Taeyeon SNSD Akui Sedang Lawan Depresi, Ini 6 Cara Tolong Penderitanya

176

Pada Minggu (16/6/2019), Taeyeon SNSD sedang sesi menjawab pertanyaan-pertanyaan penggemarnya lewat Instagram story. Awalnya, beberapa pertanyaan yang diajukan para penggemar hanya ia jawab singkat dengan jawaban “tidak” yang menimbulkan sejumlah respon negatif karena Taeyeon dianggap tak sopan.

Namun selanjutnya, salah seorang penggemar mengirimnya sebuah pesan yang intinya mengatakan kalau tak apa jika Taeyeon tidak mengunggah apapun di Instagram. Para pengikut akun Instagram pelantun lagu 11:11 ini tentu tahu pasti bahwa sekitar seminggu terakhir ia tak mengunggah apapun dan bahkan foto profilnya kini berwarna hitam.

Sang penggemar tadi pun turut mengatakan kepada idolanya bahwa tak masalah walau cukup berkomunikasi dengan para penggemar seperti lewat story. Taeyeon pun menjawab bahwa dirinya dari beberapa waktu lalu sudah sakit dan ia memohon pengertian penggemarnya kenapa ia menahan diri untuk mengunggah sesuatu di Instagramnya. Ia mengucapkan terima kasih sekaligus juga meminta maaf.

Lanjut orang lain kemudian bertanya apakah ia sedang menderita bipolar ditambah dengan tulisan dengan nada meremehkan “tsk tsk.” Taeyeon menjawab tegas dan jujur bahwa ia menderita depresi dan ia berusaha keras melawannya melalui perawatan. Ia juga memperingatkan orang tersebut bahwa entah itu depresi atau bipolar, jangan menganggap dan memperlakukan orang secara tak hormat karena mereka adalah pasien yang sedang menderita.

Perlu diketahui bahwa depresi dan juga stres itu berbeda, apalagi jika dibandingkan dengan rasa sedih biasa. Depresi kerap ditandai dengan beberapa hal di bawah ini:

  • Kehilangan motivasi untuk melakukan apapun
  • Sering insomnia atau susah tidur
  • Nafsu makan bertambah atau berkurang drastis
  • Berat badan naik atau turun drastis
  • Menarik diri dari pergaulan
  • Menarik diri dari hal-hal yang semula diminati
  • Timbul pikiran tak punya masa depan
  • Timbul keinginan mengakhiri hidup dengan bunuh diri

Umumnya, depresi muncul ketika stres terjadi dan dialami dalam jangka panjang. Stres berat yang tidak mendapat dukungan dari orang-orang sekitar mampu menjadi lebih serius. Depresi juga dapat disebabkan oleh hormon serotonin yang tidak seimbang dalam tubuh.

Jika kita menyadari ada orang di sekitar apalagi masih kerabat atau teman yang mengalami depresi, jangan ragu untuk menawarkan bantuan. Beberapa langkah pertolongan yang dapat dilakukan kepada penderitanya adalah:

  • Memberi pujian pada penderita depresi setiap hari sangatlah membantu apalagi terhadap segala aktivitas yang dilakukannya; contohnya saja saat seseorang sedang merasa begitu malas dan enggan bangun dari tempat tidur.
  • Memberi perhatian kepada penderita depresi.
  • Menjadi teman bicara dan berbagi, khususnya saat dirinya ingin membagi masalahnya. Tunjukkan kepedulian kita dengan selalu memberinya dukungan. Saat ia sudah ingin buka diri dan buka hati dengan bercerita, maka dengarkan baik-baik.
  • Menjaga hubungan dengan penderita depresi itu penting bagi mereka. Usahakan mengajaknya bergabung dalam suatu kegiatan atau komunitas tertentu yang positif. Atau setidaknya, kontak atau kunjungi untuk menanyakan kabarnya atau sekadar menjadi teman mengobrol.
  • Membaca buku dengan tema depresi dapat membuka dan menambah wawasan kita tentang bagaimana menangani dan bagaimana cara pengobatan yang terbaik.
  • Membantu menemukan dokter atau tempat konseling yang tepat (ahli dalam bidang perawatan/pengobatan depresi). Jika si penderita tak menyadari dirinya tengah depresi, beri penjelasan pelan-pelan tentang kondisi mereka yang bisa jadi makin parah apabila tak ditangani dari awal.

Beruntung Taeyeon kemudian memperoleh banyak dukungan dari para penggemarnya. Sebagian penggemar pun  berbagi dengannya bagaimana mereka juga tengah dirawat karena depresi di mana Taeyeon pun menguatkan dengan memberi tahu mereka bahwa mereka akan baik-baik saja.

Satu penggemar juga turut mengatakan kepada Taeyeon bahwa ia merasa sedih karena tak mampu menghibur sang idola. Taeyeon justru memberi tahu sang penggemar bahwa pesan tersebut saja sudah cukup menolongnya dan memberinya rasa nyaman sekaligus semangat. Ia juga menambahkan bahwa ia senang berkomunikasi dengan penggemarnya karena banyak kekuatan yang bisa didapat.