Home Tips KesehatanKesehatan Kuku Kuku Hitam Tanda Penyakit Apa? Waspadai 9 Kemungkinan Penyebab Dibaliknya !

Kuku Hitam Tanda Penyakit Apa? Waspadai 9 Kemungkinan Penyebab Dibaliknya !

by Erlita

Kuku hitam memang biasanya tanda bahwa kuku tidaklah dijaga kebersihannya, namun jangan salah, kuku hitam juga dapat menjadi pertanda bahwa Anda sedang terkena penyakit tertentu. Untuk itu, jika Anda bertanya-tanya kuku hitam tanda penyakit apa, maka berikut adalah serangkaian penjelasan berbagai kemungkinan penyakit yang ditandai dengan kuku berwarna hitam.

  1. Tidak Seimbangnya Hormon

Hormon tak seimbang karena mengalami perubahan mampu menjadi faktor dibalik peningkatan pigmentasi melanin di dalam tubuh. Ada bagian-bagian tubuh tertentu yang bisa mengalami pogmentasi melanin yang meningkat, salah satunya adalah bagian bawah kuku, khususnya kuku jari kaki sehingga Anda  akan menjumpai warnanya lebih gelap dari normalnya.

  1. Trauma Lebih dari Sekali

Trauma atau cedera bisa juga menjadi salah satu faktor penyebab kuku menghitam, khususnya jika Anda adalah seseorang yang aktif berolahraga, seperti pelari misalnya. Jika dalam olahraga yang Anda sering lakukan ada kiranya gerakan di mana kuku jari kaki ditekan, akan mudah untuk kemudian gumpalan darah terbentuk di sana sehingga kelihatannya kuku berwarna gelap.

  1. Infeksi Jamur

Infeksi jamur mampu menyerang siapapun, khususnya yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Infeksi jamur pada kuku adalah salah satu yang jelas dapat terjadi, namun risiko ini lebih besar terjadi ketika seseorang sering memakai kuku palsu, terbiasa menggigiti kuku, ataupun sering berkeringat.

Jamur kuku pun lebih besar potensinya terjadi pada orang-orang yang membiarkan kukunya dalam kondisi lembab, terbiasa merokok, menderita penyakit psoriasis serta menderita penyakit diabetes. Kuku yang diserang jamur biasanya ditandai dengan kondisi kulit bawah permukaan kuku, kuku jari kaki dan tangan tampak lebih hitam dan gelap dari normalnya, jadi cobalah untuk mencari obat jamur kuku alami maupun obat apotek yang tepat.

  1. Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal bukan hanya menjadi jawaban dari kulit menghitam gejala penyakit apa, tapi juga dapat menjadi alasan kenapa kuku menghitam. Ketika ginjal terganggu kesehatannya, fungsinya sebagai penyaring limbah dan racun dari dalam tubuh terus menurun dan akhirnya toksin pun menumpuk di dalam tubuh dan darah menyebabkan kuku serta kulit mudah menggelap.

  1. Endokarditis

Ketika endokardium atau lapisan bagian dalam jantung terinfeksi oleh bakteri, inilah kondisi yang disebut juga dengan endokarditis. Kondisi ini pun mampu menjadi penyebab dari kuku hitam Anda, baik itu di kuku jari tangan ataupun kaki. Tak selalu hitam, kuku Anda bisa saja berwarna ungu gelap ataupun kecoklatan.

Jenis antibiotik yang sesuai dengan kondisi ini biasanya dokter berikan agar infeksi akibat bakteri bisa dilawan tuntas. Sebagai langkah pencegahannya, menjaga kebersihan tubuh adalah kuncinya dan kalau memang diperlukan, penggunaan antibiotik dalam mencegah pun sama pentingnya.

  1. Melanoma

Jenis kanker satu ini masih termasuk dalam jenis kanker kulit di mana tergolong langka tapi juga membahayakan jiwa, apalagi kalau sudah mulai menyebar sampai ke organ lain dalam tubuh. Melanoma pada dasarnya bisa muncul pada tubuh bagian mana saja, hanya saja bagian kaki, tangan, punggung dan wajah adalah yang paling sering.

Pengobatan melanoma harus disesuaikan dengan stadium kanker pada penderita sekaligus juga jenis kanker yang dialami. Namun pada umumnya, operasi adalah tindakan perawatan yang pasti diambil atau perlu ditempuh oleh penderita melanoma, berikut juga langkah kemoterapi dan imunoterapi untuk mendukung masa pemulihan kondisi gejala yang terjadi.

  1. Melanonychia Linier

Kuku yang memiliki garis hitam pada umumnya dijumpai khususnya pada orang-orang usia 20 tahun ke atas dan merupakan keturunan Afrika-Amerika. Sebenarnya kondisi ini adalah variasi warna kuku saja dan dianggap sebagai kondisi yang wajar karena berlebihnya pigmen yang melanosit ciptakan.

Namun melanonychia linier sendiri tak terjadi begitu saja, sebab beragam kondisi seperti penggunaan obat tertentu seperti antimalaria dan kemoterapi, kondisi skleroderma, sindrom Peutz-Jeghers, penyakit Lupus, dan HIV AIDS mampu memicu timbulnya kuku bergaris hitam. Jika Anda khawatir bahwa kuku bergaris hitam bisa berbahaya, maka sebaiknya periksakan segera ke dokter setelah kemunculannya di awal.

  1. Gangguan Paru-paru

Kuku hitam, khususnya pada kuku jari kaki rupanya bisa menjadi tanda bahwa ada yang tak beres dengan kesehatan paru-paru Anda. Kuku hitam adalah tanda dari jenis penyakit paru-paru yang biasanya terjadi pada perokok aktif di mana kondisi paru-paru pun sudah cukup kronis. Jika hal ini ada hubungannya dengan kesehatan paru-paru Anda, segera dapatkan pertolongan medis agar lebih cepat ditangani dengan baik.

  1. Subungual Hematoma

Kuku jari kaki yang kejatuhan benda berat dapat kemudian mengalami perubahan warna menjadi kehitaman. Perubahan warna ini bisa jadi disebabkan oleh pembekuan darah sehingga akhirnya darah berwarna gelap. Tak hanya itu, segeralah atasi karena kejatuhan benda berat juga mampu mengubah bentuk kaki.

Jadi, kuku hitam tanda penyakit apa? Ada banyak kemungkinan dibalik terjadinya perubahan warna kuku kaki Anda menjadi lebih gelap, oleh karena itu demi memastikannya, segeralah ke dokter dan periksakan, apalagi kalau penyebabnya sudah jelas bukan karena cedera. Alangkah lebih dianjurkan juga kalau Anda langsung datang pada dokter ahli kulit supaya perawatan yang diperoleh bisa sesuai.

You may also like