Kesehatan Kuku ? Yuk Kenali dengan Cara Ini

173

Siapa yang tidak ingin kukunya sehat, tentu setiap orang mengingkan memailiki kuku yang sehat, bahkan bukan hanya kuku saja, tetapi semua bagian tubuh tentu kita ingin mereka sehat. Kuku memang harus sehat, karena kuku yang sehat menandakan kamu yang sehat juga lo. sahabat halosehat.com yuk simak bersama, Setiap orang sebaiknya mengenali kondisi kesehatannya dengan cermat, sehingga apabila terjadi gangguan kesehatan dapat segera diatasi semenjak awal.

Penyakit apapun akan lebih mudah ditangani apabila lebih dini diobati. Akan tetapi rasanya malas ya, bilakita merasa sehat, baik-baik saja dan tidak dalam kondisi sakit disuruh periksa kesehatan. Jangan khawatir, ada cara sederhana yang bisa membantu kita  untuk mengenali kesehatan  dengan mengamati bagaimana  kondisi kuku jari kita.

1. Kuku Berwarna Pucat

Coba amati kuku jari tanganmu, apabila nampak pucat maka dapat menjadi tanda bahwa dirimu sedang mengalami penyakit serius seperti anemia, gagal jantung, gangguan fungsi hati dan kekurangan zat gizi.

2. Kuku Berwarna Putih

Apabila sebagian besar kuku berwarna putih da nada bagian yang berwarna lebih gelap, maka kemungkinan terjadi gangguan pada hati seperti penyakit hepatitis. Dan tanda lain bila terjadi gangguan pada hati adalah jari berwarna kuning. Ada banyak ciri ciri ganguan hati yang perlu kamu ketahui, selain dari kuku. Sehingga jika ciri-ciri tersebut sudah muncul segeralah periksakan kesehatan mu.

3. Kuku Berwarna Kuning

Kuku akan berwarna kuning paling umum disebabkan oleh infeksi jamur. Jika infeksi jamur kian memburuk maka kuku bisa terlepas dari tempatnya. Selain itu kuku akan menjadi lebih tebal dan rapuh. Ada juga kasus lain namun lebih jarang terjadi yaitu kuku yang berwarna kuning yang menunjukkan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid berat, penyakit paru-paru, diabetes atau penyakit kulit (psoriasis). Dan kuku berwarna kuning juga bisa disebabkan karena terlalu sering menggunakan cat kuku dan merokok.

4. Kuku Berstruktur Seperti Dadu

Kuku yang memiliki struktur seperti beriak, bergelombang atau seperti permukaan dadu adalah merupakan tanda awal terjadinya psoriasis atau bisa juga merupakan tanda terjadinya radang sendi. Perubahan warna kuku pun dapat terjadi, biasanya bagian bawah kuku nampak coklat kemerahan.

5. Pembengkakan pada Sekitar Kuku

Apabila di sekitar kuku timbul pembengkakan dan berwarna kemerahan, berarti kamu mengalami peradangan pada lipatan kuku. Hal ini kemungkinan terjadi karena penyakit lupus atau infeksi. Pembengkakan dan warna kemerahan ini memang disebabkan karena peradangan pada bagian lipatan kuku dikarenakan adanya infeksi pada tubuh mu, sehingga jika hal ini terjadi segera periksa dan cari tau peremasalahannya.

6. Timbul Garis Hitam Pada Kuku

Jika tiba-tiba muncul garis hitam pada kuku tanpa penyebab yang jelas, maka perlu pemeriksaan lebih lanjut. Kemiungkinan penyebab kemunculan garis hitam secara tiba-tiba adalah karena melanoma yaitu salah satu jenis kanker kulit.

7. Kuku Kering dan Rapuh

Kuku yang kering dan rapuh bahkan sering retak hingga pecah dapat  merupakan petunjuk terjadinya penyakit tiroid. Namun apabila kuku yang pecah dan memiliki warna kekuningan maka kemungkinan disebabkan oleh adanya infeksi jamur.

Jika kamu menemukan salah satu tanda di atas terjadi pada kukumu, segeralah kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Setiap gangguan kesehatan apabila ditangani sejak dini tentu akan lebih mudah penanganannya bukan. Yuk lebih peduli dengan kesehatanmu masing-masing agar memiliki hidup yang lebih bermakna dan dapat bermanfaat untuk orang lain.