Home Featured Segudang Manfaat Wortel untuk Anak, Berikan Wortel pada Anak Sekarang!

Segudang Manfaat Wortel untuk Anak, Berikan Wortel pada Anak Sekarang!

by Tri Astuti

Apa sayuran oranye yang sering dijauhi semua orang? Ya, jawabannya adalah wortel. Sayuran yang bisa memberi warna pada makanan lain dan memiliki rasa manis ini memang cenderung tidak terlalu disukai. Termasuk untuk anak-anak yang seharusnya sudah dikenalkan wortel sejak dini. Padahal wortel memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah atau bisa dimasak menjadi lembut. Hanya saja banyak anak yang tidak menyukai aromanya.

Jika Anda terus mengikuti keinginan anak, maka sekarang kami sarankan untuk mencoba memberikan wortel pada anak. Masalahnya adalah begitu banyak manfaat wortel untuk anak. Berikut ini daftarnya:

  1. Baik untuk Mata Sehat dan Cerah

Fakta  bahwa begitu banyak anak di seluruh dunia yang kekurangan vitamin A memang tidak bisa dicegah. Ternyata semua itu bisa diatasi dengan memberikan sayuran wortel setiap hari. Wortel kaya dengan vitamin A yang sangat penting untuk mata. Kandungan beta karoten pada wortel akan dirubah menjadi vitamin A oleh organ hati. Jika dikonsumsi setiap hari, maka wortel bisa mencegah penyakit mata pada anak termasuk berbagai penyakit mata pada anak.

  1. Mencegah Kerusakan Degenerasi Makula

Mengonsumsi wortel juga bisa menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyakit degenerasi makula pada anak-anak sejak dini. Wortel mengandung beta karoten yang akan diserap oleh mata setelah dirubah menjadi vitamin A oleh hati. Beta karoten juga akan dipecah lagi menjadi pro vitamin A yang bersifat sebagai antioksidan. Tentu saja jika makula sehat maka mata anak cerah dan penglihatan tajam.

  1. Mencegah Sembelit

Banyak anak-anak yang mengalami gangguan sembelit, karena kekurangan asupan sayur seperti wortel. Wortel adalah sayuran yang kaya dengan serat sehingga bisa meningkatkan fungsi pencernaan. Kemudian juga bisa merangsang produksi cairan lambung sehingga gerakan usus halus bisa menjadi lebih lembut. Inilah yang akhirnya bisa mencegah sembelit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Beta karoten dalam wortel adalah pigmen alami yang bisa memberikan warna oranye pada wortel. Ternyata beta karoten bisa membuat kulit menjadi cerah, sehat dan lembut. Ini juga manfaat yang sangat baik untuk anak agar anak – anak tidak terkena penyakit kulit. Bahkan wortel akan memelihara jaringan kulit, kuku dan rambut. Sehingga anak yang sering makan sayur wortel juga cenderung lebih sehat.

  1. Membunuh Cacing Usus

Wortel terkenal sebagai sayuran yang bisa menyembuhkan penyakit diare pada anak. Caranya adalah dengan minum jus wortel tanpa gula. Nutrisi dari wortel akan menyeimbangkan jumlah cairan yang hilang dari tubuh akibat diare. Tapi selain itu ternyata wortel juga akan membunuh semua cacing dan telur cacing yang bersarang di usus halus. Jadi ini sangat penting untuk diberikan pada anak-anak.

  1. Menetralisir Racun Tubuh

Wortel ternyata menjadi salah satu sayuran yang bisa menetralisir racun dalam tubuh. Tentu saja ini sangat baik untuk anak-anak. Karena anak-anak mungkin sering mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula kimia, bahan pengawet dan bahan penyedap makanan. Jadi dengan minum jus wortel maka bisa membersihkan semua racun tersebut dan tubuh anak lebih sehat.

  1. Membuat Gigi Lebih Sehat

Wortel yang dimasak dengan tetap menjaga tekstur agar tidak terlalu lembut ternyata sangat baik untuk menjaga gigi yang sehat. Wortel bisa membantu membersihkan gigi termasuk plak dan karang gigi. Wortel juga menjaga agar gusi tetap sehat dan tidak terkena infeksi. Tentu saja efeknya bisa membuat nafas tidak berbau. Kandungan kalsium dari wortel juga baik untuk menjaga kesehatan gigi.

Nah ternyata banyak sekali ya manfaat wortel untuk anak. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk memberikan wortel pada anak? Mulai sekarang rutin berikan sayuran wortel pada anak ya…

You may also like