Ingin Rambut yang Diwarnai Tetap Bagus dan Sehat? Ini 8 Tipsnya

54

Apakah Anda salah satu orang yang gemar mewarnai rambut supaya tampil lebih kece dan cantik? Meski tampak bagus, seringkali masalah utama yang dihadapi ketika memiliki rambut yang diwarnai adalah warna rambut memudar atau justru rambut malah jadi rusak. Berikut ini kiat-kiat mudah jika ingin warna rambut tetap sehat serta bagus.

  1. Pilih Sampo yang Tepat untuk Keramas

Sampo berbahan keras sebaiknya dihindari untuk keramas karena sampo ini hanya akan membuat warna rambut jadi lebih cepat memudar. Tak hanya lebih cepat luntur, rambut berwarna yang dicuci menggunakan sampo berbahan keras akan menimbulkan efek kusam juga lho. Jadi, pilihlah produk sampo khusus untuk rambut yang diwarnai saja supaya warna rambut bisa lebih awet.

  1. Setelah Dikeramasi, Keringkan dengan Benar

Setelah mengeramasi, tentu saja mengeringkan rambut secara sempurna adalah langkah berikutnya yang perlu dilakukan. Jika hendak memakai pengering rambut alias hair dryer, pastikan bahwa semprotan pelindung panas sudah diterapkan pada rambut lebih dulu supaya warna rambut tak cepat hilang.

  1. Menggunakan Air Dingin saat Mencuci Rambut

Saat mencuci rambut atau keramas, pastikan untuk menggunakan air dingin saja ya. Agar rambut yang sudah diwarnai tetap bagus, sehat dan bercahaya, jagala kutikula rambut dengan menggunakan air dingin saat membasuh rambut. Sementara penggunaan air hangat atau terlalu panas malah bisa menurunkan tingkat kelembaban rambut yang alami sehingga rambut gampang kering.

  1. Merawat dengan Madu

Madu murni bisa juga digunakan sebagai perawatan rambut berwarna lho, namun ketahui dulu ciri-ciri madu asli agar lebih berkhasiat. Untuk mencegah rambut rontok dan kering akibat diwarnai, segera atasi memakai madu 2-3 tetes saja yang dicampur dengan sampo maupun kondisioner. Terapkan ke rambut secara merata, tunggu dan setelahnya bisa Anda bilas bersih menggunakan air biasa.

  1. Merawat dengan Pisang

Selain dengan madu, buah pisang yang kaya nutrisi juga dapat digunakan untuk menjaga rambut yang diwarnai supaya tetap cantik sekaligus sehat. Sebuah pisang yang Anda haluskan bisa kemudian campur dengan yogurt, lalu terapkan pada rambut secara menyeluruh. Usai 20 menit, keramasilah dan perawatan ini akan bermanfaat jika dilakukan seminggu 2 kali secara teratur.

  1. Merawat dengan Minyak Zaitun

Nutrisi dalam minyak zaitun pun tak kalah bermanfaat kok buat rambut yang diwarnai. Sediakan saja minyak zaitun 1-2 sendok teh dan usap-usapkan pada kulit kepala sekaligus rambut dan pijat pula kulit kepala agar meresap. Tunggu setengah jam sebelum mengeramasinya; dijamin rambut berwarna Anda makin lembut dan bercahaya.

  1. Memakai Serum

Untuk rambut berwarna tetap aman dan terlindung dengan baik, rawatlah dengan menggunakan serum khusus. Produk serum yang dipakai sebaiknya adalah serum khusus untuk rambut yang dicat supaya sesuai dan rambut juga dapat menerima manfaatnya.

  1. Batasi Memakai Alat Penata Rambut Kalau Tak Diperlukan

Catok rambut sekaligus hair dryer adalah contoh alat penata rambut yang sebaiknya penggunaannya Anda batasi. Kalau memang sedang tak terlalu dibutuhkan, tak perlu memakainya karena proses penataan rambut yang terlalu sering akan jauh lebih cepat merusak rambut yang diwarnai. Paparan panas dari alat-alat itulah yang menjadi masalah utama, jadi upayakan untuk meminimalkannya ya.

Tak begitu sulit bukan untuk menjaga rambut yang sudah diwarnai agar tetap sehat dan bagus terhindar dari segala faktor rambut menjadi rusak? Kiranya tips-tips tersebut dapat bermanfaat dan rambut pun senantiasa terlihat cantik.