15 Bahaya Ragi Bagi Tubuh Manusia

Bahaya ragi merupakan dampak buruk akibat seseorang mengkonsumsi makanan mengandung ragi secara tidak tepat atau berlebihan terutama pada wanita hamil.

Apakah ragi itu?
Ragi adalah bahan dasar untuk pembuatan tape atau makanan apapun yang sengaja difermentasikan sehingga mengandung mikroorganisme yang didalamnya terdapat bakteri tertentu terdiri atas aspergillus, Mucor, Endomycopsis dan lain lain, Dimana bakteri tersebut dapat meningkatkan aroma asam, rasa manis sekaligus mengandung alkohol.

Ada 2 Jenis ragi yang memiliki kelebihannya masing masing :

  • Ragi padat – Ragi padat tidak mampu bertahan selama lebih dari 5 minggu. Ragi padat cenderung mudah menguap oleh udara dan rentan terjadi kerusakan Ragi padat bisa bertahan baik jika disimpan dalam tempat tertutup kedap udara atau lemari es dengan pemakaian suhu sangat sejuk. Ragi tersebut biasa dipakai untuk pembuatan tape.
  • Ragi kering – Ragi kering memiliki tekstur yang lebih halus dan ringan yang berada didalam bungkusan yang dilapisi dengan kemasan timah yang di dalamnya ada zat nitrogen yang berguna memperpanjang kualitas dari ragi itu sendiri agar tidak mudah rusak. Ragi kering jika disimpan pada lemari es pada suhu 7 derajat celsius maka kualitasnya akan semakin baik. Ragi tersebut biasa digunakan untuk pembuatan tape, roti dan makanan jenis lain.

Bahaya ragi bagi kesesehatan tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan

1. Perut mulas
Bahaya Ragi pada wanita yang sedang hamil muda maka hindarilah makanan yang mengandung ragi, Karena jika mengkonsumsinya dalam jumlah yang berlebihan maka akan mempercepat hancurnya sel sel telur matang yang telah dibuahi dan baru saja terbentuk didalam rahim menjadi sebuah janin. Kadar alkohol dan gas yang ada pada ragi mampu mengiritasi organ pencernaan.

2. Kepala pusing
Bahaya ragi pada wanita yang sedang hamil 3 minggu atau dibawah satu bulan usia kehamilannya akan menderita pusing yang terus menerus jika mengkonsumsi makanan yang mengandung ragi dalam takaran yang tidak mioderat atau tidak wajar.Alkohol yang ada didalamnya dapat mempersempit aliran darah menuju otak sehingga menyebabkan sakit kepala secara berulang.

3. Asam lambung naik
Bahaya ragi pada wanita yang belum atau sedang hamil jika mengkonsumsi makanan mengandung alkohol bentukan dari ragi maka akan menderita iritasi lambung, Apalagi jika memiliki lambung yang sensitif maka kerusakan yang terjadi akan mudah terjadi. Yaitu diawali dengan naiknya asam lambung dan rasa nyeri perut bagian bawah.

4. Mencret mencret
Seseorang yang memiliki penyakit lambung dan maag sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang difermentasikan oleh ragi terlalu banyak. Sebaiknya jauhi karena efek panas dari kadar alkoholnya dapat mengiritasi lambung dan organ pencernaan sehingga menyebabkan gagalnya pengerasan feses atau mencret.

5. Menyebabkan keguguran



Bahaya ragi pada ibu hamil yang gemar makan makanan yang mengandung ragi selama masa kehamilannya maka cepat atau lambat akan menderita keguguran. Efek panas pada alkohol ragi dapat melubangi dinding plasenta dan merusak jaringan otot janin seperti terbakar sehingga kehancuran janin tidak dapat dihindari(keguguran).

6. Bayi lahir cacat/Foetal alkohol spektrum disorder
Banyak ibu hamil yang merasa kehamilannya biasa biasa saja ketika menyantap makanan yang mengandung alkohol hasil dari fermentasi ragi tetapi ketika masa persalinan tiba. Maka akan melahirkan seorang bayi yang tidak sehat dan memiliki kecacatan. Misalnya kaki kecil sebelah, kepala mengecil, tidak ada respon mata terhadap gerakan dan sebagainya.

