengendalikan jumlah gula dalam darah). Metformin ada di kelas obat yang disebut biguanides. Metformin membantu mengendalikan jumlah glukosa (gula) dalam darah dengan mengurangi jumlah glukosa yang diserap dari makanan dan jumlah glukosa yang dibuat oleh hati. Metformin juga meningkatkan respons tubuh terhadap insulin, zat alami yang mengontrol jumlah glukosa dalam darah. Metformin tidak digunakan untuk mengobati diabetes tipe 1 (kondisi dimana tubuh tidak memproduksi insulin secara normal sehingga  tidak dapat mengendalikan jumlah gula dalam darah).

Fungsi Adecco

Adecco dapat digunakan sebagai terapi untuk pasien diabetes yang tidak tergantung insulin dan mengalami obesitas dimana kadar gula darah tidak bisa dikontrol hanya dengan mengatur pola diet saja. Dapat digunakan sebagai obat tunggal maupun diberikan sebagai obat kombinasi dengan sulfonilurea.

Selain kegunaan diatas Adecco juga biasa digunakan sebagai terapi tambahan untuk penderita diabetes dengan ketergantungan terhadap insulin yang tanda dan gejalanya sulit untuk dikontrol atau biasa disebut dengan terapi prediabetek. Dengan menambahkan terapi latihan fisik secara intensif dan pengaturan diet yang baik akan memberikan hasil yang lebih baik untuk tujuan ini.

Dosis Penggunaan Adecco

Ketentuan dosis Adecco diberikan berdasarkan kondisi individual dari setiap pasien sesuai dengan manfaat dan tolerabilitas masing-masing pasien terhadap obat. Untuk dosis yang umum diberikan adalah sebagai berikut :

  • 3 x sehari tablet 500 mg atau 2 x sehari kaplet 850 mg
  • Obat diminum bersamaan saat makan atau dapat diminum sesudah makan

Efek Samping Adecco

Hampir semua obat memiliki efek sampingnya tersendiri. Efek samping merupakan reaksi yang tidak diharapkan yang timbul setelah pasien mengonsumsi obat. Sehingga hampir semua efek samping dari obat merugikan pasien. Adapun efek samping yang mungkin muncul setelah mengonsumsi Adecco adalah sebagai berikut :

  • Iritasi pada saluran pencernaan misalnya diare, kram perut, mual, muntah, perut kembung dan lebih sering kentut merupakan efek samping yang paling umum yang akan anda alami setelah mengonsumsi obat ini. Efek samping obat ini pada saluran pencernaan biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan obat anti diabetes lainnya.
  • Adapun efek samping yang lebih serius namun jarang terjadi adalah asidosis laktat. Untuk kejadian ini lebih sering terjadi pada pasien yang menderita gangguan hati, ginjal, paru, gagal jantung kongestif atau mempunyai riwayat mengonsumsi alkohol secara berlebihan. Segera hentikan pemakaian dan hubungi pihak media obat ini jika efek samping ini terjadi.
  • Berikut tanda-tanda dari asidosis laktat : merasa sangat lemah, lelah atau tidak nyaman, nyeri otot, kesulitan bernafas, gangguan pada perut, merasa kedinginan, pusing, detak jantung lambat atau tidak beraturan.
  • Waspadai terjadinya malabsorbsi vitamin B12 pada penggunaan jangka panjang.
  • Jika diberikan pada dosis tinggi dan jangka waktu lama akan menimbulkan eritema, pruritus, urtikaria dan dapat pula menyebabkan hepatitis.

Kontraindikasi Penggunaan Adecco

Kontraindikasi merupakan situasi tertentu dimana obat tidak boleh dikonsumsi maupun dilanjutkan dikonsumsi karena dikhawatirkan akan membahayakan orang tersebut. Beberapa kontraindikasi dari Adecco  yaitu :

  • Tidak dianjurkan bagi penderita yang memiliki riwayat hipersensitif/alergi obat terhadap Metformin atau ibat golongan biguanid lainnya
  • Bagi penderita gangguan ginjal, penyakit paru-paru, penyakit hati dan kondisi-kondisi lain yang menyebabkan peningkatan resiko asidosis laktat dilarang mengonsumsi obat ini
  • Dilarang memberikan obat ini jika terjadi hipoksia jaringan, misalnya kegagalan pernafasan, pasien menderita infark miokardial, sepsis atau gangguan pada fungsi hati.
  • Tidak dianjurkan untuk ibu hamil atau ibu menyusui
  • Pemakaian Adecco harus dihentikan jika pasien sedang menjalani pemeriksaan radiologi yang menggunakan iodin dan pemakaian bisa dilanjutkan setelah fungsi ginjal normal.
  • Pemakaian juga harus dihentikan jika pasien harus menggunakan obat anestesi umum, misalnya saat pembedahan. Pemakaian bisa dilanjutkan seteleh fungsi ginjal kembali normal.

