Intip 8 Cara Perawatan Kulit Alami dengan Stroberi

129

Buah berry-berryan kaya akan vitamin C di mana kandungan yang ditawarkan ini siap menutrisi kulit, termasuk juga buah stroberi. Untuk merawat kulit agar senantiasa bersih, cantik, berkilau dan sehat, cara-cara penggunaan buah stroberi di bawah ini dapat dicoba sesuai dengan manfaat yang ingin didapatkan.

  1. Untuk Kulit Lembab dan Kenyal

Untuk kulit yang lembab sekaligus kenyal, kenapa tidak memakai stroberi saja? Campur saja puree stroberi sesendok makan berikut bubuk kakao sesendok makan, sekaligus madu organik sesendok makan juga. Oles ke wajah 10 menit saja dan gunakan air dingin untuk membilasnya; lakukan rutin jika ingin rasakan manfaat maksimalnya.

  1. Untuk Kulit Bibir Lebih Cerah

Ingin kulit bibir cerah alami? Sebenarnya penggunaan stroberi untuk perawatan satu ini juga tergolong mudah. Sebuah stroberi bisa disiapkan lebih dulu, belah jadi dua, lalu usapkan bagian dalam stroberi ke bibir secara perlahan. Jika sudah selesai, biarkan dulu sampai sari-sari stroberi yang menempel di bibir mengering sendiri.

  1. Untuk Kulit Wajah Lebih Cerah

Kalau sebelumnya membuat bibir lebih cerah alami, kini saatnya manfaatkan stroberi agar wajah cerah alami. Siapkan beberapa buah stroberi yang telah dicuci bersih, hancurkan dengan melumatkannya. Larutannya bisa langsung dioles ke seluruh wajah, bahkan juga bisa diterapkan pada tangan, leher maupun bagian tubuh lain; tunggu 15 menit sebelum membilas bersih.

  1. Untuk Kulit Terkena Paparan Polusi dan Sinar Matahari

Paparan polusi dan matahari berlebihan dapat membuat kulit terbakar, nampak kusam dan gelap. Untuk mencerahkan dan sekaligus mengobati sunburn, 2 sendok makan jus lemon dan puree stroberi dapat dicampurkan dengan rata. Terapkan ke bagian kulit yang ingin dirawat, tunggu 10 menitan, barulah dibilas dengan air biasa; untuk hasil paling baik, tentu perawatan setiap hari lebih dianjurkan.

  1. Untuk Kulit Berjerawat

Untuk masalah jerawat, coba campurkan puree dari beberapa stroberi bersama dengan madu sesendok makan. Hasil campurannya terapkan ke wajah dan leher secara merata, biarkan 20 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan semacam ini seminggu 3-4 kali teratur untuk hasil paling baik.

  1. Untuk Kulit Awet Muda

Jika masalah seperti penyebab penuaan dini dan gejalanya sudah mulai muncul, kerutan dan garis halus yang menurunkan rasa percaya diri, sediakan stroberi sekitar 4-6 buah yang ukurannya sedang, lumatkan. Campur bersama sesendok makan air hangat, gula pasir 2 sendok makan, susu bubuk/cair yang tawar 2 sendok makan, madu murni 2 sendok makan. Kalau sudah jadi, segera terapkan ke wajah yang sudah dibersihkan; selama mengoleskannya, beri pijatan kurang lebih 10 menit sebelum akhirnya memakai air dingin untuk membilas bersih.

  1. Untuk Kulit Bebas dari Minyak

Stroberi 3 buah saja berukuran sedang bisa kita siapkan, tak ketinggalan bahan lainnya sebagai kombinasi, seperti yogurt tawar 3 sendok makan, wortel 1 buah saja ukuran sedang; blender semuanya sampai lembut. Setelah dituang ke mangkok, terapkan ke wajah, tunggu 20 menit atau sampai kering barulah memakai air hangat untuk membilasnya.

  1. Untuk Mata Panda

Kulit pada bagian bawah mata menggelap alias hitam karena kurang istirahat dan kebanyakan begadang? Sebuah stroberi bisa dibelah jadi dua, untuk kemudian bagian dalamnya dioles-oleskan ke area bawah mata yang mengalami mata panda. Otot mata akan menjadi lebih rileks dengan sensasi dinginnya dan kulit juga menjadi jauh lebih cerah setelahnya.

Stroberi nyatanya tak hanya segar dinikmati langsung atau dibuat jus lho. Untuk perawatan kulit dalam bentuk masker pun juga sangat bermanfaat, jadi apakah ingin mencobanya sekarang?