Daftar Makanan Lezat Pencegah Kanker Usus

94

Memanjakan diri dengan makan makanan enak di restoran memang sudah menjadi bagian gaya hidup. Tapi tanpa disadari beberapa jenis makanan lezat yang disantap secara rutin justru menyebabkan penyakit tertentu. Beberapa makanan yang disimpan dan diolah tidak sehat sering menyebabkan perasangan pada usus. Peradangan yang terjadi terus menerus memicu timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker usus.

Memilih makanan sehat tentu menjadi hal yang wajib Anda lakukan untuk mencegah semua penyakit. Tentunya Anda bingung jika harus mencari makanan sehat setiap hari. Berikut ini kami berikan daftar makanan lezat pencegah kanker usus.

  1. Ayam Bakar dan Saus Nanas

Ayam menjadi sumber makanan yang mudah ditemukan dan harganya juga terjangkau. Ayam mengandung beberapa nutrisi penting untuk tubuh seperti vitamin C, mineral dan vitamin B. Hanya saja untuk menjaga semua nutrisi tersebut maka ayam sebaiknya dimasak dengan cara di bakar. Proses memasak ayam bakar tidak akan menambah kandungan asam lemak tak jenuh ganda dibandingkan dengan ayam goreng. Ayam bakar yang lezat bisa disajikan dengan saus nanas yang Anda masak sendiri. Bonusnya adalah kandunga bromelain pada nanas yang membuat proses pencernaan lebih sehat.

  1. Burger Daging dan Sayuran

Jika Anda merindukan makanan cepat saji maka cobalah membuat burger daging dan campuran sayuran. Masakan ini bisa Anda buat sendiri dan tentunya memang lebih sehat. Anda bisa menggunakan daging sapi yang sudah dipanggang dan bukan jenis daging sapi olahan. Roti dan daging sapi memang mengandung kalori yang cukup tinggi jadi tambahkan dengan aneka sayuran seperti daun bawang, selada, bawang bombay, mentimun dan sayuran lain. Dengan bahan pilihan yang kaya serat maka bisa menjauhkan tubuh dari bahaya junk food bagi kesehatan.

  1. Sup Brokoli dan Kembang Kol

Lalu makanan lezat yang lain dan sangat sehat untuk usus adalah sup brokoli dan kembang kol. Dua jenis sayuran ini sangat baik untuk usus karena mengandung serat yang tinggi. Kandungan karotenoid juga mendorong penyerapan vitamin A untuk tubuh. Anda bisa membuat sup brokoli dan kembang kol tanpa tambahan susu. Namun Anda masih bisa menambahkan potongan daging sapi atau daging ayam sebagai kaldu alami. Konsumsi sayur brokoli yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh pasti membantu kesehatan usus Anda.

  1. Sup Kaldu Tulang

Jenis makanan lain yang sangat baik untuk usus adalah sup kaldu tulang. Sup kaldu yang terbuat dari kaldu ayam atau kaldu sapi kaya dengan kandungan asam amino, kolagen, zat besi, fosfor, magnesiu, seng dan jenis mineral lain. Semua bahan ini tidak hanya untuk menjaga kesehatan usus agar tidak terkena kanker usus tapi juga bisa menyembuhkan semua gejala flu.

  1. Ikan Salmon Panggang

Satu lagi makanan yang benar-benar baik untuk mencegah kanker usus yaitu ikan salmon. Ikan yang terkenal karena kandungan omega 3 ini ternyata bisa membantu membersihkan usus dari semua bahan berbahaya. Namun untuk bisa mendapatkan manfaat yang besar ini maka ikan salmon sebaiknya dimasak dengan cara di panggang dengan suhu yang rendah. Konsumsi ikan salmon mentah seperti hidangan sushi memang diijinkan tapi tidak terlalu sering. Hal ini karena kemungkinan ikan terkontaminasi bakteri salmonella dan merkuri.

Jadi, apakah Anda siap mencoba daftar makanan lezat pencegah kanker usus seperti diatas? Untuk menjaga nutrisi dan kandungan bahan tambahan sebaiknya Anda memasak sendiri. Kebiasaan memasak sendiri sangat baik agar makanan lebih sehat.