Sponsors Link

8 Ciri Ciri Alergi Yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Ciri ciri alergi merupakan indikasi bahwa tubuh telah merespon munculnya reaksi kimia yang diakibatkan serangan dari internal dan eksternal tubuh. Alergi kulit dapat menyerang segala usia, Pria dan wanita dengan cara dan sebab yang berbeda beda tetapi memiliki efek buruk yang sama terhadap kenyamanan tubuh.

ads

Penyebab
Alergi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, Diantaranya:

1.Faktor genetik (keturunan)
Jika salah satu atau kedua dari orangtua mempunyai riwayat alergi entah itu dari makanan, Udara dan sebagainya maka akan dirturunkan pada keturunannya. Alergi jenis ini tidak bisa hilang untuk selamanya namun dapat dicegah dengan menghindari apapun yang dapat menyebabkan tubuh mengalami reaksi alergi.

2. Karena lingkungan
Banyak orang yang mengalami bentol bentol dan gatal yang tak kunjung hilang setelah digaruk hanya karena permukaan kulit terhinggapi serbuk sari dari bunga tertentu, Karena debu jalanan atau dari bulu bulu hewan yang rontok lalu berterbangan terbawa angin. Alergi jenis ini dapat mengganggu aktifiatas sehari harim ketika terjadi pada saat pekerjaan sedang berlangsung diluar kantor.

3. Makanan dan minuman
Makanan yang mengandung protein tinggi dan kandungan logam yang cukup tinggi dapat menyebabkan alergi berupa ruam ruam kemerahan yang gatal atau biduran diseluruh tubuh, misalnya bahaya makanan laut terdiri dari tiram, Kepiting, Udang, Kerang, ikan laut, kacang kedelai ,Susu dan sebagainya. Sedangkan minuman yang mengandung alkohol dapat pula menyebabkan kulit terserang biduran yang sangat gatal.

4. Akibat udara dingin
Cuaca terlalu dingin dapat menyebabkan kulit terserang biduran atau bentpl bentol yang tidak gatal namun cukup mampu mengganggu penampilan menjadi buruk . Selain itu tubuh akan mengalami dehidrasi dan kulit kering. Pad udara dingin sebaiknya seringlah minum air putih hangat agar tubuh tetap fit. Selain cuaca dapat pula disebabkan karena temperatur udara kamar yang terlalu sejuk akibat pemakaian AC yang berlebihan.

5. Serangan radikal bebas
Asap rokok, Asap pembakaran sampah, Asap kebakaran, Debu atau apapun yang telah terkontiminasi dengan partikel beracun dan bakteri mudah mengiritasi kulit dan memicu munculnya reaksi alergi berupa gatal gatal, Efek panas pada kulit dan munculnya pembengkakan.

6. Reaksi zat kimia
Pada sebagian orang ada yang tidak tahan dengan parfum atau apapun yang mengandung pewangi karena akan menimbulkan alergi berupa bersin bersin, Hidung berair lalu terserang pilek. Sedangkan yang terbuat dari bahan kimia lainnya misalnya bedak, Kosmetik, Handbodi lotion, Pasta gigi, Sabun, dan sebagaianya termasuk penggunaan obat obatan tertentu dapat menyebabkan munculnya ciri ciri alergi kulit berupa bentol kecil kecil atau besar yang jika digaruk akan bertambah gatal yang memicu iritasi kulit yang terbuka. Cara penanganan alergi obat lebih disarankan agar endapan zat kimia obat yang telah ada dalam tubuh dapat segera dikeluarkan dengan pengobatan yang bukan mengandung zat kimia juga.

ads

7. Karena kondisi psikologis
Seseorang yang terus menerus terserang rasa gelisah, Ketakutan, Kecemasan atau stres berlebihan maka dapat menyebabkan hormon tubuh menjadi terganggu dan memicu munculnya tubuh terserang ciri ciri alergi biasa atau yang lebih berat lagi berupa alergi eksim . Alergi eksim akan muncul ketika tubuh mengalami stres berat yang akhirnya menyebabkan tubuh mengalami peningkatan jumlah imunoglobulin E dabn protein . Kedua zat tersebut adalah penyebabab alergi datang dengan tiba tiba.

8. Digigit atau disengat hewan
Gigitan atau sengatan bintang seperti lebah, Tawon, Nyamuk, Semut dan lain lain dapat menyebabkan bentol bentol yang gatal sekaligus nyeri karena hewan hewan tersebut telah mengeluarkan racunya pada saat menggigit atau menyengat. Kondisi ini selain bentol dan gatal dapat menyebabkan peradangan pada kulit bagian dalam dan meninggalkan jejak berupa rasa nyeri dan tubuh mudah lelah.

Ciri ciri alergi
Ciri alergi yang mudah dikenali

1. Kulit ruam ruam kemerahan
Ruam ruam kemerahan pada permukaan kulit bisa berbentuk saling terpisah ada pula yang bergerombol seperti bentuk pulau pulau. Ruam tersebut biasanya gejala awal sebelum munculnya rasa gatal dan bentol bentol.

2. Bentol kecil atau besar
Bentol kecil kecil atau besar bisa menyerang pada seluruh bagiabn kulit termasuk wajah. Bentuk bentol bentol tersebut dapat merusak penampilan anda terlebih setelah mengalami iritasi akibat sering digaruk.

3. Gatal gatal yang disertai efek panas
Jika kulit telah terserang ruam ruam dan bentol pasti akan ada rasa gatl yang akan datng setelahnya. Rasa gatal tersebut akan semakin terasa gatal jika digaruk dan bahkan menimbulkan iritasi dengan efek panas yang mengganggu aktifitas.

