Inilah 15 Penawar Keracunan Makanan Paling Mudah Didapatkan

Apapun betuk keracunan terutama keracunan yang disebabkan oleh makanan pasti ada obat penawarnya dan penawarnya  tidak selalu harus mengandung zat kimia yang dapat diperoleh diapotek  atas resep dokter tetapi bisa juga disembuhkan dengan cara cara alami yang dapat dilakukan sendiri dirumah yang terbukti lebih aman dan menyemnuhkan relatif lebih cepat.

Rekomendasi terbaik

Ketika awal keracunan makanan terjadi misalnya munculnya perut mual lalu muntah muntah, Terserang diare atau kejang ringan , Maka  segeralah berikan langkah langkah mudah yang dapat dijadikan penawar keracunan makanan yang sederhana karena bisa menetralisir racun dalam tubuh denan cepat , Diantaranya:

  1. Air putih – Memberikan air putih sesuai kebutuhan saat terjadi keracunan dapat dijadikan sebagai terapi air putih – cara kerja dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh, Karena air putih mampu bertindak sebagai detoks alami atau penawar racun yang ampuh karena  kemampuannya dalam membersihkan usus dan menetralisir racun dalam tubuh agar segera keluar melalui air seni dan keringat.
  2. Garam inggris – Memberikan garam inggris pada satu gelas air hangat matang sesaat setelah keracunan terjadi. Larutan garam inggris juga bisa menjadi salah satu penawar keracunan makanan yang ampuh mengeluarkan racun dalam tubuh melalui muntah dan keringat.
  3. Air kelapa hijau – Memberikan air kelapa hijau muda sangat baik untuk obar penawar ker4acunan makanan yang aman bagi anak, Dewasa dan orangtua. Didalam air kelapa terdapat zat zat yang mampu bertindak sebagai detoks alami yang mampu menetralisir racun salam tubuh dan tubuh akan mengeluarkannya melalui muntah, Keringat dan air urin.
  4. Susu – Pemberian susu dapat dijadikan sebagai penawar keracunan makanan karena susu mampu mengencerkan racun agar mudah dibuang dari dalam tubuh melalui air seni dan keringat . Susu yang dapat dijadikan pilihan terbaik adalah susu beruang, Susu hasil fermentasi (yogurt) dan khasiat susu sapi murni bagi kesehatan  tanpa pemanis buatan yang ternyata bisa meredam jahatnya racun makanan dalam tubuh.
  5. Cairan rehidrasi – Penawar keracunan makanan yang dapat menormalakan kondisi tubuh pada kondisi yang seharusnya adalah dengan meminum cairan rehidrasi dimana minuman teraebut dapat dibuat sendiri dirumah yaitu dengan setengah sendok teh garam dan soda kue ditambahkan 4 sendok teh gula jagung atau aren kedalam 1 liter air panas mendidih lalu masukkan bahan kemudian seduhlah sambul diaduk berulangkali. Setelah bahan merata minumna lezat tersebut dapat diminum 2 kali sehari sampai kondisi keracunan dalam tubuh menghilang.

  6. Teh hijau – Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula baik untuk dijadikan salah satu penawar keracunan makanan yang cukup efektif menyembuhkan gejala keracunan berupa mual, Muntah dan kejang atau kram perut.
  7. Jus labu- Pilihlah labu yang segar dan buang kulitnya lalu cucilah hingga bersih untuk kemudian dipotong menjadi beberapa bagian lalu blenderlah . Jus labu mampu menetralisir racun dalam tubuh dan dapat mengagntikan cairan dalam tubuh yang mulai berkurang akibat diare dan muntah muntah .
  8. Jus kemangi – Bagi kaum wanita yang sedang menderita keracunan makanan maka daun kemangi dapat dibuat menjadi jus sehat yang secara klinis mampu meminimaliskan kadar keracunan makanan tanpa merusak jaringan apapun didalam tubuh . Jus kemangi atau lebih sering disebut sebagai jus basil ini aman diberikan pada anak, Dewasa dan orangtua dengan penambahan madu murni dan perasan air jeruk lemon sesuai selera tapi tidak diminum secara berlebihan untuk mencegah muncuknya efek samping daun kemangi bagi wanita dan kesehatan.
  9. Bubur tanpa bumbu – Bubur nasi putih yang dibuat tanpa adanya penambahan bumbu apapun misalnya garam, Gula aren, Penyedap rasa dan lain lain mampu menetralkan racun dalam tubuh. Bubur murni ini dapat dijadikan sebagai salah satu penawar keracunan makanan yang aman bagi anak anak .
  10. Jus jeruk – Jus jeruk mamapu menjadi penawar keracunan makanan paling ampuh dan disukai segala usia karena rasanya yang manis . Tetapi sebenarnya bukan hanya jeruk manis saja yang memiliki kemampuan membuang racun dalam tubuh tetapi jeruk lemon dan nipis juga bisa dijadilkan pilihan terbaik dengan menambahkan madu murni sebagai peningkat citarasanya agar tidak terlalu asam.
  11. Telur ayam kampung – Menegak langsung telur ayam kampung mentah yang sebelumnya telah dikocok dapat menjadi penawar keracunan makanan yang dapat menetralkan keracunan pada dewasa dan orangtua. Ketika menelan telur mentah tersebut tidak disarankan ada penambahan bahan bahan lain misalnya madu atau air jahe .
  12. Kulit delima – Kulit delima dapat dimanfaatkan sebagai penawar keracunan makanan yang ampuh menyembuhkan, Yaitu dengan cara memarutnya hingga halus lau seduhlah pada segelas air matang hangat. Aduk lalu saring untuk kemudian dikonsumsi .
  13. Santan kental- Meminum santal kelapa kental dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada area perut dan merangsang terjadinya muntah muntah. Seseorang yang sedang keracunan makanan dan mengalami muntah sesaat setelah mengkonsumsi satu gelas santan kelapa kental  maka  bisa dipastikan  kondisi keracunan dapat segera dinetralkan. Untuk menjaga kesehatan agar tetap pada kondisi terbaiknya setiap hari dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi santan terlalu sering saat kondisi tubuh telah membaik dari kasus keracunan karena bahaya sering mengkonsumsi santan bagi kesehatan dapat memicu munculnya salah satu keluhan kesehatan misalnya gangguan pencernaan. 

Penawar keracunan makanan juga bisa memanfaatkan khasiat dari obat yang alami tetapi sudah dikemas dalam bentuk tablet atau bubuk yang memilki kemampuan yang sama seperti bahan bahan alami. 2 jenis obat alami yang dapat diperoleh di berbagai toko obat tersebut adalah :

  1. Norit – Didalam tablet norit terdapat zat karbon yang dapat menetralisir secara cepat racun makanan yang telah menekan sistem pencernaan dan mengeluarkan gejala gejala keracunan yang khas, Miusalnya sakit perut, Melilit, Mual mual dan muntah.
  2. Oralit – Keracunan makanan dapat berbentuk serangan diare yang jika terjadi terlalu lama dapat menyebabkan tubuh lemas dan dehidrasi karena banyak cairan tubuh yang terbuang. Oralit dapat dipilih menjadi penawar keracunan makanan yang aman tanpa efek samping jika diberikan pada penderita keracunan  sesuai prosedur atau anjuran yang tentera pada  kemasan bagian luar obat oralit.

, ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya