Stop ! Jangan Lakukan 9 Hal Ini Saat Usia Mu 20-an

101

Beberapa aktivitas-aktivitas tertentu, justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan mu seperti dapat menyebabkan stress dan lebih parahnya kamu dapat terkena dampak depresi akibat terlalu sering melakukan aktivitas-aktivitas tidak bermanfaat berikut ini :

Seperti apa sih aktivitas buruk untuk kesehatan mu ? ternyata pada usia 20-an adalah usia dimana seseroang mulai beranjak dewasa dan bahkan pada usia ini sebagain dari mereka telah mulai merancang kehidupan yang lebih lanjut. Oleh karena itu mari sama-sama hindari aktivitas-aktivitas ini :

1. Membanding-bandingkan

Memang mebandingkan diri sendiri dengan orang lain menjadi salah satu bahan motivasi, namun terlalu sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain ini justru akan membuat kondisi tubuh kamu menjadi down.

Maka mari sejak usia mu 20 tahun jangan terlalu menjadi seorang yang perfeksionis dan ingin lebih baik dari orang lain. Lakukan sesuai dengan kemampuan mu. Menjadi lebih baik memang baik. Tetapi jik aitu tidak seuai dengan kemampuan mu justru akan membahayakan untuk kondisi psikolgis mu.

Jadi mari mulai berdamai dengan diri sendiri. Terima dir apa adanya. Dan perbaiki diri secara terus menerus. Membandingkan orang memang boleh untuk memotivasi menjadi lebih baik.

2. Jangan bergantung pada orang lain

Pada usia ini adalah usia dimana kamu sudah harus menjadi orang yang mandiri. Sehingga usahakan kamu sudah memiliki kemandirian, selain itu ketika usia mu sudah 20 tahunan kamu juga harus percaya diri dan mulai mewujudkan segala cita-cita mu. Percaya pada diri mu sendiri bahwa kamu dapat melakukannya.

Kamu harus sudah bisa menentukan jalan mu sendiri, dengan demikian kamu tidak akan bergantung dengan orang lain. Hal ini juga akan membuat kamu mnejadi lebih mandiri dan lebih dewasa.

3. Jangan menyalahkan orang lain

Taukah kamu kebiasaan menyalahkan orang lain dapat membuat orang lain yang kamu salah kan itu menjadi depresi sehingga kamu harus belajar menghargai usaha orang lain. Selain itu jika memang terdapat kesalahan pada apa yan gkamu lakukan bersama mereka. Evaluasi terlebih dahulu diri mu. Siapa tau kesalahan terjadi pada diri mu sendiri bukan pada mereka.

4. Jangan mengeluh

Mengeluh merupakan kebiasaan buruk apalagi jika usia musudah beranjak ke 20 tahun, karena usia ini sudah merupakan usia yang matang. Bahkan pada usia ini kamu sudah dapat melakukan sistem reproduksi bagi kamu yang sudah menikah. Jadi jangan pernah megeluh dengan keadaan mu saat ini. Belajar mensyukuri apa yang kamu miliki kaan membantu kamu untuk lebih mudah dalam menjalani kehidupan mu.

5. Stop memaksakan kehendak

Bersifat egois sangat tidak baik. Pendapat setiap orang memang berbeda beda hal ini juga disebabkan karena latar belakang mereka yang berbeda-beda. Oleh karena itu ketika mereka tidak pernah sependapat dengan mu maka jangan pernah memaksakan kehendak mu. Dengarkan pendapat orang lain pula. Hal ini untuk menghindari agar kamu tidak mengalami stress pada dirimu karena memaksakan kehendak mu.

6. Katakan Tidak jika Tidak

Terkadang beberapa dari orang tentu akan mengalami kesulitan untuk mengatakan tidak, ini merupakan salah satu permasalahan yang harus kmu atasi secara pribadi dengan diri mu sendiri. Oleh karena itu kamu harus tegas. Jik ammeaman gkamu tidak bisa maka katakan tidak bisa agar kamu tidak mengalami kesulitan pada dirimu. Jangan sering merasa tidak enak, mulailah hargai diri mu sendiri. 

7. Stop Baper

Baper atau bawa pareasaan ini tentu akan membawa dampak buruk bagi keseahtan mu, bahkan dengan sering baper ini dapat membuat kamu menjadi tidak optimis dan tidak dapat befikir bijak.

8. Jangan menyianyiakan hidup mu

Berlaku malas-malasan merupakan kebisaan yang buruk. Seperti terlalu banyak tidur dan jarang olahraga. Dengan menyianyiakan hidup diwaktu muda kamu akan marasakan penyesalan saat usia mu sudah tua nanti.

9. Jangan sering marah

Sering marah-marah ini menjadi indikasi bahwa kamu tidak sabaran. Hal ini dapat berdampak pada psikologi kamu dan terhadap orang-orang disektira mu,ketika kamu seirng marah tentu orang-orang menjadi segan pada mu dan menjadi tidak suak terhadap mu. Hal ini jika berlansung terus menerus dapat membuat dampak buurk bagi kesehatan mu karena dapat menyebabkan depresi pada dirimu.

Itulah beberapa hal mengenai hal-hal yang harus kamu hindari keika usia mu mulai beranjak 20 tahun. Dengan menghindari hal-hal demikian ini tentu akan membuat kamu pun menjadi memiliki kualitas hidup yang lebih amaan, tentram dan nyaman. Oleh sebab itu jangan malas untuk berubah menjadi lebih baik. Karena perubahan dimulai dari diri kita sendiri maka lakukan dari diri sendiri dan motivaisi diri sendiri mulai sekarang.