Bocah 11 Tahun Ini Kehilangan Nyawa Gara-gara Pasta Gigi, Kok Bisa?

304

Denise Saldate yang usianya masih 11 tahun diketahui meninggal dunia karena mengalami reaksi anafilaksis yang terlalu cepat terhadap protein susu dari pasta gigi yang baru diresepkan oleh seorang dokter gigi. Pada awal April lalu, Monique sang ibu membawa Denise ke dokter gigi karena pada gigi bocah ini terdapat noda.

Sebagai solusi dalam memperkuat enamel gigi Denise, diberikanlah pasta gigi obat yang diresepkan oleh pihak medis. Sang ibu pun mengatakan bahwa mereka (pihak keluarga) sampai harus bekerja sama dengan ahli alergi karena Denise sudah terdiagnosa alergi susu dari usianya masih 1 tahun.

Monique pun sudah sangat berhati-hati karena ia selalu dengan teliti melihat dan membaca label makanan demi menghindari alergen Denise. Ia pun sempat mengajarkan anaknya sendiri berikut saudara-saudara Denise untuk melakukan hal yang sama demi keamanan kesehatan Denise.

Sayangnya, pada 4 April lalu malam harinya Denise tiba-tiba menghampiri ibunya sambil menangis dan Monique pun mengatakan bahwa saat itu bibir sang buah hati sudah membiru dan Denise juga mengeluh sulit bernapas. Bukankah seharusnya pasta gigi yang merupakan resep dokter tak berbahaya bagi kesehatan Denise yang memiliki alergi?

Kabar buruknya, nyawa sang anak tak dapat diselamatkan ketika dilarikan ke rumah sakit dan selidik punya selidik, pasta gigi yang digunakan oleh Denise memiliki kandungan recaldent. Recaldent sendiri adalah komponen yang diketahui merupakan bahan yang asalnya dari protein susu di mana hal ini tanpa sepengetahuan sang ibu.

Dilansir dari Allergic Living, Monique memberi pesan bagi para orang tua yang anaknya menderita penyakit alergi seperti Denise dan menekankan beberapa hal, seperti:

  • Bacalah sedetil-detilnya label pasta gigi, makanan, minuman dan apapun yang sekiranya masuk ke dalam tubuh anak.
  • Jangan terlalu nyaman apalagi lengah meski sudah berhasil mengelola semuanya dengan baik selama ini, dan tetaplah waspada dalam menjaga kondisi anak.
  • Jangan takut untuk bertanya kepada ahlinya apakah bahan-bahan di dalam makanan, pasta gigi atau apapun itu benar-benar aman bagi sang anak; jangan berasumsi sendiri bahwa bahan-bahan tersebut aman, melainkan pastikanlah.

Keluarga, khususnya ibu Denise pun sangat terpukul dengan meninggalnya sang anak dan bahkan sempat menyalahkan dirinya sendiri yang kurang begitu teliti dan waspada serta terlalu nyaman karena merasa sudah bisa meng-handle kondisi Denise. Monique berpesan kepada para orang tua di luar sana supaya tetap memerhatikan apapun yang anak derita serta apapun faktor yang kiranya meningkatkan risiko kekambuhan pada si kecil.