4. Timbul pembengkakan dan syndrom raynauds
Jika gatal gatal telah menyebar kesekuruh bagian kulit biasanya akan timbul pembengkakan yang diiringi dengan syndrome raynauds yaitu alergi yang menyerang bagian kaki dan tangan secara bersamaaan karena penyebab atau reaksi alergi telah kontak langsung dengan pembuluh darah.

5. Gangguan saluran pernafasan
Gangguan saluran pernafasan dapat berupa sesak nafas. Dada terasa nyeri dan nafas relatif pendek. Kondisi ini biasanya dikarenakan adanya zat beracun yang telah masuk dalam jaringan pernafasan atau paru paru misalnya asap rokok, Polusi asap pembakaran sampah atau Kebakaran hutan.

6. Bersin dan hidung berair
Banyak orang yang akan langsung bersin bersin lalu rongga hidungnya akan memproduksi cairan sepertiu sedang terserang pilek, Reaksi tersebut karena rongga hidung menolak adanya bau bauan yang menyengat yang masuk kejaringan tengah hidung sehingga bulu hidung akan spontan menahannya dan timbul rasa geli. Rasa geli itulah yang akan direspon oleh otak sebagai reaksi penolakan yang akhirnya menyebabkan seseorang bersin berkali kali saampai hidungnya berair.

7. Mata berair dan gatal
Dedu atau berabagai macam polusi udara yang terbentuk dari kepulan asap berbahaya dapat menyebabkan iritasi pada mata yang menyebabkan alergi gatal gatal. Mata dapat menolak reaksi serangan dari kotoran yang diakibatkan dari angin dan temperatur udara dengan mengeluarkan rasa pedih , Gatal gatal dan berair yang tujuannya agar debu atau kotoran lain tidak bisa masuk pada jaringan mata lebih dalam lagi.

8. Kepala pusing
Pada sebagian orang alergi dapat berbentuk dengan munculnya sakit kepala yang tiba tiba setelah beradan pada tempat yang dingin atau ruangan dengan pemakaian Ac. Namun alergi sakit kepala tidak memerlukan obat pereda rasa sakit karena sakit kepala yang diakibatkan karena alergi dapat mudah hilang dengan sendirinya .

Penanganan
Tips mudah cara mengatasi alergi

• Mengkonsumsi obat antihistamin
Obat antihistamin jenis CTM dan difenhidramin, Cetirizine dan loratadine yang mampu meredakan efek gatl gatl dan panas pada permukaan kulit dan menghilangkan pembengkakan, Naun obat tersebut dilarang bagi ibu hamil yang sedang mengalami ciri ciri alergi kulit, Lebih baik konsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan terdekat sebelum anda mengkonsumsinya, Hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan pertumbuhan janin yang ada dalam kandungan.

• Pemakaian obat alergi Kontikosteroid sistematik
Obat alergi jenis kontikosteroid sistematik dapat diberikan pada jenis alergi tingkat sedang sampai berat yang dialami anak anak maupun orang dewasa yang kadarnya telah disesuikan atas rekomendasi dokter yang terkait. Untuk mengatasi kulity yang telah mengalmi ciri ciri alergi jenis ringan secara sistematik dapat menggunakan obat jenis chlorfeniranin atau cetirizine dalam bentuk tablet.

Sponsors Link

• Antisipasi obat alergi Kortikostreoid topikal
Ketika ciri ciri alergi telah terlihat namun belum muncul bentol atau biduran yang banyak pada permukaan kulit sebaiknya segerab dilakuakn pengobatan luar berupa pengolesan krim, Salep, Bedak kocok, dan sebagaianya yang sebelumnya telah disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit yang bersangkutan. Kondisi ini sangat membantu agar alergi mudah untuk disembuhkan . Pemakaian obat alergi kortikosteroid topikal dapat meningkatkan daya tahan tubuh dengan cepat. Jenis obat tersebut meliputi hidrokortision dan triamsinolon.

• Menghindari bahan pakaian tertentu
Bahan pakaian yang berserat, Tebal dan terbuat dari bulu cenderung menyebabkan alergi pada kulit karena bahan pakaian tersebut dapat menahan keringat untuk tetap berada pada permukaan kulit dalam jangka waktu yang lama, Sedangkan bahan pakaian yang telah terkontiminasi dengan debu atau radikal bebas dari polusi udara akan berakumulasi dengan keringat lalu menyebabkan seseorang mudah terserang ciri ciri alergi berupa gatal gatal dan timbul iritasi. Pakailah pakaian yang mempunyai efek mendinginkan dan mampu mengikat / menyerap keringat kisalnya bahan katun.

• Selektif memilih makanan dan minuman
Kenali karakter dan jenis kulit anda dan mampulah untuk menolak apapun bentuk makanan atau minuman yang dapat menyebabkan kulit terserang ciri ciri alergi. Walaupun hanya mengkonsumsi sedikit, Alergi akan tetap muncul dalam bentuk ruam ruam, Bentol dan rasa gatal yang sama seperti anada mengkonsumsinya dalam kadar yang cukup banyak.

• Memakai pelindung mulut
Untuk menghindari serangan radikal bebas yang telah terkontiminasi dengan polusi udara dabn bakteri maka pakailah selalu masker mulut. Biasanya polusi udara akan mudah masuk lewat rongga mulut yaitu ketika seseorang sedang terlibat pembicaraan. Pemakaian maskker julut dinilai efektif untuk mencegah bakteri dan polusi masuk kedalam mulut dengan mudah atau bahkan sangat penting untuk menghindari penularan penyakit dari orang lain yang biasanya bisa datang melalui udara, Debu atau Percikan bersin agar terhindar dari ciri ciri alergi yang menyerang permukaan kulit.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 20th, September 2016 / 05:44 Oleh :
Kategori : Alergi