10 Gejala Kekurangan Vitamin E, Waspadai Gejalanya

Vitamin Emerupakan ssalah satu nutrisi yang larut dalam lemak. Biasanya vitamin ini sering disebut sebagai takoferol yang mengandung anti oksidan sangat tinggi dan berfungsi untuk membasmi radikal bebas. Seperti anda ketahui bahwa radikal bebas dapat mengancam bagi tubuh anda terutama akan merusak DNA. Begitu penting peran vitamin E tersebut sehingga anda harus memenuhi asupan vitamin E tersebut sesuai dengan kadar yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

Caranya adalah dengan makanan yang mengandung vitamin E maupun suplemen tambahan. Akibat kekurangan vitamin sangat berbahay bagi kesehatan anda. Bahkan dapat menyebabkan resiko kematian meningkat. Dalam artikel berikut akan membahas 10 gejala kekurangan vitamin E, waspadai gejalanya sebelum terlambat parah.

  1. Kekeringan pada Kulit

Gejala yang dapat anda ketahui adalah kekeringan pada kulit anda. Hal ini adalah sebagai akibat dari efek samping vitamin e yang kurang terpenuhi dalam tubuh anda. Sehingga bisa dipastikan jika anda kekurangan vitamin E maka akan langsung terlihat gejalanya melalui kulit yang kering, dan juga tampak bersisik dan pecah-pecah.

  1. Rambut Rontok

Vitamin E adalah vitamin yang sangat penting untuk kesehatan rambut anda. Khususnya dalam hal melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Peredaran darah akan menurun terutama pada kepala ketika seseorang kekurangan vitamin E. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengonsumsi buah yang mengandung vitamin e.

  1. Kram pada Kaki

Jika anda mengalami kram terutama pada bagian kaki, hampir dipastikan itu merupakan gejala kekurangan vitamin E. Dalam beberapa kasus malah kaki terasa kram pada malam hari. Disarankan ketika anda mengalami gejala ini untuk segera mengecek kadar vitamin E anda.

  1. Stress Oksidasi

Vitamin E mengandung antioksidan yang tinggi dan akan berparuh untuk mengurangi stress yang anda alami. Kebalikannya, ketika anda stress oksidasi maka dapat dipastikan itu adalah gejala kekurangan vitamin E. Dalam hal ini disarankan anda juga mewaspadai akibat dari akibat kekurangan vitamin d.

  1. Otot Melemah

Ketika anda mengalami kekurangan vitamin E gejala yang selanjutnya anda alami adalah otot anda tiba-tiba melemah. Karena fungsi otot tidak bekerja dengan baik sebagai akibat dari kekurangan vitamin E.

  1. Aterosklirosis

Gejala aterosklirosis dapat anda rasakan ketika anda kekurangan vitamin vitamin E. Hal ini erat kaitannya dengan kesehatan tubuh anda. Jadi disarankan anda ketika mengalami gejala ini untuk segera memenuhi asupan vitamin E.

  1. Penglihatan Kabur

Biasanya kesehatan yang berkaitan dengan mata selalu identik dengan vitamijn A. Namun ternyata kekurangan vitamin E ditandai dengan gejala penglihatan semakin kabur, kualitas mata pun semakin menurun. Jika anda mengalami gejala ini dapat dipastikan selain kekurangan vitamin A, anda juga sedang mengalami vitamin E.

  1. Kebutaan

Hampir sama dengan gejala sebelumnya, namun gejala yang satu ini lebih parah dari gejala sebelumnya. Anda pasti mengira bahwa untuk meningkatkan kualitas penglihatan itu harus dengan vitamin A. ternyata gejala kekurangan vitamin juga akan menunjukkan gejala pada kesehatan mata, yaitu kebutaan. Jadi ketikan anda belum mengalami gejala ini, disarankan ketika anda sudah mengalami gejala kualitas mata menurun untuk meningkatkan asupan vitamin E, dan vitamin A.

  1. Anemia

Anemia merupakan kondisi dimana sel darah merah sangat menurun dengan drastis. Padahal sel darah merah itu berfungsi untuk mengangkut oksigen ke bagian organ lainnya. Ketika anda mengalami kekurangan vitamin E maka gejala anemia adalah salah satu yang anda rasakan.

  1. Masalah Kesuburan

Gejala terakhir yang anda rasakan saat kekurangan vitamin E adalah bermasalah dengan sistem reproduksi. Hal ini berlaku untuk pria maupun wanita. Dalam dunia medis, masalah kesuburan sering disebut dengan infertilitas.

, , ,
Oleh :
Kategori : Vitamin