10 Bahaya Minum Air Dingin Setelah Olahraga Bagi Tubuh

Membiasakan olahraga minimal seminggu sekali akan membantu kita menjaga kesehatan dana kebugaran tubuh. Apalagi kalau kegiatan kita sehari-hari lebih banyak duduk atau tidak terlalu aktif bergerak. Misalnya saja pegawai kantoran. Maka, perlu meluangkan waktu untuk berolahraga. Akan lebih baik lagi kalau kita lakukan setiap hari sebelum berkegiatan. Cukup olahraga ringan seperti joging atau senam ringan.

Lalu, selepas olahraga, tentunya kita butuh minum karena cairan tubuh akan ikut hilang saat berolahraga sehingga kita harus segera menggantinya dengan minum air. Nah, biasanya akan lebih menyegarkan lagi kalau kita minum air dingin karena efeknya yang langsung membuat tubuh kita segar kembali. Rasa lelah rasanya hilang seketika.

Namun, apakah aman minum air dingin selepas olahraga? Bukankah tubuh kita sedang panas-panasnya? Mari simak penjelasan berikut tentang bahaya minum air dingin setelah olahraga.

1.  Membuat Kepala Pusing

Kepala akan terasa pusing ketika kita meminum air dingin setelah berolahraga, karena sistem saraf pusat tidak siap menerima perubahan respons dari suhu panas ke dingin dalam waktu singkat. Saraf menjadi terkejut. Jadi, lebih baik hindari minum air dingin setelah olahraga. Tunggu setelah beberapa lama sampai tubuh kembali ke suhu normal.

2.  Timbul Rasa Ingin Buang Air Kecil

Suhu air minum yang dingin membuat tubuh kita juga menjadi kedinginan, termasuk kandung kemih yang juga langsung bereaksi terhadap rasa tersebut, sehingga timbullah rasa ingin buang air kecil yang tidak bisa ditahan. Sementara apabila kita terlalu sering buang air kecil, tubuh kita akan rentan kekurangan zat potasium dan sodium yang hilang bersama air seni.

3.  Hyponatermia

Meminum air dingin berisiko membuat kita terus kehausan atau ketagihan karena rasa segar yang ditimbulkan dari air tersebut. Sementara, apabila kita terlalu banyak mengonsumsi air dingin akan menyebabkan hyponatermia yaitu berkurangnya kadar sodium dalam tubuh secara tiba-tiba.

Sodium adalah elektrolit dalam tubuh yang mengatur kadar air. Saat kita kekurangan elektrolit, sel-sel dalam tubuh akan mengalami pembengkakan. Inilah salah satu hal yang menjadi penyebab beberapa orang  mengalami kematian.

4.  Lambat Diserap Tubuh

Setelah berolahraga, meminum air yang terlalu dingin akan lebih sulit diserap tubuh  yang menyebabkan tubuh lebih mudah mengalami dehidrasi dan malah akan menjadi lebih haus daripada sebelumnya, juga mudah membuat perut kembung.

5.  Pembuluh Darah Menyempit

Ketika organ tubuh kita dialiri air yang terlalu dingin, ini akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Dampaknya bisa menyempitkan pembuluh darah, sehingga aliran darah ke jantung berkurang. Akan lebih baik jika kita lebih pandai menjaga dan meningkatkan metabolisme tubuh dengan menjaga kesehatan.

6.  Tubuh Menjadi Tidak Nyaman

Cara untuk memperkuat proses pencernaan, dibutuhkan makanan yang cenderung hangat seperti makanan yang dimasak atau minuman yang bersuhu hangat. Masuknya air dingin ke dalam tubuh akan mengganggu proses pemanasan yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Salah satu akibatnya apabila kita minum air dingin yaitu akan membuat tubuh tidak nyaman, terutama perut.

7.  Detak Jantung Melemah

Bahaya minum air dingin setelah olahraga selanjutnya adalah bisa membuat detak jantung melemah. Beberapa penelitian mengatakan, minum air dingin dapat merangsang saraf vagus. Saraf tersebut berfungsi sebagai pengontrol aktivitas tak sadar tubuh seperti detak jantung. Kinerja saraf ini akan terganggu ketika kita terlalu banyak minum air dingin, sehingga akan berisiko menyebabkan detak jantung melemah.

8.  Memicu Radang Tenggorokan

Meminum air dingin juga dapat membuat lendir mudah muncul pada lapisan kerongkongan. Hal tersebut dipercaya akan memiliki dampak buruk pada saluran tenggorokan yang membuatnya rentan terhadap infeksi dan radang.

9.  Membuat Perut Buncit

Dalam pencernaan ketika terjadi proses penghangatan, air dingin juga akan dihangatkan oleh bantalan lemak yang ada dalam perut kita. Apabila kita sering dan terbiasa meminum air dingin, jelas tubuh akan membutuhkan bantalan lemak yang kian banyak.


Bantalan lemak didapat dari asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari yang tertimbun di dalam perut. Jika tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup maka bantalan lemak akan kian banyak sehingga perut kita akan semakin membuncit atau gemuk.

10.  Mempersempit usus

Apabila kita terbiasa meminum air dingin setelah olahraga, dikhawatirkan akan membuat dinding usus menyempit sehingga proses penyerapan makanan dalam usus terganggu.

Suhu air yang dingin akan menyebabkan pembekuan partikel pada makanan berminyak yang telah dikonsumsi. Ini menyebabkan terjadinya penumpukan lemak di bagian saluran usus sehingga terjadilah penyempitan usus. Akibatnya, akan memperlambat dan mengganggu proses pencernaan dalam tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk