Sponsors Link

19 Pantangan Penderita HIV AIDS , Wajib Diketahui !

Sponsors Link

Segera setelah didiagnosa dengan AIDS maka penderita harus menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Kunci penting hidup dengan AIDS adalah selalu mempertahankan sistem kekebalan tubuh sehingga, tubuh tetap sehat. Penderita AIDS sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit infeksi seperti paru-paru, TBC, kanker dan berbagai jenis penyakit lain. Mempertahankan kesehatan tubuh tidak akan menyembuhkan AIDS namun bisa membuat kesempatan hidup lebih baik.

ads

Ada berbagai pantangan yang harus diikuti oleh semua penderita AIDS. Pada dasarnya pantangan ini bertujuan untuk mempertahankan sistem kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa pantangan yang perlu dipatuhi oleh penderita AIDS :

1. Hindari Minum Alkohol

Alkohol menjadi minuman yang sangat dilarang untuk penderita AIDS. Minuman ini bisa membuat sistem kekebalan tubuh melemah dan menyebabkan berbagai jenis penyakit gangguan organ. Bahaya alkohol akan meningkatkan resiko penyakit seperti gagal ginjal, gangguan fungsi hati, otak dan berbagai organ lain. Selain itu alkohol juga bisa menyebabkan obat tidak bisa bekerja untuk melawan infeksi.

2. Hindari Narkoba

Berbagai jenis narkoba sangat dilarang untuk penderita AIDS. Berbagai jenis narkoba mengandung berbagai zat aktif yang bisa membuat kondisi tubuh semakin memburuk. Bahkan narkoba akan merusak sistem kerja organ dengan cepat. Jadi penderita AIDS sama sekali tidak boleh menggunakan narkoba.

3. Lupa Gosok Gigi

Ketika tubuh sudah terkena AIDS maka sistem kekebalan tubuh akan melemah. Dampak yang paling sering muncul adalah masalah kesehatan mulut yang buruk. Biasanya keluhan sariawan, penyebab gigi berlubang dan kulit bibir yang melepuh paling sering terjadi. Karena itu harus selalu menjaga kesehatan gigi dengan menggosok gigi secara teratur serta mengunjungi dokter gigi paling tidak enam bulan sekali.

4. Stres

Penderita AIDS juga tidak boleh menghadapi stress dan tekanan yang berlebihan. Stress bisa membuat kondisi tubuh akan menjadi lebih buruk. Stress akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga berbagai penyakit infeksi dapat berkembang dengan cepat. Bahkan stress bisa mempengaruhi pola makan dan gangguan pikiran yang buruk.

5. Kontak dengan Penderita Penyakit Menular

AIDS sangat bergantung pada kesehatan tubuh. Karena sistem kekebalan tubuh penderita AIDS mudah menurun maka, berhubungan dengan orang yang terkena penyakit menular sebaiknya juga tidak dilakukan. Penyakit mudah menular seperti influenza, batuk, TBC dan penyakit lain bisa mudah menyerang penderita AIDS. Karena itu lebih baik jika mengatur lingkungan agar tetap sehat.

6. Menggaruk Luka

Penderita AIDS sangat rentan dengan luka pada kulit. Kulit mereka sangat sensitif karena itu termasuk sebagai gejala awal. Ketika memiliki luka maka harus dirawat dengan baik dan ditutup sehingga, tidak mudah terkena infeksi dari virus dan bakteri di sekitarnya.

ads

Jika luka digaruk maka bisa membuka dan menjadi borok sehingga meningkatkan kesempatan infeksi pada tubuh. Infeksi bisa terbawa ke bagian dalam tubuh sehingga sangat berbahaya. (baca juga : jenis penyakit kulit)

7. Tidak Memperhatikan Organ Reproduksi

Untuk wanita yang terkena AIDS maka juga bisa memiliki resiko tinggi terkena kanker serviks. Untuk mengatasi hal ini maka harus selalu menjaga organ reproduksi. Pemeriksaan pap smear wajib dilakukan untuk penderita AIDS agar bisa mengetahui kondisi kesehatan pada organ reproduksi. Jika terlambat diketahui maka, peradangan penyakit ini bisa lebih cepat sehingga memperburuk kondisi kesehatan.

8. Lupa Minum Obat

Minum obat secara teratur untuk penderita AIDS akan membuat perkembangan penyakit ini tidak berjalan dengan cepat. Karena itu lebih baik jika penderita terus memiliki waktu atau jadwal yang tepat untuk minum obat. Sementara jika tidak minum obat dengan teratur maka, kondisi tubuh akan lebih mudah lemah. Infeksi akan terus menyerang sel tubuh dengan cepat sehingga kondisi kesehatan akan menurun cukup drastis.

9. Konsumsi Makanan Mentah

Berbagai jenis hidangan daging mentah sangat dilarang untuk penderita AIDS. Daging mentah mengandung berbagai jenis bakteri yang mudah menyerang sistem kekebalan tubuh. Beberapa jenis bakteri yang ditemukan dalam makanan mentah antara lain salmonella, listeria monocytogenesis, dan campylobacter. Semua jenis bakteri ini bisa menyebabkan komplikasi penyakit yang sangat serius. (baca juga : bahaya telur mentah)

10. Minum Suplemen Berlebihan

Banyak penderita AIDS yang mengkonsumsi berbagai jenis multivitamin untuk membuat tubuh tetap sehat. Namun ketika terlalu banyak minum vitamin maka, tubuh bisa memberikan reaksi yang sangat berbeda. Kemampuan organ tubuh akan menurun drastis sementara kekebalan tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Karena itu lebih baik hanya minum obat yang dianjurkan dan mendapatkan vitamin alami dari buah dan sayuran.

11. Meninggalkan Vaksin Hepatitis A dan B

Penyakit AIDS memang sangat rentan terhadap virus, seperti virus yang menyebabkan penyakit hepatitis A dan hepatitis B. Karena itu penderita AIDS harus mendapatkan vaksin. Vaksin akan membuat tubuh bisa kebal dengan penyakit yang menyerang organ hati ini. Fungsi hati termasuk organ yang memang paling banyak mendapatkan gangguan bagi penderita AIDS.

12. Berhubungan Intim Bebas

Penderita AIDS tidak boleh berhubungan intim secara bebas kecuali kepada pasangan. Penyakit ini akan menular dengan berhubungan intim. Karena itu penderita tidak boleh melakukan tindakan ini untuk menghindari penyebaran yang lebih luas.

13. Makan Telur Mentah

Penderita AIDS sebaiknya juga tidak makan telur mentah. Telur mentah menyebabkan resiko berbagai penyakit termasuk infeksi dan menyerang sistem kekebalan tubuh. Selain itu, telur mentah menyebabkan kandungan vitamin dan mineral sangat menurun. Penyebab penderita AIDS tidak boleh makan telur mentah adalah :

  • Telur mentah mengandung salmonella yang bisan menyebabkan sakit perut, muntah dan demam
  • Telur mentah membuat tubuh tidak bisa menyerap vitamin dan biotin sehingga sulit diserap dalam pencernaan. Kekurangan biotin bisa menyebabkan masalah kulit dan rambut untuk penderita AIDS.

14. Makan Buah Tanpa Dicuci Bersih

Mengkonsumsi buah untuk penderita AIDS sebaiknya harus dicuci dengan air yang bersih sebelumnya. Kebiasaan makan buah tanpa dicuci, hanya dengan melihat permukaan buah yang bersih ternyata sangat berbahaya. Alasannya adalah :

  • Buah yang belum dicuci mengandung bakteri yang terdapat pada permukaan kulit, bakteri didapatkan dari lingkungan buah dan perlakuan buah dari petani hingga sampai ke toko buah.
  • Buah yang tidak dicuci sebenarnya ada pestisida yang mungkin masih tertinggal pada kulit buah. Pestisida sangat berbahaya karena bisa menyebabkan sakit perut, keracunan dan infeksi dalam tubuh.

15. Minum Air Mentah

Minuman menjadi kebutuhan penting untuk tubuh. Sementara minuman yang dikonsumsi untuk penderita AIDS harus minuman yang bersih dari kuman atau bakteri. Bahaya minum air mentah, terutama air minum dari filter yang dikonsumsi tanpa dimasak ini tidak boleh dikonsumsi. Jadi air yang diminum sebaiknya dimasak hingga mendidih. Tujuannya adalah untuk menghindari tubuh agar, tidak terkena infeksi dari bakteri dan virus yang terdapat pada air. Memasak air hingga mendidih sudah bisa membuat sumber penyakit hilang.

Sponsors Link

16. Depresi

Merasa depresi juga sangat berbahaya untuk penderita AIDS. Meskipun depresi adalah gejala awal yang sering ditemukan pada penderita AIDS. Namun penderita harus mendapatkan dukungan untuk terus menjalani proses hidup dengan baik. Sementara depresi hanya akan membuat tubuh merasa lebih menderita karena akan mengganggu pola makan, menyebabkan stress dan perasaan marah yang berlebihan. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh menjadi semakin lemah dan berbagai penyakit yang menyertai AIDS akan muncul lebih cepat.

17. Begadang / Kurang Tidur

Kebiasaan begadang atau kurang tidur bisa menyebabkan tubuh menjadi sangat lemah. Selain itu, untuk penderita AIDS yang mengalami kurang tidur akan lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit. Penyakit yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih mudah masuk ke dalam tubuh. Sementara tubuh akan menjadi semakin lemah, kelelahan dan tidak bisa mengatasi berbagai kondisi akibat infeksi virus di dalam tubuh. (baca juga : akibat begadang malam)

18. Terlalu Lelah

Tidak ada aktivitas yang sebenarnya dilarang untuk penderita AIDS. Namun biasanya bekerja terlalu keras atau melakukan berbagai aktifitas yang menyebabkan tubuh menjadi sangat lelah, sebaiknya memang tidak dilakukan. Hal ini disebabkan karena kondisi tubuh penderita AIDS sering mengalami kelelahan idiopatik. Ini adalah kondisi medis mendasar yang terjadi pada penderita AIDS tanpa diketahui sebab yang jelas. Kelelahan akan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan berbahaya untuk kondisi kesehatan secara umum.

19. Menyerah

AIDS adalah sebuah penyakit yang tergolong dalam penyakit kronis. Bahkan hingga saat ini belum diketahui obat yang bisa menyembuhkan AIDS. Namun bersikap menyerah tidak akan menghasilkan apa-apa. Lebih baik jika penderita AIDS bisa menjalani hidup dengan normal, melakukan berbagai kegiatan yang disukai dan selalu bersama teman atau keluarga yang bisa memberikan dukungan. Menerima dukungan moral akan membuat tubuh penderita AIDS tidak mudah merasa lelah, pikiran yang santai dan tetap merasa menjalani hidup seperti biasa.

Penderita AIDS sebenarnya masih bisa melakukan berbagai jenis aktivitas. Namun membatasi berbagai sikap dan kebiasaan pola makan, bisa membantu tubuh agar tidak mudah terkena infeksi. Infeksi menjadi kelemahan tubuh penderita AIDS karena virus yang terus menyebabkan masalah pada berbagai organ tubuh. Karena itu semua pantangan yang bisa menyebabkan tubuh lemah sebaiknya tidak dilanggar.

Sponsored Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, November 2015 / 07:21 Oleh :
Kategori : Aids