10 Efek Samping Buah Duku Waspadai Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Buah duku merupakan buah yang berasal dari Palembang. Buah ini terkenal memiliki rasa yang manis dan segar ketika di makan. Banyak kita temukan di berbagai toko buah untuk harga yang ditawarkan juga tidak terlalu mahal. Tentunya pas dikantong Anda. Bentuknya yang kecil juga menjadi daya tarik tersendiri. Namun, dalam pembahasan ini tidak hanya mengupas soal harga dan bentuk buah. Melainkan berbagai efek samping ketika memakan salah satu jenis buah ini.

Jangan dibayangkan efek samping ini hanya berupa dampak  secara negatif. Melainkan juga berkaitan dengan efek baik untuk tubuh. Sebab berbagai macam buah intinya memiliki kesamaan, yaitu mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak mengherankan ketika sedang sakit dan pergi ke dokter selalu diberikan nasehat untuk makan buah. Salam halnya dengan buah duku. Meskipun demikian buah juga memiliki efek samping yang tidak baik untuk tubuh. Sebab ada senyawa yang memang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Sama halnya denga buah duku yang banyak kita temukan di pasaran dan toko buah.

Adapun efek negatif dari buah duku sebagai berikut

  1. Meningkatkan Level Trigceride

Buah merupakan makanan sehat yang rendah kalori dan juga lemak. Berbeda dengan daging atau makanan lainnya yang tinggi akan dua hal tersebut. Buah salah satunya duk sangat baik untuk program diet karena akan mengurangi rasa lapar secara alami. Meskipun demikian buah duku juga tidak terlalu untuk kesehatan. Sebab ketika mengkonsumsi secara berlebih akan meningkatkan level trigceride. Trigceride ini meruakan sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam buah yang memiliki potensi menyebabkan penyakit jantung. Penyakit yang sangat berbahaya dan termasuk pembunuh menakutkan. Untuk itulah penting kiranya Anda mengkonsumsi buah duku dalam porsi yang sedang-sedang saja. Artinya sesuai dengan kebutuhan dan cukup.

  1. Berbahaya Untuk Penderita Kanker

Seorang yang memiliki riwayat penyakit kangker memiliki sejumlah pantangan yang wajib untuk dihindari. Pantangan ini yang akan meningkatkan proses penyembuhan seorang pasien. Adapun pantangan itu berupa buah-buahan, semacam buah anggur, nanas, durian, dan juga duku. Buah yang memang baik untuk tubuh ini ternyata mengandung alkohol. Meksipun jumlahnya tidak terlalu banyak. Ketika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan membahayakan sebab sel kangker akan berkembang biak secara cepat . Penting untuk Anda ingat jangan banyak mengkonsumsi buah duku.

  1. Menyebabkan Maag

Kalau Kamu memiliki riwayat penyit maag buah duku sangat tidak dianjurkan. Sebab jenis buah ini sulit dicerna. Ketika sulit untuk mencerna makanan yang masuk dalam tubuh lambung akan bekerja secara lebu keras. Sedangkan ketika sedang sakit maag, lambung harus bekerja jaugh lebih ringan dari pada sebelumnya. Jika terus diajak untuk bekerja keras lambung akan mengalami luka dna pendarahan. Ketika itu terjadi jelas nyawa Anda akan menjadi taruhan. Terlebih lambung ini sangat rentan dan juga sensitif.

  1. Berbahaya Bagi penderita Diabetes 

Jenis buah-buahan mengandung fruktosa. Di mana jenis hidrat arang akan dicerna dalam hati menjadi gula darah dan lemak. Sedangka untuk penderita diabetes basah atau kering sangat dilarang memiliki kadar gula yang tinggi. Sebab akan menambah parah dari penyakit ini. Salah satu buah yang dapat meningkatkan kadar gula dalam darah adalah duku. Namun, tidak semua buah bahaya untuk penderita diabetes. Ada buah jeruk, jambu, bengkoang, belimbing dan pepaya. Buah yang memilki serat tinggi dan air.

Selain efek negatif buah duku juga memiliki efek positif untuk tubuh. Adapun efek itu berupa:

  1. Meningkatkan imunitas

Imun atau daya tahan tubuh dapat meningkat dengan makan buah duku. Sebab dalam buah ini mengandung vitamin C yang bagus untuk meningkatkan imin dalam tubuh. Ketika imun kuah jelas tubuh akan tidak mudah terserang panyakit.


  1. Menjaga Kulit

Bagi kaum hawa tantu efek yang satu ini sangat ditunggu-tunggu. Karena dapay menjaga kulit tetap sehat. Hal ini tidak lain karena kandungan daari vitamin C dan Vitamin E. Sebab melalui vitamin ini akan tetap menjaga, merawat, dan juga menhilangkan berbagai kotoran yang ada dalam kulit. Selain itu, juga dapat melindungi dari sinar UV. Tentu sebuah kabar baik untuk Anda kaum hawa.

  1. Mengendalikan Kolesterol

Kandungan dari vitamin C dalam buah duku ini dipercaya dapat mengubah kolesterol menjadi asam empedu. Sehingga, ketika makan buah duku ini akan tetap terjaga kesehatan Anda.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan kalori, mineral, dan juga zat besi dalam buah duku akan membantu pencernaan tetap sehat. Sehingga, ketika telah sehat akan melancarkan ketika BAB. Tentu dampak inilah yang mungkin menjadikan buah ini begitu istimewa.

  1. Menjaga Rambut

Bagi yang memiliki rambut yang indah jangan khawatir dan bingggung untuk menjaganya. Sebab dengan buah duku akan tetap terjags secara alami dan murah. Sebab dalam buah ini mengandung nutrisi yang baik untuk rambut.

  1. Menjaga Gigi Dan Gusi

Vitamin D yang tinggi dalam buah duku akan menjaga kesehatan gigi dan gusi. Mencegah munculnya sariawan dan membuat mulut sehat serta tidak bau atau tetap segar. Buah ini bagi untuk merawat gigi anak-anak yang masih tumbu dan berkembang.

, , , ,

Follow Halosehat

ig-halosehatgroup

Oleh :
Kategori : Buah Berbahaya