Sponsors Link

25 Obat Batuk Berdahak Alami

Sponsors Link

Obat batuk berdahak alami merupakan ramuan yang dapat dibuat sendiri dirumah dengan memanfaatkan bahan alami yang tidak memiliki efek samping. Obat batuk berdahak alami terbukti memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki obat yang terbuat dari bahan kimia yaitu batuk berdahak lebih mudah dan cepat disembuhkan.

ads

Penyebab batuk berdahak

Perlu diketahui bahwa batuk berdahak pada setaip individu dikarenakan sebab yang berbeda beda namun bisa disembuhkan dengan ramuan alami yang sama.

  • Merokok
    Salah satu kebiasaan dan gaya hidup yang tidak sehat adalah merokok. Seseorang yang merokok secara berlebihan atau merokok selama bertahun tahun dapat menyebabkan tenggorokan iritasi, Terjadi penumpukan nikotin, tar atau timbal yang dihasilkan dari masuknya asap dalam saluran kerongkongan.Pemumpukan racun tersebut dapat berubah menjadi dahak yang berlendir dan gatal. Kondisi tersebut berpotensi seseorang terserang batuk berdahak. (Baca juga: Bahaya merokok)
  • Makanan berlemak
    Gaya hidup mengkonsumsi makanan siap saji sudah bukan berita baru, Masyarakat lebih suka dengan jenis makanan yang mudah dipesan dan langsung dimakan. Namun didalam makanan tersebut memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi yang dapat mengiritasi saluran tenggorokan dan mengganggu pernafasan. Lemak jenuh dapat menyebabkan munculnya dahak kental akibat penumpukan lemak bercampur sisa limbah makanan lain yang melekat di dinding saluran tenggorokan dan berpotensi menyebabkan batuk batuk.
  • Polusi udara/Radikal bebas
    Radikal bebas termasuk debu, Udara yang terkontiminasi berbagai macam asap dan sebagainya juka masuk dalam rongga hidung dan mulut dapat mengakibatkan batuk batuk. Radikal bebas cenderung membawa partikel kecil bakteri yang terbawa angin dan udara. (Baca juga : bahaya polusi udara)
  • Gula buatan
    Tak dapat dipungkiri bahwa minuamn yang banyak dijual dipasaran disukai seluruh lapisan masyarakat. Nmun perlu diketahui jika minuman yang menyegarkan dan manis tersebut memiliki kandungan pemanis buatan yang tinggi yang dapat menyebabkan meningkatkan kadar gula dalam darah serta mengiritasi dinding tenggorokan yang dapat menyebabkan suara serak, Kerongkongan mudah terasa kering, Timbul gatal gatal lalu munculah dahak yang membuat seseorang terserang penyakit batuk.
  • Penggunaan obat obatan
    Zat kimia pada obat selain bisa melukai dinding lambung dan mengganggu kinerja ginjal dan hati ternyata bisa mencederai rongga saluran pernafasan menuju tenggorokan. Jika mengkonsumsi obat obatan dalam jangka panjang maka akan ada sisa dari zat kimia yang melekat dan mengendap pada saluran tenggorokan yang dapat menjadi awal terbentuknya dahak berlendir dan sulit dikeluarkan. Dahak tersebut menyebabkan seseorang jadi menderita penyakit batuk berdahak yang berkepanjangan.
  • Akibat mikroorganisme dan Jamur
    Segala jenis mikroorganisme termasuk pertumbuhan jamur dapat menyerang saluran tenggorokan dan menyebabkan munculnya gatal gatal dan lendir dahak pemicu penyakit batuk. Jamur dapat berdiam dan berkembang biak pada tenggorokan karena migrasi mikroorganisme dari air atau makan yang telah terkontiminasi jamur dan masuk kerongga mulut lalu tenggorokan atau juga bisa disebabkan karena seseorang yang tidak menggosok gigi setiap malam menjelang tidur.
  • Terkena gastroesophageal Reflux
    Gastroesophageal reflux merupakan reaksi akibat asam lambung yag berlebih yang masuk keatas menuju kerongkongan dan meenyebabkan efek panas seperti terbakar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan asam lambung menjadi dahak dan melekat pada dinding saluran kerongkongan. Asam almbung akan mengakumulasi makanan apapun yang lewat ketenggorokan dan mempermudah perkembangbiakan kuman, Bakteri bahkan virus yang mengalami penguraian yang nantinya menyebabkan batuk berdahak.
  • Reaksi Alergi
    Pada sebagian orang akan menderita munculnya reaksi alergi tenggorokan yang disebabkan oleh penyebaran serbuk sari dari tumbuhan dan amsuk dalam rongga mulut atau hidung yang menyebabkan penuruan kekebalanm tubuh yang akhirnya mempermudah masuknya serangan flu dan gejala serak. Jika tidak segera diantisipasi dengan penggunaan obat batuk berdahak alami maka seseorang akan terserang penyakit batuk berdahak yang gatal. Penurunan imunitas tubuh dapat juga dipicu karena kelelahan yang luar biasa yang diiringi kurangnya asupan air putih.
  • Karena penyakit kambuhan
    Seseorang yang memiliki penyakit yang sering datang dan pergi misalnya asma, Bronkitis akut atau pernyakit paru obstruktif kronis maka bisa dipastikan akan menderita batuk berdahak yang juga timbul tenggelam.
  • 10. Kurang tidur dalam jangka panjang
    Terlalu sering tidur larut malam atau telah menjadi kebiasaan sehari hari maka akan membuat kerongkongan terserang dehidrasi. Kurag tidur menyebabkan tubuh kekurangan sel darh merah dan cairan tubuh yang menjadi biang keladi berkurangnya daya tahan tubuh penyebab batuk berdahak mudah muncul.
Sponsors Link

