Kenali, 4 Penyebab Komedo Paling Sering Terjadi

232

Berbagai macam cara dilakukan untuk menghilangkan komedo dari wajah. Ada yang menggunakan cara tradisional seperti masker putih telur dan masker kopi. Ada juga yang memilih cara praktis yaitu langsung ke salon atau perawatan di dokter spesialis kulit. Sayangnya kita kurang memahami cara mencegah agar komedo tidak kembali lagi. Apa saja sih penyebab komedo sering mampir di wajah?

1. Wajah tidak dibersihkan dengan benar.

Membersihkan wajah dengan cara yang benar adalah salah satu syarat penting agar komedo tidak kembali bersarang di wajah mulus kita. Salah satu contohnya adalah menghilangkan make up yang menempel. Sebaiknya gunakan make up remover untuk membersihkan wajah dan pastikan make up sudah benar – benar terhapus dengan sempurna. Riasan di wajah tidak cukup dibersihkan menggunakan sabun dan air biasa saja karena masih ada kemungkinan tertinggalnya sisa make up.

Begitu pula saat pulang dari bepergian. Bersihkan wajah menggunakan pembersih wajah khusus sehingga kotoran yang menempel terangkat semua. Disarankan juga untuk rajin membersihkan wajah sebelum tidur dengan benar menggunakan produk pembersih. Kalau masih ada sisa make up atau kotoran yang tersisa di wajah maka dapat memicu munculnya komedo.

2. Menggunakan produk make up yang menyumbat pori – pori

Ada beberapa jenis make up yang sering kita gunakan dan tanpa disadari dapat menyumbat pori – pori kulit wajah. Misalnya make up dasar seperti BB cream, pelembab dan bedak padat. Penggunaan bedak atau krim secara berlebihan dapat menyumbat pori – pori wajah dan menyebabkan permukaan kulit tidak dapat bernafas. Kedua hal tersebut mengakibatkan komedo kembali muncul. Agar pori – pori tidak sampai tersumbat, maka disarankan menggunakan make up ringan secukupnya saja.

3. Banyak berkeringat saat wajah sudah dirias

Berkeringat saat sudah dirias pasti sangat menyebalkan. Salah satu alasannya adalah karena dapat merusak riasan dan menyebabkan riasan tidak rata sehingga tidak lagi sedap dipandang mata. Selain merusak riasan, berkeringat saat sudah dirias juga dapat memicu munculnya komedo karena menyebabkan jerawat kecil atau sumbatan kotoran di kulit. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan make up yang tidak terlalu tebal saat harus melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi.

Jika memang diharuskan menggunakan make up tebal walaupun banyak beraktivitas, bisa diatasi dengan sesekali membersihkan keringat dengan tissue atau menggunakan pendingin ruangan. Cuaca dan suhu udara pun harus selalu diperhatikan untuk mencegah munculnya komedo kembali. Saat suhu tinggi dan cuaca cerah sebaiknya gunakan make up tipis agar kulit tidak terasa pengap.

4. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis

Makanan sehat pasti akan membuat badan sehat. Kulit pun demikian. Makanan yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Makanan sehat yang dibuat dari bahan segar dengan rasa yang tidak berlebihan akan lebih bermanfaat dibanding dengan makanan yang terlalu manis. Makanan yang terlalu manis dapat menjadi salah satu penyebab munculnya komedo. Selain itu juga menjadi penyebab diabetes .

Selain makanan manis, biasanya makanan berminyak dan pedas juga menjadikan wajah mudah berjerawat. Jika jerawat muncul, maka komedo pun akan mudah datang lagi. Disarankan juga untuk minum air putih minimal 2 liter sehari agar tubuh serta kulit selalu sehat dan segar.

Itulah beberapa penyebab komedo kembali muncul di wajah. Jika kita sudah mengetahui penyebabnya, maka akan mudah untuk mengantisipasi dan menghindari munculnya komedo.