Konsumsi 6 Makanan Ini untuk Menjaga Kesehatan Pankreas

130

Kesehatan organ pankreas sangat penting untuk dijaga, karena peranannya yang sangat dibutuhkan dalam proses mencerna makanan. Pankreas sendiri cukup rentan terserang penyakit, baik pankreatitis akut hingga kanker pada pankreas yang dapat menyebabkan kematian. Meski begitu, tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk memelihara kesehatan pankreas agar selalu berfungsi dengan baik. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan seperti berikut ini.

1. Oregano

Mungkin makanan satu ini masih terasa asing di telinga karena tidak umum digunakan dalam bumbu masakan Indonesia, namun jika Anda sering mengkonsumsi pizza atau makanan yang dipanggang tentu tidak asing lagi dengan oregano. Oregano yang dimanfaatkan dalam bentuk kering ini sering dijadikan topping pada makanan. Tanaman yang termasuk bumbu dapur ini baik untuk pankreas dan mampu menekan resiko penyakit diabetes karena kandungan antioksidan fenoliknya.

2. Bayam

Hampir semua orang menyukai bayam, karena rasanya cukup enak dan mudah diolah. Selain kandungan gizi dalam bayam juga cukup tinggi, seperti vitamin B, zat besi dan MGDG (monogalactosyldiacylglycerol) sebagai zat yang mampu melawan tumbuhnya sel kanker. Karena itu, dengan rutin mengkonsumsi bayam akan membuat Anda lebih terlindungi dari kanker pankreas.

3. Brokoli

Sayuran lainnya yang tidak kalah kandungan gizinya dari bayam adalah brokoli. Sayuran dengan julukan super food ini dapat mendetoks racun di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi sehat dan tidak lagi terkontaminasi dengan senyawa berbahaya. Jika dikonsumsi dengan rutin, maka brokoli pun dapat menyehatkan tubuh termasuk organ paru-paru.

4. Ketela dan Ubi Rambat

Bentuk dari ketela atau ubi rambat yang mirip dengan pankreas menjadikannya sebagai salah satu makanan yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan organ tersebut. Ubi rambat yang kaya antioksidan dapat mengontrol kadar gula dalam darah, mengatur pelepasan gula ke dalam darah secara bertahap bahkan dapat mencegah penyakit diabetes hingga 50%.

5. Anggur Merah

Tingginya kadar antioksidan dalam anggur merah juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk ginjal. Anggur merah mengandung senyawa asam fenolik yaitu resveratrol yang sangat berkhasiat untuk mencegah tubuh mengalami peradangan hingga penyakit kanker. Jadi, dengan mengkonsumsi anggur merah secara rutin dapat menghindarkan penyakit pankreatitis dan kanker pankreas dari tubuh kita. Manfaat buah ini akan semakin maksimal diperoleh saat masih dalam keadaan mentah.

6. Bawang Putih

Bawang putih termasuk salah satu bumbu dapur yang sangat sering digunakan untuk memasak makanan. Kandungan antibiotik alaminya membuat bawang putih juga dikenal sebagai obat tradisional. Menambah kadar bawang putih dalam masakan dapat menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari gangguan pada pankreas.

Untuk mencegah penyakit pada pankreas muncul, makanan di atas harus di konsumsi secara rutin. Dengan begitu pankreas akan selalu sehat karena terhindar dari racun berbahaya dan mendapat nutrisi yang cukup.