Pengobatan batuk berdahak alami

Meramu bahan bahan tradisional yang ada disekitar kita menjadi obat batuk berdahak alami terbukti lebioh aman aman dan tidak akan menimbulkan dampak buruk dimasa depan, Hal ini dikarenakan didalam peracikannya tidak membutuhkan sedikitpun zat kimia.

1. Daun belimbing sayur
Daun belimbiung sayur yang direbus dengan ukuran air 3 gelas lalu masukan Kencur lalu ditambahkan Temugiring, daun inggu dan air jeruk nipis , Tunggulah hingga mendidih dan menyisakan air satu gelas saja dapat menjadi obat batuk berdahak alami yang ampuh dalam mengurangi frekuensi cairan dahak, Agar dahak mudah dikeluarkan ketika seseorang sedang batuk.

2. Daun pare
Daun pare dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak alami yang aman dan manjur menyembuhkan batuk berdahak pada orang dewasa dengan cara menumbuknya sampai halus sambil ditambahkan air secukupnya Kemudian peras airnya. Ramuan herbal ini dapat dikonsumsi dua kali sehari .

3. Daun kayu putih
Ambillah daun kayu putih 10 gr lalu cici kemudian rebuslah dengan ukuran airv 2 gelas , Tunggulah sampai air mendidih dan menyisakan air menjadi setengah gelas saja. Minumlah ramuan sederhan ini 2 kali sehari. Daun kayuputih termasuk obat batuk berdahak alami yang cepat mengencerkan dahak dan meredakan gatl gatal disaluran tenggorokan.

4. Lobak putih dan madu
Membuat ramuan obat batuk berdahak alami dapat pula menggunakan jenis sayuran lobak putih yang bisa diblender dan dan saring sarinya kemudian tambahkan madu murni sesuai keinginan lalu minumlah 3 kali sehari sampai batuk berdahak sembuh.

5. Daun sembung
Ambilah segenggam daum sembung lalu cuci sampai bersih kemudaian rebuslah ukuran airv 2 gelas dan tubnggu sampai masak dan menyisakan air hanya satu gelas saja. Rebusan daun sembung merupakan obat batuk berdahak alami yang sangta amouh dan cepat dalam mengatasi iritasi dan gatal gatal tenggorokan akibat dahak yang mengental.Minumlah selagi air rebusan masih hangat agar khasiatnya dapat dirasakan secara maksimal.

6. Cabe jawa dan madu
Haluskan 3 buah cabe jawa lalu seduh dengan air panas satu gelas ukuran kecil dan saringlah kemudian tambahkan madu secukupnya. Minumlah ramuan unik ini dua kali sehari agar dahak menjadi encer dan mudah dikeluarkan.

7. Biji kapulaga 
Biji kapulaga adalah biji tumbuhan herbal yang sudah lama dikenal sebagai obat batuk berdahak alami karena kapulaga memiliki kemampuan menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan tenggorokan termasuk batuk. Seduhlah biji kapulaga dengan air mendidih dengan ukuran satu gelas kecil lalu minumlah selagi air masih hangat sebanyak 3 kali sehari sampai gatal dan sakit pada tenggorokan akibat batuk bnerdahak sembuh. Jika rajin memgkonsumsi ramuan biji kapulaga ini maka frekuensi batuk dapat mudah diredakan.

