Home Featured 5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Anemia pada Anak

5 Nutrisi Penting untuk Mencegah Anemia pada Anak

by Tri Astuti

Salah satu penyebab anemia yang paling umum adalah menurunnya sel darah merah atau eritrosit yang terjadi dengan cepat. Saat tubuh tidak memiliki banyak sel darah merah maka jumlah hemoglobin dalam tubuh juga menurun. Inilah yang membuat penderita anemia mengalami beberapa gejala seperti mual, lelah, lesu, mudah letih, pucat, sakit kepala, kurang seimbang dan sulit untuk fokus.

Masalahnya kondisi ini sangat sering terjadi pada semua usia, termasuk anak-anak. Agar anak –anak tetap sehat sebaiknya menerima nutrisi yang sehat dan seimbang. Berikut kami berikan nutrisi penting untuk mencegah anemia pada anak.

  1. Sumber Zat Besi

Penyebab anemia yang sangat sering ditemukan pada anak-anak adalah ketika tubuh mereka kekurangan zat besi.  Zat besi berperan untuk mendukung produksi sel darah merah yang juga membuat kadar hemoglobin dalam tubuh menjadi cukup. Sel darah merah sebenarnya juga berperan penting untuk menjaga aliran nutrisi ke semua bagian tubuh lewat darah dan membawa darah yang kaya oksigen ke semua organ tubuh.

Untuk memenuhi kebutuhan zat besi pada anak maka berikan beberapan makanan sumber zat besi seperti daging merah, daging kambing, hati sapi dan ayam, kacang-kacangan, sayuran hijau, dan kuning telur. Pastikan Anda memasak dengan menu yang bervariasi sehingga anak mau makan dengan baik.

  1. Sumber Asam Folat

Ada banyak fungsi asam folat pada tubuh seperti mendukung proses produksi atau pembentukan sel-sel darah merah yang baru. Pada dasarnya tidak hanya untuk membentuk sel darah merah saja tapi juga sel darah umum. Tubuh membutuhkan asam folat terus menerus, tapi sumber nutrisi ini tidak bisa disimpan oleh tubuh. Sehingga ketika tubuh kekurangan asam folat maka akan mengalami anemia. Untuk menjaga nutrisi asam folat maka Anda bisa memberikan semua jenis sayuran hijau, sereal, produk gandum dan kacang-kacangan pada anak.

  1. Sumber Vitamin B12

Makanan seperti ikan, telur, daging merah, daging ayam, daging bebek, susu, dan keju bisa menjadi sumber vitamin B12 yang baik untuk anak-anak. Ketika tubuh kekurangan vitamin B12 maka akan mengalami anemia. Hal ini karena vitamin B12 bekerjasama dengan zat besi untuk produksi sel darah merah. Jadi berikan nutrisi ini pada anak Anda.

  1. Vitamin C

Mungkin Anda mengira bahwa vitamin C hanya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh saja. Tapi ternyata vitamin C juga penting untuk produksi sel darah merah secara tidak langsung. Mengapa? Karena vitamin C menjalani proses untuk menyerap dan menyimpan zat besi sehingga kemudian produksi sel darah merah berjalan lancar. Jadi penting untuk memberikan makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi seperti buah kiwi, pepaya, buah berry, nanas dan jeruk.

  1. Sumber Vitamin A

Vitamin A ternyata memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah anemia pada anak. Tentu saja kita tahu bahwa vitamin A juga bisa menjaga kesehatan mata dan memelihara lapisan makula. Namun vitamin A juga mendukung proses produksi sel darah merah yang lebih cepat. Sehingga makanan seperti wortel, ubi, sayuran hijau, semangka, paprika dan sayuran lain bisa langsung diberikan ketika sudah ada gejala anemia.

Itulah daftar nutrisi penting untuk mencegah anemia pada anak. Pastikan Anda memberikan beberapa nutrisi tersebut sehingga anak sehat dan terhindari dari anemia.

You may also like