7. Kelainan pada saraf bicara
Bahaya ragi pada ibu hamil yang kebiasaan mengkonsumsi makanan tape di usia kehamilan 5 sampai 8 bulan, dapat menyebabkan kelainan pada saraf bicara bayi ketika dilahirkan kelak. Bayi akan kesulitan bicara dengan lancar walaupun nyatanya tidak bisu. Kerusakan saraf pada area otak tersebut sebenarnya akibat efek panas dari alkohol yang ada pada ragi yang telah mencemari dan merusak saraf saraf bicara anak secara bertahap ketika masih dalam kandungan.

8. Lambatnya Motorik anak
Mengkonsumsi ragi secara berlebihan dapat mempengaruhi keterampilan gerak dan pikir secara bersamaan pada anak anak. Lambatnya motorik anak akan berkelanjutan hingga diusianya yang telah melewati 5 tahun, Kondisi tersebut dapat menyebabkan seorang anak akan tumbuh menjadi seorang anak yang tidak percaya diri karena merasa berbeda dengan orang lain.

9. Saraf otak bayi rusak
Melahap makanan yang mengandung ragi setiap hari selama masa kehamilanya, Dapat pula menyebabkan jaringan otak paling dalam dalam kondisi stagnan atau tidak ada perkembangan. hal itu menyebabkan saraf otak bayinya megalami kerusakan sedikit demi sedikit sampai masa kelahiran tiba. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seorang anak lahir dengan pola pikir yang kacau dan idiot

10. Ketidakseimbangan emosional
Seorang ibu yang sedang hamil hobi menyantap makanan mengandung alkohol karena hasil dari ragi maka anak yang dilahirkannya kelak akan menjadi sangat agresif, kaku, Hiperaktif tetapi sangat mudah untuk marah. Cenderung tidak mampu mengendalikan dirinya sendiri ketika sedang emosi.

11. Rahim kering
Seorang wanita yang menyukai makan tape maka ketika sudah berkeluarga kelak akan mengalami kesulitan untuk hamil. Efek panas pada ragi mampu juga merusak jaringan rahim menjadi kehilangan kemampuan melindungi sel sel telur matang dengan baik. Rahim akan kering lebih dini karena alkohol sangat mungkin untuk mengiritasi dan melubangi atau membuat luka luka pada dinding rahim dan saluran telur.


12. Lengketnya janin pada dinding rahim
Mengkonsumsi ragi sembarangan ketika sedang hamil dapat menyebabkan lengketnya janin yang baru saja terbentuk pada dinding rahim secara perlahan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan bayi gugur didalam kandungan dan membahayakan jiwa ibu.

13. Mengganggu fungsi hati
Efek panas alkohol pada ragi yang terus menerus masuk kedalam tubuh dan mendarat pada jaringan hati dapat merusak fungsi hati. Hati akan kesulitan untuk menyaring racun dan darah secara lancar jika ada kadara alkohol masuk dalam pembuluh darah menuju hati itu sendiri. Jika keadaan tersebut terus menerus terjadi maka seseorang akan terserang penyakit kuning atau liver.

14. Menurunnya kecerdasan anak
Jangan pernah terlalu sering memberikan anak anak kecil makanan yang mengandung ragi apalagi jika raginya bahkan ragi yang berkualitas, Efek panas pada alkohol dapat menyebabkan gangguan pada saraf saraf otaknya yang sebenarnya masih dalam masa pertumbuhan. Kondisi tersebut dapat menyebabkan seorang anak menjadi menurun kecerdasannya dan mengganggu konsentrasi belajar.

15. Ulu hati tidak nyaman
Efek panas dalam ragi dapat menyebabkan anak anak atau orang dewasa menderita ulu hati yang tidak nyaman. Efek alkoholnya mampu menyebabkan seseorang merasa perut menjadi berat dan selalu penuh seperti kembung. Kurangi asupan makanan yang mengandung ragi.

, , ,
Post Date: Friday 22nd, July 2016 / 03:50 Oleh :
Kategori : Makanan Berbahaya