Waspada, Penyakit Diabetes Dapat Dipicu 5 Gaya Hidup Tidak Sehat Ini

117

Penyakit diabetes termasuk penyakit degeneratif yang sangat berbahaya, karena dapat mempengaruhi fungsi berbagai organ tubuh dan menyebabkan penyakit komplikasi yang membahayakan nyawa. Penyakit ini terjadi karena meningkatnya kadar gula dalam darah secara berlebihan, sementara produksi insulin tidak mencukupi untuk menetralisir darah. Akibatnya, kadar glukosa dalam urin dan darah yang berlebih merusak organ tubuh seperti jantung dan ginjal. Karena itu, sedini mungkin penyakit tersebut harus dihindari, salah satunya dengan menghindari gaya hidup tidak sehat seperti berikut ini.

1. Hobi Makan dan Minum Manis

Kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman manis seperti kue, teh manis dan minuman soda akan sangat mempengaruhi kadar gula darah. Jika dikonsumsi secara berlebihan apalagi setiap hari, maka resiko penyakit diabetes akan semakin besar. Batasilah konsumsi gula dari makanan dan minuman tersebut, dan pilih buah dan sayur sebagai tambahan nutrisi penting bagi tubuh agar selalu sehat.

2. Kurang Tidur

Ternyata kurangnya waktu tidur yang dialami berkali-kali juga mampu meningkatkan resiko diabetes muncul. Hal ini dikarenakan saat tubuh kurang waktu istirahat proses metabolisme akan terganggu dan gula akan mengendap dalam darah. Ditambah lagi saat kita masih terjaga di tengah malam, hormon yang mendorong rasa lapar akan diproduksi sehingga kita menjadi lapar dan makan di malam hari menjelang tidur. Ini tentu tidak baik karena asupan gula menjelang tidur akan menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat.

3. Minim Aktivitas Fisik

Tubuh perlu bergerak agar tetap dapat beraktivitas dengan lancar. Jika malas bergerak atau kurang berolahraga, maka lemak dalam tubuh akan menumpuk karena tidak diubah menjadi energi. Selain itu kadar gula darah juga akan meningkat, karena asupan gula yang masuk dalam tubuh juga tidak diubah menjadi energi. Jadi glukosa akan meningkat dalam darah dan dalam waktu lama dapat menyebabkan seseorang mengalami diabetes.

4. Suka Mengemil

Biasanya untuk mengisi waktu luang atau menunda lapar, kita menyiasatinya dengan mengemil makanan ringan. Padahal makanan ringan atau gorengan dapat memicu penyakit diabetes muncul, karena umumnya cemilan mengandung indeks glikemik yang tinggi. Artinya, dengan mengkonsumsi sedikit keripik kentang atau gorengan yang banyak mengandung tepung akan mempercepat tingginya kadar gula dalam darah.

5. Tidur Setelah Makan

Setelah makan dan perut terasa kenyang, biasanya kita akan merasa sangat mengantuk. Hal ini dikarenakan darah sedang terpusat pada organ pencernaan untuk proses metabolisme, sementara otak kekurangan oksigen sehingga muncullah rasa kantuk. Namun kantuk tersebut harus dilawan dengan melakukan aktivitas, agar tidak sampai tertidur. Jika terbiasa tidur setelah makan, maka proses metabolisme akan berjalan lambat dan kadar gula dalam darah akan meningkat sehingga memicu penyakit diabetes.

Penyakit diabetes memang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Karena itu penting sekali untuk memperhatikan pola hidup yang kita jalani demi menghindari penyakit berbahaya yang dapat merenggut nyawa. Setidaknya gaya hidup buruk di atas perlu dihindari dan rutinlah melakukan aktivitas fisik agar tubuh selalu sehat.