8.Akar kalak kambing
Ambilah akar kalak kambing lalu rebuslah bersama irisan Bawang merah dan parutan jahe dalam ukuran air satu panci kecil. Setelah mendidih maka angkatlah panci kemudian tunggulah air sampai benar benar dingin. Saringlah airnya kemudian minumlah tiga kali sehari pagi sore dan malam menjelang tidur. Obat batuk berdahak alami ini dapat menyembuhakn rasa sakit pada tenggorokan, Meredakan gatal diarea tenggorokan serta mengencerkan dahak lebih cepat agar dikeesokan harinya dahak dapat dikeluarkan melalui batuk.

9. Kuning telur

Kuning telur dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk berdahak alami yaitu kuning telur ditambahkan air Jeruk nipis dan madu hutan lalu aduklah sampai merata dan siap diminum. Minumlah 2 kali sehari untuk memnperbaiki peradangan pada saluran tenggorokan akibat dahak yang sulit dikeluarkan.

10.Daun mint
Daun mint bisa direbus, Dinginkan lalu saring airnya untuk kemudian diminum dua kali sehari. Daun mint layak dijadikan obat batuk berdahak alami karena sangat efektif menyembuhkan gangguan tenggorokan berupa infeksi saluran pernafasan, meredakan inflamasi, Menghilangkan bronkitis dan meredakan rasa gatal dimana semua keluhan itu terkadang menyertai batuk berdahak.

ads

11.Wortel
Selain bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mata ternyata wortel dapat menyembuhkan gangguan tenggorokan termasuk batuk berdahak pada anak anak. Blenderlah buah wortel dan jadikan sebagai jus bagi anak anak yang sedang menderita batuk berdahak. Betakaroten pada wortel yang diubah menjadi vitamin A tinggi mampu membantu meredakan gatal gatal akibat batuk berdahak dan mampu mempermudah dahak untuk dikeluarkan.

12.Kacang Almond dan mentega
Perpaduan antara kacang almond dan mentega ternyata bisa menjadi obat batuk berdahak alami yang istimewa bagi anak anak dan dewasa karena mampu mengurangi frekuensi dahak karena mudah dikeluarkan. Ambilah 10 butir kacang almond dan rendamlah hingga 12 jam penuh. Kemudian setelah itu haluskan bersama mentega dengan cara ditumbuk dan jadikan pasta. Mengkonsumsi pasta kacang almod dan mentega dapat dijadikan alternatif baru untuk menyembuhkan batu berdahak.

13.Anggur
Anggur memiliki sifat ekspektoran yaitu mampu mengencerkan lendir yang mengendap pada saluran tenggorokan dengan cepat. Anggur memiiki zat antioksidan tinggi untuk menpoercepat penyembuhan luka pada tenggorokan akibat batuk berdahak.

14.Jeruk nipis dan kecap
Jeruk nipis dan kecap adalah ramuan obat batuk berdahak alami yang turun temurun dipercaya dan paling cepat dalam mengobati penyakit batuk, Termasuk batuk berdahak. Cmpurlah kecap demgan air jeruk nipis pada sendok makan yang steril. Aduklah perlahan dengan jari yang bersih kemudian minumlah. Ramuan lezat ini dapat diminum 3 kali sehari agar batuk segera hilang.

15.Kunyit dan madu
Parutlah kumyit kemudian peras sarinya dan tambahkan madu sesuai selera lalu minumlah dua kali sehari. Tahukah anda bahwa kunyit dapat mengobati peradangan dan memblokir aktivitas bakteri yang biasanya ada didalam dahak. Kunyit dan madu memiliki sifat menyembuhkan peradangan atau rasa nyeri disekitar batang tenggorokan akibat batuk. Kunyit dan madu sama sama mempunyai zat anti inflamasi dan antioksidan kuat.

16.Lada hitam atau putih dan madu
Pilihlah lada hitam atau putih dalam bentuk bubuk. Masukan dan seduhlah dengan air panas. Pakialah gelas yang berukuran sedang dan aduklah sampai merata kemudian saring airnya. Setelah itu anda boleh menambahkan madu murni sesuai dengan selera. Lada hitam atau putih yang digabungkan dengan madu adalah obat batuk berdahak alami yang mampu mengencerkan dahak yang mengental serta relatif cepat dalam penyembuhan iriatasi dikerongkongan akibat batuk batuk.

