Cegah Kaki Kapalan dengan 5 Tips Mudah Ini !

547

Kaki kapalan adalah kondisi telapak kaki yang terlihat tebal dan kondisi ini bisa terjadi akibat beberapa aktivitas yang dilakukan. Banyak orang yang merasa tidak pede saat kondisi kakinya kapalan, karena kaki akan terlihat jelek dan banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kapalan, hal ini perlu dilakukan agar kondisi kaki kapalan tak bertahan dalam waktu lama. Berikut ini tipsnya :

1. Gunakan Sepatu Sesuai Ukuran

Penggunaan sepatu yang kurang pas memang bisa membuat kaki jadi kapalan dan kondisi ini bisa disebabkan, karena kondisi sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar. Gesekan yang terjadi terus menerus antara sepatu dan kulit kaki akan membuat timbulnya kapalan, kondisi ini jangan dibiarkan terjadi lama agar kondisi kaki tak semakin parah. Cara ini menjadi salah satu langkah terbaik untuk melakukan pencegahan terhadap kesehatan kaki dan cara ini juga dapat membuat kondisi kaki menjadi lebih baik tanpa adanya kapalan.

2. Jangan gunakan high heels

Bagi para wanita menggunakan sepatu atau sendal yang keren memang sebuah hal yang biasa, namun saat menggunakan high heels tentu tidak semua wanika bisa memakainya dan perlu waktu untuk membiasakan penggunaan high heels, karena bila tidak bisa menggunakannya akan membuat kaki jadi kapalan. Tak hanya itu menggunakan sepatu yang ujungnya kecil juga bisa membuat timbulnya kapalan, maka sebaiknya pakailah sepatu atau sendal yang aman untuk kesehatan kaki.

3. Pakai pelembap

Salah satu pencegah terjadinya kapalan pada kaki adalah dengan menggunakan krim pelembap dan penggunaan krim pelembap di bagian telapak kaki juga bisa membersihkan kaki dari serangan bakteri serta jamur. Kandungan yang terdapat dalam pelembap dapat melunakkan kapalan dan dapat membantu kondisi kulit kaki menjadi halus.

4. Rendam di air hangat

Untuk mencegah kaki kapalan bisa dilakukan dengan rutin merendam kaki dengan air hangat dan lakukan perendaman selama sepuluh menit dalam sehari. Perendaman seperti ini dapat membuat kulit kaki yang keras menjadi sangat lunak dan kondisi ini dapat membuat kaki menjadi halus. Perendaman seperti ini juga dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di sekitar area telapak kaki.

5. Gunakan kaos kaki

Kaos kaki memiliki peranan penting untuk mencegah kaki dari kapalan dan kaos kaki dapat mencegah sentuhan kaki dengan sepatu menjadi terhalang. Kondisi kaki kapalan memang seringkali membuat anda tidak nyaman dan membuat tidak pede saat berjalan, namun dengan kaos kaki masalah kapalan bisa teratasi dengan baik.

Semoga artikel tentang tips mencegah kaki kapalan ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi terbaik dalam mencari berbagai pengetahuan baru mengenai kesehatan.