Cara Menghentikan Kebiasaan Buruk Merokok Yang Berlebihan

818

Diketahui bahwa rokok banyak mengandung zat nikotin, dimana zat ini memiliki efek buruk terhadap kesehatan tubuh, contohnya adalah rentan terserang penyakit tekanan darah, kanker paru – paru, jantung dan yang lainnya. Nah, meskipun sudah banyak larangan agar jangan terlalu berlebihan merokok, tetap saja banyak orang suka menghambur – hamburkan uang hanya untuk membeli berkotak – kotak rokok. Akhirnya keputusan adalah terserah kepada kemauan anda apakah ingin berhenti total atau suka rentan terserang banyak penyakit ? Apakah anda rela mengorbankan kesehatan anda demi untuk dapat menghizap zat kimia yang cukup berbahaya tersebut ?

Memang sulit untuk seratus persen berhenti merokok apabila seseorang sudah terlanjur menjadi seorang perokok berat. Meskipun anda berhasil membuat resolusi untuk berhenti merokok, tetapi apakah anda berhasil juga menghentikan kebiasaan ini secara total ? Merokok adalah salah satu kebiasaan buruk yang jika dibiarkan menjadi kecanduan akan menyebabkan anda rentan terserang penyakit paru – paru, dan menyertai penyakit paru – paru adalah beberapa penyakit berbahaya yang lainnya.

Apakah anda mengetahui tentang efek berbahaya dari kecanduan merokok yang dapat menyebabkan tubuh anda menjadi ringkih ? Jika belum mampu, maka secepatnya harus menyadari meskipun baru tahap sebagai perokok ringan saja. Merokok akan secara langsung berpengaruh buruk terhadap kesehatan dari pertama kali anda belajar merokok.

Kami rangkum dari berbagai sumber berita akan menjelaskan tentang beberapa bahan alami tersebut di bawah ini ternyata ampuh buat membantu anda berhenti merokok secara pelan – pelan namun pasti.

1. Air

Minumlah sebanyak – banyaknya air putih merupakan solusi penting guna mengatasi anda dari kebiasaan buruk yaitu merokok yang berlebihan. Air putih mempunyai fungsi sebagai media untuk membantu mendetoksifikasi tubuh yang terlanjur kena racun karena asap rokok. Caranya adalah kapanpun anda berniat dan ingin merokok lebih dari satu batang maka segera minum segelas air putih. Cara ini bukan hanya mampu mencegah anda agar jangan merokok berlebihan tetapi juga mengurangi gejala sakau.

2. Oatmeal

Yang dimaksud dengan Oatmeal adalah salah satu bahan untuk sarapan pagi yang sejak dulu dianggap manjur buat membantu anda menghentikan kebiasaan buruk merokok berlebihan. Caranya adalah ambil satu sendok makan bubuk Oatmeak rasa apa saja lalu campurkan dengan 2 cangkir air yang mendidih. Diamkan semalaman di dapur dalam wadah tertutup rapat, esok pagi rebus selama 10 menit dengan diaduk pelan – pelan.

Nah minumlah setiap anda selesai makan. Namun disarankan untuk jangan mengkonsumsinya di waktu malam hari karena dapat menyebabkan tubuh mudah menjadi gemuk. Oats merupakan media yang membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan secara otomatis akan menurunkan hasrat untuk terus – menerus merokok. Oats bagus juga untuk fungsi meringankan gejala sakau dari nikotin terkandung dalam daun tembakau.

3. Multivitamin

Nutrisi penting di dalam tubuh akan berkurang  jumlahnya / menipis jika anda kecanduan rokok. Segera atasi dengan cara minum vitamin A, C dan E yang berfungsi sebagai alat untuk mengatasi gejala awal sakau karena nikotin. Vitamin A bermanfaat untuk memperbaiki jaringan – jaringan lendir yang rusak di dalam tubuh sedangkan vitamin E ampuh buat meremajakan sel – sel di dalam tubuh yang rusak karena terlalu berlebihan dalam merokok. Cara mudah dalam mendapatkan asupan nutrisi yang mencukupi terhadap vitamin C adalah dengan mengonsumsi minuman dari bahan utama adalah jeruk.

4. Lobak

Merupakan salah satu bahan alami yang bagus diandalkan buat berhenti dari kecanduan merokok. Caranya adalah sediakan sebatang lobak ukuran sedang lalu cuci bersih dan parut, buang sarinya. Ampasnya dicampur dengan madu lalu makan 2 kali dalam sehari selama anda ketagihan merokok.

5. Cabe Rawit

Cabe Rawit adalah salah satu rempah khas Indonesia yang ampuh buat menghentikan anda dari kebiasaan merokok. Caranya sangat sederhana yaitu wajib ada Cabe Rawit pada setiap masakan apapun yang anda buat terutama lauk – pauk teman makan nasi atau sekali waktu (seperti di Bali dikenal minuman jamu yang dicampur dengan cabe rawit) campurkan cabe rawit dengan segelas air putih. Rempah yang satu ini berfungsi ampuh buat membantu menurunkan sensitivitas pada sistem pernafasan terhadap pengaruh buruk zat – zat adiktif, contohnya adalah tembakau yang banyak mengandung nikotin.

6. Jahe

Gejala umum dari sakau karena nikotin adalah munculnya rasa mual – mual yang harus segera diatasi dengan cara mengonsumsi minuman jahe / jus jahe. Anda juga dapat menggunakan cara ini, tambahkan 1 sendok teh jahe bubuk pada masing – masing menu sarapan pagi anda guna mengurangi keinginan untuk kecanduan rokok, dimana diketahui bahwa jahe adalah salah satu bahan yang cukup efektif guna mencegah produksi dopamine yang merupakan komponen utama terkandung dalam nikoten.

7. Ekstrak Biji Buah Anggur

Dengan suka mengkonsumsi ekstrak biji buah Anggur maka bagus untuk memperbaiki kerusakan jaringan paru – paru sebagai akibat merokok terlalu berlebihan.

8. Jus Anggur

Jus Anggur rasanya asam namun ampuh buat mengeluarkan zat nikotin dari dalam tubuh. Minumlah jus Anggur setiap hari dengan rutin sekali saja saat ada keinginan atau hasrat untuk merokok secara berlebihan.

9. St. John’s Wort

Tanaman herbal ini memiliki manfaat untuk mengurangi anda yang kecanduan rokok. Riset menjelaskan bahwa 450 mg kapsul St. John’s Wort ampuh buat membantu mengurangi kebiasaan buruk merokok berlebihan, dengan takaran diminum sebanyak 2 kali dalam sehari.

10. Madu

Madu merupakan salah satu bahan yang bagus buat membantu seseorang agar berhenti total dalam merokok. Diketahui bahwa madu banyak mengandung vitamin, enzim, dan protein yang berkhasiat di dalam membantu menghentikan kebiasaan buruk dalam merokok dengan memberikan fungsi ganda yaitu sekaligus mempertahankan kebugaran tubuh.

11. Rokok Herbal

Cobalah sekali waktu mengkonsumsi sebatang rokok herbal, dimana diketahui bahwa rokok jenis ini tidak banyak mengandung nikotin. Terbuat dari bahan – bahan herbal yaitu daun mint, kayu manis, serai, licorice, cornsilk, dan clover. Meskipun aman terhadap kesehatan paru – paru dan jantung, dilarang mengaplikasikan rokok ini dalam jangka waktu panjang, karena rokok herbal mengandung zat karsinogen.