Home Featured Inilah 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

Inilah 5 Makanan yang Bisa Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan

by Putri Yohani Masnun

Makanan yang kita makan setiap harinya sangat mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh, karena itu penting sekali untuk memperhatikan menu makanan yang dikonsumsi agar dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh. Tak hanya itu, beberapa jenis makanan juga sangat baik dikonsumsi agar organ tubuh selalu sehat dan berfungsi dengan baik. Organ pernapasan termasuk organ yang sensitif dan rentan terinfeksi. Karena itu, dengan mengkonsumsi makanan berikut ini diharapkan mampu menjaga kesehatan seluruh organ pernapasan.

1. Kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan dapat membantu memenuhi kebutuhan akan asam folat, asam lemak esensial, magnesium, dan mineral lainnya yang sangat bermanfaat dalam memelihara kesehatan organ pernapasan. Bahkan kacang-kacangan juga dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskular, jadi biasakan makan kacang-kacangan dan variasikan jenisnya agar tidak bosan.

2. Jahe

Jahe mengandung senyawa flavonoid yang dapat membantu mendetoks racun di seluruh tubuh, termasuk di sepanjang jalan napas. Jahe bisa diolah dalam bentuk minuman atau ditambahkan dalam beragam masakan. Selain membuang racun pada organ pernapasan, jahe juga membantu membuat tubuh menjadi lebih hangat. Namun mengkonsumsi jahe bagi penderita magh tidak boleh sembarangan, setidaknya tidak dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong agar penyakit lambung tidak kambuh.

3. Bawang Putih

Sama seperti jahe, bawang putih juga mengandung flavonoid yang dapat membantu tubuh mengeluarkan racun. Jadi organ pernapasan akan selalu sehat karena terbebas dari senyawa toksin baik dari udara yang dihirup maupun makanan yang mengandung senyawa kimia berbahaya. Bawang putih dapat dikunyah langsung, namun jika tidak suka rasanya, bisa juga dijadikan bumbu masakan dengan porsi lebih banyak dari biasanya.

4. Wortel dan Brokoli

Semua jenis sayur sebenarnya baik untuk tubuh, namun brokoli dan wortel termasuk makanan yang tinggi kandungan nutrisi dan antioksidannya, sehingga bagus jika dikonsumsi dengan rutin. Antioksidan dari kedua sayur tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan senyawa radikal bebas sehingga kesehatan saluran pernapasan dan paru-paru dapat terjaga. Kedua sayuran ini juga dapat dijus loh, jadi dapat dikonsumsi dengan berbagai cara yang sehat.

5. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung nutrisi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Dalam salmon terdapat kandungan asam lemak omega-3 yang dapat berfungsi sebagai anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi salmon, maka organ pernapasan dapat terhindar dari peradangan, juga dapat meningkatkan fungsinya lebih optimal. Bahkan ikan salmon sangat bagus dikonsumsi oleh penderita penyakit asma. Penyakit asma akan lebih cepat sembuh jika ikan salmon dikonsumsi dengan rutin dan teratur.

Itulah jenis makanan yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan organ pernapasan agar tidak mudah terserang penyakit. Tentunya masih banyak makanan lainnya yang juga berkhasiat dalam memelihara organ pernapasan, hanya saja kelima makanan di atas termasuk yang sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh siapa saja.

You may also like