Home Featured Melahirkan di Kamar Mandi, Model Ini Tak Menyadari Dirinya Tengah Mengandung 9 Bulan

Melahirkan di Kamar Mandi, Model Ini Tak Menyadari Dirinya Tengah Mengandung 9 Bulan

by Erlita

Belakangan ini makin banyak saja kasus di mana seorang wanita tak sadar bahwa dirinya sedang berbadan dua alias hamil. Salah satu kasus paling baru dan cukup menjadi perhatian publik adalah pengalaman Erin Langmaid, seorang model cantik yang dilansir dari The Sun tiba-tiba melahirkan di kamar mandi karena tak tahu kalau dirinya hamil.

Kalau umumnya ibu hamil akan merasakan tubuh yang cepat lelah, belum lagi morning sickness alias mual-mual di trimester awal yang diikuti rasa pusing, semua gejala ini tak dirasakan oleh Erin. Ia mengaku bahwa tanpa ada kesulitan apapun tetap melakukan kegiatannya seperti biasa sama sekali tanpa keluhan seperti yang dimiliki bumil.

Masalahnya, ia makin tak menyadari sedang berbadan dua karena perutnya pun tak ada tanda-tanda membesar. Karena ketidaksadarannya sedang hamil, tiba-tiba saja ia merasakan perutnya kesakitan dan  juga teramat mual. Saat masuk ke kamar mandi, tanpa pernah ia sangka saat itu juga ia melahirkan.

Erin melahirkan seorang bayi perempuan dengan berat 3,6 kg yang ia namai Isla May. Walau tak sadar bahwa dirinya hamil dan bahkan melahirkan secara tiba-tiba, beruntung sekali bayi cantiknya lahir dengan selamat. Kepada 7 News, Erin mengatakan bahwa proses melahirkannya hanya membutuhkan kurang lebih 10 menit, betul-betul pengalaman unik ya.

Hal ini menjadi makin mengherankan bagi Daniel Carty, kekasih Erin yang juga merupakan ayah dari sang bayi karena ia tahu bahwa Erin melakukan suntik kontrasepsi. Suntik ini dilakukan kekasihnya secara rutin agar menurunkan risiko hamil, namun betapa terkejutnya ia saat mendengar teriakan Erin dari kamar mandi bersama dengan bayinya yang baru lahir secara tak terduga.

Apa alasan dibalik wanita yang tak menyadari kalau sedang hamil?

Wanita saat hamil tak semuanya akan merasakan mual, pusing dan lelah, namun bagaimana mungkin wanita tak sadar kalau sedang mengandung jika kehamilan membuat tidak menstruasi dan bahkan membuat perut membesar? Istilah untuk ketidaksadaran wanita dirinya hamil berbulan-bulan adalah kehamilan kriptik atau cryptic pregnancy.

Ada beberapa faktor yang bisa jadi penyebab utama sekaligus peningkat risiko seorang wanita tak menyadari dirinya berbadan dua melansir dari laman Kompas Sains, yaitu:

  • Rendahnya hormon kehamilan HCG (human chorionic gonadotropin) dalam darah. Padahal, hormon ini plasenta produksi untuk mampu membuat kehamilan bertahan dengan baik dan mendukung agar janin berkembang.
  • Ketidakakuratan hasil tes kehamilan. Beberapa kali melakukan cek kehamilan dengan hasil negatif belum tentu hasilnya benar-benar negatif lho. Hasil bisa saja negatif palsu karena HCG belum waktunya dihasilkan oleh tubuh.
  • Masalah kesehatan tertentu. Seorang wanita dengan kehamilan kosong, kehamilan ektopik, dan juga PCOS atau sindrom ovarium polikistik cenderung membuat wanita tak menyadari kalau tubuhnya sedang mengandung.
  • Stres dan rasa takut yang berat. Kondisi mental seorang wanita di mana baginya terlalu menakutkan untuk menjadi seorang ibu, maka otomatis terdapat penolakan dari dirinya terhadap kenyataan.
  • Tubuh kurang kuat untuk mengandung. Sebuah penelitian di Universitas Turin, Italia pada tahun 2007 menunjukkan bahwa tubuh wanita tanpa ada sama sekali gejala kehamilan mampu menjadi tanda bahwa untuk melangsungkan proses kehamilan atau mengandung selama 9 bulan bagi seorang wanita tersebut tubuhnya kurang kuat.

Walau melahirkan dadakan, model asal Australia ini bersama kekasihnya menyambut bahagia kelahiran putri mereka. Tak hanya itu, putrinya pun menjadi alasan bagi keduanya untuk lebih siap dalam perubahan hidup yang pastinya bakal terjadi.

You may also like