Intip 4 Cara Ampuh Perawatan Kulit Alami dengan Teh Hijau

257

Kulit yang cantik dan sehat adalah dambaan hampir setiap wanita, itulah kenapa banyak wanita memilih perawatan yang mahal di luar. Namun untuk yang memiliki masalah tanda penuaan dini pada wajah, jerawat, hingga kulit kering parah, sebenarnya teh hijau saja cukup dijadikan sebagai bahan alami perawatan kulit kok.

  1. Teh Hijau dan Yogurt untuk Anti-Aging

Wajah mulai menampakkan tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus dan keriput? Ada kok anti-aging alami yang bisa diandalkan di rumah. Campuran antara teh hijau dengan yogurt sangat direkomendasikan dan pas untuk yang galau ingin selalu kelihatan awet muda.

  • Sediakan yogurt segar 2 sendok makan, tak lupa teh hijau sesendok makan.
  • Kedua bahan bisa dicampur secara rata, barulah terapkan menyeluruh pada area wajah.
  • Gunakan air hangat untuk membilas bersih masker ini setelah membiarkannya kurang lebih 20 menit agar kandungan nutrisi dari kedua bahan bisa terserap oleh kulit secara maksimal.
  1. Teh Hijau untuk Menghilangkan Jerawat

Hasil penelitian oleh University of Maryland Medical Center yang dikutip dari LiveStrong menyatakan kalau antioksidan pada teh hijau ampuh dalam melawan penyebab rusaknya sel-sel kulit, yakni radikal bebas. Perbaikan sel kulit pun sangat efektif ketika menggunakan teh hijau yang memiliki senyawa katekin tinggi lho.

  • Sebagai masker wajah, isi kantong teh hijau perlu dikeluarkan lebih dulu, taruh dalam sebuah mangkok untuk menumbuknya menjadi bentuk bubuk. Tambahkan bubuk kunyit sedikit dan perasan jeruk lemon ½ sendok teh, campur merata (boleh juga ditambah air supaya terbentuk pasta kental). Pasta siap dioles ke seluruh wajah, basuh wajah dengan air dingin setelah kurang lebih 10 menit membiarkannya.
  • Sebagai air cuci muka, kantong teh hijau sebuah saja bisa diseduh lebih dulu di dalam air panas 15 menit lamanya. Selama waktu tersebut, air akan menghangat, barulah air bisa digunakan untuk mencuci wajah. Pastikan saat membasuh wajah, beri juga pijatan lembut, lalu biarkan dulu 5 menit; proses ini perlu pengulangan setiap hari supaya jerawat memudar lebih cepat.
  • Meminum teh hijau secara rutin juga bagus kok untuk menghilangkan jerawat dari dalam; ini salah satu khasiat minum teh hijau sebelum tidur. Setiap harinya, cukup minum 2-3 cangkir teh hijau yang akan menawarkan polifenol (masih tergolong senyawa antioksidan) sebanyak 240-320 mg. Radang jerawat bakal menurun dengan kadar polifenol yang tinggi tersebut; jika suka, tambah madu saja saat meminumnya.
  1. Teh Hijau, Madu dan Kulit Jeruk untuk Kulit Kering

Kulit kering cenderung ditandai dengan kulit mengelupas di mana ini semua merupakan sel-sel kulit mati. Agar sel kulit mati tak sekadar terangkat bersih tapi juga terjadi pembaruan sel, perawatan teh hijau kombinasi madu dan kulit jeruk bisa kita andalkan.

  • Ambil teh hijau 1 sendok makan, madu ½ sendok teh, dan beberapa kulit jeruk.
  • Kulit jeruk perlu diblender lebih dulu hingga menjadi bentuk bubuk, barulah ambil sesendok makan bubuk kulit jeruk ini dan campurkan dengan kedua bahan lainnya tadi di sebuah wadah.
  • Campur rata semua bahan, barulah ambil dan terapkan ke wajah atau bagian kulit yang kering sebagai masker.
  • Pakailah air dingin untuk membasuh bersih setelah 10 menit membiarkannya.
  1. Teh Hijau dan Madu untuk Kulit Berminyak, Sensitif dan Terbakar

Bagi pemilik kulit sensitif, apalagi dengan masalah kulit berminyak berlebihan belum lagi kulit yang terkena bahaya sinar matahari di siang hari, teh hijau yang dikombinasi bersama madu bisa menjadi solusi aman.

  • Sekantung teh hijau bisa disiapkan lebih dulu dan isinya dapat dikeluarkan dan masukkan ke sebuah wadah berupa mangkok.
  • Ambil madu sedikit untuk dicampurkan bersama teh hijau yang ada di mangkok tadi, aduk sampai rata.
  • Terapkan ke wajah, tunggu 15 menit sebelum pakai air hangat untuk membilas bersihnya nanti.

Tak sulit bukan untuk memiliki wajah cerah bebas kerut, bebas jerawat, mulus, lembab dan lembut? Bahan kombinasi teh hijau pun tak sulit dijumpai, maka selamat mencoba beberapa rekomendasi perawatan tersebut, semoga berhasil dan bermanfaat.