Lebih Sehat yang Mana : Garam Himalaya Merah Muda atau Garam Biasa?

102

Apakah Anda pernah menggunakan bumbu garam Himalaya merah muda? Ya, garam himalayan memang menarik karena terlihat seperti kristal berkilau berwarna pink keputihan. Garam ini secara khusus memang ditambang di wilayah pegunungan Himalaya, Pakistan. Jenis garam ini diklaim lebih sehat dibandingkan dengan jenis garam yang lain. Bahkan garam ini disarankan sebagai cara menurunkan berat badan untuk diet. Agar lebih jelas lagi berikut kami ulas mengenai sehat mana garam himalaya merah muda atau garam biasa?

Apa Itu Garam?

Pada dasarnya garam yang digunakan untuk memasak adalah jenis mineral yang terdiri dari senyawa natrium klorida. Proses produksi garam bisa dilakukan dengan menguapkan air laut yang ditambang kemudian kristal garam akan mengendap yang kemudian bisa dipanen. Garam kemudian dimurnikan sehingga bersih dan aman untuk dikonsumsi. Meskipun penggunaan garam berlebihan bisa menyebabkan hipertensi, tapi garam diperlukan tubuh untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, kondisi kesehatan otot dan lancarnya sistem syaraf. Jadi akibat kekurangan garam juga buruk dampaknya untuk tubuh.

Sementara itu jenis garam himalaya merah muda adalah garam yang ditambang di daerah pertambangan garam Khewra, Himalaya, Pakistan. Lokasi pertambangan garam ini memang yang tertua di dunia dan diyakini produk garamnya lebih menyehatkan. Proses ekstraksi garam dilakukan secara manual dengan tangan sehingga tidak dimurnikan dan tidak mengandung bahan tambahan lain. Garam ini juga mengandung 98 persen natrium klorida seperti jenis garam putih. Keunggulan dari garam himalaya merah muda adalah proses pemanenan alami, tanpa pemurnian dan kandungan mineral yang lebih kaya.

Nutrisi Garam Himalaya Merah Muda?

Perbandingan nutrisi antara garam biasa dan garam himalaya ternyata sangat jauh. Garam himalaya terbukti mengandung lebih dari 80 jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Termasuk jenis mineral umum seperti kalsium, kalium, molibdenum, magnesium, zat besi, strontium dan jenis mineral lain. Perbandingkan kandungan jumlah mineral ini juga ditemukan lebih banyak pada garam himalaya merah muda dibandingkan jenis garam putih biasa.

Cara Menggunakan Garam Himalaya Merah Muda

  1. Untuk Memasak

Garam Himalaya ternyata juga bisa digunakan sebagai bumbu masakan yang menyehatkan. Garam bisa digunakan untuk proses memasak seperti merebus, mengukus, membakar dan bahkan campuran membuat kue. Hanya saja untuk memasak sebaiknya garam dihaluskan dulu karena bentuk garam himalaya memiliki ukuran kristal yang lebih besar. Dan penting untuk mengurangi takaran karena tidak seperti garam putih biasa, garam himalaya umumnya lebih asin.

  1. Kecantikan dan Kesehatan

Garam himalaya juga bisa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. Anda bisa merendam kaki dengan air hangat yang dicampur dengan garam himalaya. Garam dipercaya bisa membuat otot lebih santai, mengurangi kram dan membuat kulit lebih halus. Garam ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran pada wajah akibat polusi udara yang kotor. Bahkan garam bisa menjadi  cara melancarkan peredaran darah  pada tubuh yang terlalu lelah.

Jadi Sehat Mana Garam Himalaya Merah Muda dan Garam Biasa?

Menurut klaim beberapa pakar medis bahwa garam himalaya merah muda mungkin memang bisa mengatasi beberapa penyakit dan gangguan tubuh. Namun kandungan yodium dalam garam himalaya ternyata lebih rendah daripada garam biasa. Kebiasan mengonsumsi garam himalaya merah muda mungkin berpotensi menyebabkan gangguan akibat kekurangan yodium. Jadi tetap disarankan untuk mendapatkan sumber yodium dari garam putih biasa atau sumber makanan lain.

Itulah kesimpulan mengenai garam himalaya merah muda dan garam biasa. Anda bisa menggunakan jenis garam ini namun perhatikan nutrisi untuk tubuh yang lain.