Hal yang Harus Diperhatikan

Dalam mengonsumsi suatu obat pastinya ada hal-hal yang menjadi perhatian. Berikut merupakan hal-hal yang harus diperhatikan pasien dalam menggunakan obat Adecco :

  • Obat ini dapat dikonsumsi bersamaan dengan atau setelah makan. Ketentuannya : obat harus ditelan utuh, tidak dihancurkan, tidak dilarutkan dalam air atau tidak dikunyah.
  • Obat ini tidak boleh digunakan sebagai obat anti diabetes tipe 1 atau ketoasidosis diabetik.
  • Pemeriksaan fungsi ginjal dan hati sebaiknya dilakukan setahun sekali jika pasien menggunakan terapi untuk jangka panjang
  • Jika pasien dalam kondisi menyusui, tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini karena adanya kemungkinan munculnya efek hipoglikemik pada bayi. Dianjurkan untuk menggunakan insulin untuk mengontrol gula darah pada pasien ibu menyusui.
  • Kurangi atau akan lebih baik hentikan konsumsi alkohol
  • Untuk anak usia dibawah 18 tahun belum bisa dipastikan keamanan mengonsumsi obat ini

Interaksi dengan Obat

Jika anda mengonsumsi obat lain pada waktu yang bersamaan, hal ini akan mempengaruhi efek samping yang mungkin terjadi dan menyebabkan kinerja obat tidak maksimal. Sebaiknya konsultasikan pada dokter anda, dan sebutkan obat, vitamin, suplemen apa saja yang sedang anda konsumsi agar dokter dapat mengatur dan mencegah interaksi obat.

Obat Adecco dapat berinteraksi dengan produk obat sebagai berikut :

  • Cimetidin, antibiotik cefalexin mengurangi mengurangu clearance metformin oleh ginjal yang akan menyebabkan meningkatnya konsentrasi dalam plasma.
  • Obat kationik, misalnya amilorid, digoxin, morfin, procainamide, quinidine, kina, ranitidine, triamterene, trimetoprim atau vankomisin secara teoritik dapat menyebabkan meningkatnya konsentrasi plasma metformin dengan mekanisme yang sama

Informasi Penting Lainnya Mengenai Obat Adecco

Kekurangan Sebuah Dosis

Jika jadwal minum obat terlewat, maka anda dianjurkan untuk mengonsumsi sesegera mungkin setelah anda ingat. Jika waktunya dengan dosis berikutnya, maka anda bisa lewati dosis yang terlewat dan melanjutkan jadwal dosis anda. Jangan sesekali mengambil ekstra dosis untuk memperbaiki dosis yang terlewat. Jika anda secara teratur terlewat dalam mengambil dosis maka pertimbangkan untuk menyetel alarm atau meminta anggota keluarga utnuk mengingatkan anda. Jangan lupa meminta konsultasi pada dokter anda untuk mendiskusikan perubahan dalam pengaturan ulang jadwal dosis anda atau pembuatan jadwal baru untuk memperbaiki dosis yang terlewat, jika terlalu banyak dosis yang terlewat.

Overdosis pada Obat Adecco

  • Jangan mengonsumsi lebih dari dosis resep. Ingat ! Bahwa makin banyak obat yang dikonsumsi tidak akan memperbaiki gejala anda namun bisa jadi malah daoat menyebabkan keracunan atau efek samping yang serius. Ketika mencurigai bahwa anda atau siapapun yang mungkin telah overdosis dari Adecco mohon segera pergi ke departemen darurat rumah sakit terdekat atau rumah perawatan.
  • Walaupun anda mengetahui kondisi orang lain yang sama atau serupa dengan kondisi anda, jangan sekali-kali memberikan obat anda pada orang lain. Ini dapat berakibat pada overdosis.
  • Konsultasi dengan dokter atau ahli sangat dianjurkan untuk mengetahui keterangan lebih lanjut tentang obat Adecco.