Agar Tidak Menyesal, Pertimbangkan 9 Hal Ini Sebelum Bikin Tato

190

Kasus bikin tato yang gagal cukup membuat down para pemilik tato karena yang tadinya begitu bersemangat bisa-bisa malah jadi tak percaya diri karena kesalahan yang terjadi. Karena prosedur tato gagal, seorang wanita beralis empat pun jadi heboh beberapa waktu terakhir. Jika ingin bikin tato, pastikan tidak menyesal kemudian dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

  1. Desain Tato

Desain tato yang hendak dibikin secara permanen, pastikan adalah sesuatu yang memiliki arti dalam secara personal, entah itu yang berkaitan dengan pengalaman yang berarti dan menginspirasi, atau suatu hal yang sifatnya pribadi. Gambar atau kutipan boleh jadi pilihan, namun yang tidak dianjurkan adalah nama pacar.

  1. Letak Tato

Jika hendak bikin tato, jangan sampai salah letak karena menghapusnya akan sangat sulit. Karena bikin tato pada area wajah masih cukup tabu dengan alasan konsekuensi sosial dan estetika, pastikan untuk menghindari letak ini jika tak begitu yakin. Pertimbangkan area tubuh mana yang hendak ditato dan pastikan bahwa sudah yakin betul sebelum desain tato tercetak permanen di sana.

  1. Ukuran Tato

Setelah tahu desain apa yang hendak dibikin, ukuran tato adalah hal selanjutnya yang perlu dipertimbangkan. Bila ini kali pertama, maka yang paling disarankan adalah tato berukuran kecil dulu daripada langsung yang besar. Ini juga menjadi kesempatan untuk melihat bagaimana kulit bereaksi setelah prosedur tato dilakukan.

  1. Tattoo Artist

Ketika hendak bikin tato, jangan lupa bahwa melakukan riset tentang tattoo artist atau seniman tato adalah hal wajib. Jika tak ingin hasilnya mengecewakan dan gagal, portfolio dari tattoo artist yang Anda ingin dia menangani Anda harus harus dicek dulu.

Biasanya, dari portfolio itu jugalah kita bisa tahu apakah tattoo artist tersebut adalah seorang ahli tersertifikasi dan terdaftar atau bukan. Jika memang benar-benar ahli tato yang terpercaya dan desain tato buatannya cocok dengan selera Anda, mulailah untuk buat perjanjian bertemu dan berkonsultasi secara detil lebih dulu.

  1. Studio Tato

Saat meriset tattoo artist, pastikan hal ini sepaket dengan riset terhadap studio tato. Tak semua studio tato itu terjamin sisi higienis, kesterilan dan kebersihannya. Jika tak ingin terjadi hal-hal yang tak diinginkan, seperti infeksi dan sebagainya karena ketidaksterilan peralatan bikin tato, maka pilihlah studio tato yang mengutamakan tingkat kebersihan dan keamanan yang tinggi.

  1. Kemampuan Diri Menahan Sakit

Jangan ketinggalan untuk mempertimbangkan seberapa besar kemampuan diri sendiri dalam menahan rasa sakit. Mungkin bikin tato adalah hal baru yang akan Anda coba, tapi pastikan bahwa tubuh bisa menerima dan mampu menahan rasa sakit. Ada area-area tubuh seperti pergelangan kaki dan tulang rusuk yang bisa dihindari untuk ditato jika memang Anda cukup sensitif.

  1. Kondisi Kesehatan

Anda mungkin sudah siap dengan desain tato, melakukan riset, dan bahkan sudah pasti tak takut sakit. Hanya saja, sebelum bikin tato pertimbangkan kondisi kesehatan Anda karena yang paling baik dan dianjurkan adalah ditato saat kondisi daya tahan tubuh sedang baik. Jika sudah telanjur membuat jadwal sesi tato dengan tattoo artist tapi kemudian jatuh sakit, jadwal sebaiknya diundur.

  1. Risiko Tato

Risiko infeksi, timbul kutil, dan hepatitis adalah yang paling umum terjadi saat bikin tato. Bahkan risiko alergi pun dapat terjadi ketika tanpa disadari tubuh memiliki reaksi terhadap pigmen tato. Jadi, ketahui apa saja yang bisa jadi risiko tato dan apakah Anda benar-benar berani untuk menghadapi risiko tersebut jika sampai terjadi.

  1. Biaya

Lakukan perhitungan dengan sebijak mungkin karena bikin tato jelas tidak murah. Melakukan riset bukan hanya sekadar aman tidaknya studio tato atau profesional tidaknya seorang seniman tato yang akan menangani Anda. Lakukan riset juga mengenai biaya bikin tato, banding-bandingkan, barulah memutuskan berapa biaya yang Anda rela keluarkan untuk memperoleh desain tato di tubuh Anda secara sempurna.

Segala pertimbangan ini perlu ada dan sebelum benar-benar ditato, seluruh konsekuensi harus juga sudah dipikirkan secara matang supaya ke depannya tidak ada penyesalan. Ini karena penghapusan tato yang gagal atau salah bisa sangat mahal dan Anda pasti tak mau kalau sampai harus menempuhnya bukan?