Mengejutkan! Ini 8 Fakta Tentang Gagal Jantung Yang Diabaikan

72

Penyakit gagal jantung atau heart failure memang sangat menakutkan. Kondisi ini terjadi ketika jantung bisa memompa darah dengan sangat lemah sehingga tidak ada darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan organ. Gagal jantung sering terjadi pada penderita hipertensi, penyakit gangguan jantung bawaan, penyakit jantung dan anemia. Gejala yang perlu diperhatikan dari gagal jantung adalah seperti sulit bernafas dengan nyaman, tungkai kaki bengkak dan tubuh menjadi lemah.

Penyakit gagal jantung tidak hanya menyebabkan ketakutan tapi juga trauma untuk penderita dan keluarganya. Dan ternyata ada berbagai fakta tentang gagal jantung yang diabaikan oleh banyak orang. Berikut infonya.

  1. Penyakit Umum

Ternyata gagal jantung yang menakutkan ini juga termasuk penyakit yang umum di seluruh dunia. Karena itu gagal jantung dianggap seperti penyakit flu di bebeberapa negara. Seperti yang terungkap di Amerika Serikat, bahwa setidaknya ada 5 juta orang Amerika yang menderita gagal jantung kronis. Risiko penyakit ini sering meningkat pada penderita obesitas.

  1. Bisa Terjadi Pada Anak

Biasanya gagal jantung identik sebagai penyakit untuk orang tua atau yang berusia lebih dari 65 tahun. Tapi ternyata tidak, karena ini juga penyakit umum untuk anak-anak usia dini. Penyebab gagal jantung pada anak bisa karena penyakit jantung bawaan sejak lahir, infeksi virus, efek perawatan kanker dan kebiasaan hidup buruk untuk anak yang lebih tua.

  1. Lebih Berisiko pada Pria

Ternyata gagal jantung bisa lebih berisiko pada pria. Studi membuktikan bahwa orang Afrika-Amerika pria memiliki risiko yang lebih tinggi terkena penyakit ini. Hal ini ternyata dipengaruhi dari kebiasaan buruk seperti pemicu obesitas dan komplikasi diabetes tipe 2.

  1. Bukan Penyakit Mendadak

Gagal jantung ternyata tidak terjadi secara mendadak seperti serangan jantung. Gagal jantung adalah kondisi yang berkembang dari waktu ke waktu sampai akhirnya menyebabkan kerusakan jantung. Kerusakan jantung yang tidak dirawat akan melemahkan jantung sampai membuat gagal jantung kronis. Karena itu penyakit ini lebih sering muncul akibat komplikasi diabetes dan hipertensi.

  1. Dimulai dari Gagal Jantung Ringan

Kondisi paling awal dari gagal jantung dimulai dari tahap gagal jantung ringan. Kondisi ini penderita tidak merasakan gejala yang berarti dan masih bisa beraktifitas. Namun semakin lama gagal jantung menjadi berat dan membuat kerja jantung lebih berat lagi sampai terjadi gagal jantung parah. Jika sudah seperti ini maka penderita tidak bisa menjalani aktifitas yang normal.

  1. Penyakit yang Sering Tidak Disadari

Gagal jantung juga termasuk penyakit yang sering tidak disadari oleh penderitanya. Hal ini karena gagal jantung menyebabkan tubuh menjadi sangat mudah lelah. Akhirnya penderita hanya menyadari sebagai kelelahan biasa karena aktifitas yang sibuk. Namun jika sudah sering sesak nafas maka cobalah untuk segera periksa ke dokter.

  1. Bisa Dicegah

Gagal jantung adalah penyakit yang bisa dicegah dengan mengikuti pola hidup yang sehat. Kebiasaan tidak merokok, menghindari alkohol, olahraga dan menjaga pola makan yang sehat sangat penting sekali. Selain itu hindari semua pemicu hipertensi dan diabetes. Jadi lakukan dulu berbagai cara mencegah gagal jantung.

  1. Bisa Diobati

Gagal jantung adalah penyakit yang bisa diobati dan perawatan yang tepat bisa menyembuhkan jantung yang lemah. Selain obat maka penderita harus menurunkan konsumsi garam, olahraga, aktifitas fisik tingan dan tidak stres. Istirahat dan menurunkan risiko flu juga sangat penting.

Itulah semua fakta tentang penyakit gagal jantung yang diabaikan. Ternyata ada banyak hal yang membuat penyakit ini muncul dan cara untuk merawatnya. Jadi jalani gaya hidup sehat dan periksa kesehatan rutin ke dokter Anda.