Ini Dia 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Berbahaya Buat Kondisi Otak

214

Indonesia memang telah sejak lama terkenal sebagai salah satu negara penghasil kuliner lezat dan menggoda selera makan. Ada banyak wilayah yang menyediakan berbagai makanan enak dan sehat. Salah satu wilayah yang memiliki julukan kota kuliner adalah Yogyakarta, karena banyak sekali kuliner unik yang di jual dengan harga yang terjangkau dan makanan Yogyakarta seringkali disukai oleh para wisatawan asing.

Makanan adalah hal utama yang masuk kedalam tubuh manusia dan makanan memiliki peranan penting sebagai sumber energi. Namun tak semua makanan sehat untuk dikonsumsi, karena ada berbagai jenis makanan yang sangat bahaya bagi kesehatan dan ada berbagai jenis mekanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit di bagian otak. Berikut ini adalah jenis makanan & minuman yang berbahaya buat kondisi otak:

1. Merkuri

Ikan memang terkenal mengandung protein yang sangat tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan ada banyak sekali ikan yang bisa dikonsumsi manusia. Namun ada beberapa jenis ikan yang mengandung banyak merkuri dan merkuri akan merusak sel-sel yang ada dalam otak. Ikan yang mengandung banyak merkuri seperti tuna sirip kuning, ikan todak dan ikan hiu.

2. Lemak Trans

Makanan yang mengandung Lemak Trans adalah makanan yang berbahaya bagi kesehatan otak dan makanan yang mengandung lemak ini biasanya digunakan oleh para produsen makanan untuk membuat suatu makanan menjadi tahan lama. Secara rasa memang makanan ini memiliki cita rasa yang nikmat dan salah satu contoh makanan ini adalah margarin.

3. Makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah makanan yang sangat disukai banyak orang dan makanan ini sering membuat penikmatnya jadi ketagihan. Makanan cepat saji memiliki racikan bumbu yang bervariasi yang membuat cita rasanya sangat mantap. Bumbu yang biasa diikutsertakan dalam makanan cepat saji adalah gula dan juga garam, namun penggunaan kedua bumbu ini sangat berbahaya bila digunakan berlebihan.

4. Minuman manis

Minuman manis adalah minuman yang banyak mengandung gula dan minuman manis memiliki ancaman bagi kondisi otak. Salah satu minuman manis yang tidak boleh terlalu sering di minum adalah es teh manis, karena kandungan gula yang berpadu dengan es menghasilkan suatu kandungan yang berbahaya bagi kesehatan otak. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung gula.

5. Alkohol

Minuman beralkohol adalah minuman yang sangat dilarang untuk dikonsumsi, karena alkohol menjadi sebuah minuman beracun bila diminum dalam jumlah banyak dan minuman ini dapat merusak kondisi kejiwaan seseorang. Alkohol juga tidak dijual secara bebas di Indonesia, karena hanya alkohol berlisensi resmi yang dijual di beberapa tempat.

Demikian ulasan lengkap mengenai jenis makanan & minuman yang berbahaya buat kondisi otak dan semoga artikelnya dapat bermanfaat bagi para pembacanya.