17.Daun asam jawa dan daun saga manis
Rebuslah daun asam jawa bersama daun saga manis. Setelah mendidih maka angkatlah panci dan tunggulah airnya hingga dingin. Setelah itu saringlah airnya dan minumlah 3 kali sehari agar batuk berdahak dapat cepat diredakan dan sembuh. Ramuan obat batuk berdahak almi ini bisa dikonsumsi anak, Remaja ,Dewasa Dan lansia.

18. Hirup uap dan kumur air garam

Hiruplah berulangkali uap dari air panas yang sebelumnya telah ditaruh pada baskom. Lakukan kurang lebih 10 menit lalu berkumurlah dengan air garam. Tindakan ini terlihat terlalu sepele namun obat batuk berdahak alami ini khasiatnya luar biasa yaitu dapat mengobati penyakit batuk kering dan berdahak. Uap panas yang dihirup dan efek garam pada rongga mulut mampu mengendalikan dahak yang mengumpul pada saluran pernafasan sehingga mudah dikeluarkan.

19.Bunga mawar 
Ambilah 10 gr bunga mawar warna apa saja dan buatlah menjadi seperti bubur tim lalu campurkan gula batu yang sebelumnya telah dihaluskan kemudian masukkan madu sedikit. Minumlah obat batuk berdahak alami ini dua kali sehari agar penyakit batuk berdahak cepat bisa disembuhkan.

20.Jahe dan kencur
Parutlah jahe dann kencur lalu seduhlah parutan dengan air panas dan aduklah. Kemudian tambahkan madu dan air jeruk nipis agar citarasa dan manfaatnya lebih maksimal. Obat batuk berdahak alami yang sangat lezat ini dapat mengobati sakit atau radang pada area tenggorokan dan mengendalikan dahak agar tidak mengental lagi dan siap dikeluarkan dengan cepat.

21.Teh jahe
Irislah jahe menjadi beberapa potongan lalu masukan pada panci kecil yang berisi teh tubruk dan bukan teh celup. Rebuslah dengan menggunakan takaran air 3 gelas lalu tunggulah sampai airnya tersisa untuk satu gelas saja. Sebelum diminum tambahkan madu secukupnya . Teh jahe ini mampu menyembuhkan batuk berdahak secara berathap tanpa ada rasa sakit lagi pada tenggorokan.

22.Belimbing sayur (wuluh)
Ambillah beberapa belimbing sayurv atau wuluh lalu haluskan dan peras airnya . Air belimbing sayur ini kemudian ditambahkan dengan adas dan gula aren yang sebelumnya telah dihaluskan. Aduklah sampai merata lalu saringlah sarinya. Minumlah obat batuk berdahak alami ini 2 sampai 3 kali sehari agar dahak mudah diencerkan dan di keluarkan sesaat setelah batuk.

23. Daun Sirih hijau

Rebuslah daun sirih hijau dengan ukuran air dua gelas dan rebuslah hingga menyisakan air setengah gelas. Saring airnya untuk kemudian diminum selagia airnya masih hangat. Zat anti bakteri dan anti inflamasinya yang sangat kuat dapat mencegah dahak menjadi kental dan menyembuhkan rasa sakit pada tenggorokan akibat sering batuk. Daun sirih bukan hanya dikenal sebagai rajanya obat keputihan saja untuk wanita namun bisa dibuat menjadi obat batuk berdahak alami yang sangat ampuh dalam mengobati penyakit batuk.

24.Jeruk nipis, Garam dan madu
Peraslah air jeruk nipis lalu tambahkan sedikit air matang kemudian masukan garam sedikit dan madu secukupnya. Aduklah hingga merata untuk kemudian siap anda minum. Minumlah 3 kali sehari agar batuk berdahak cepat dapat disembuhkan.

25.Daun kemangi
Daun kemangi merupakan obat batuk berdahak alami yang dapat dijadikan pengobatan tradisional bagi anak anak dan dewasa. Sebelumnya Daun kemangi dicuci terlebih dahulu kemudian direbus dengan ukuran air 3 gelas. Rebuslah sampai matang dan menyisakan air hanya satu gelas saja. Setelah itu minumlah selagi hangat . Daun kemangi dapat meredakan rasa gatal, Sakit saat menelan, Mencegah demam akibat batuk dan membersihkan dinding tenggorokan serta Memperbaiki suara yang serak menjadi jernih kembali karena daun kemangi bisa melindungi tenggorokan dari serangan bakteri yang ada didalam dahak dan mempercepat dahak untuk dikeluarkan.
(Baca juga : Efek samping daun kemangi)

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 31st, October 2016 / 04:59 Oleh :
Kategori : Batuk