Home Featured Awas, 6 Tanda Ini Bisa Menjadi Sinyal Jantung Mu Rusak

Awas, 6 Tanda Ini Bisa Menjadi Sinyal Jantung Mu Rusak

by Lia Yuliana

Jantung merupakan bagian yang sangat penting dalam kerja fungsi tubuh dalam kelangsungan hidup manusia karena jantung merupakan alat tubuh yang digunakan untuk memompa darah dan mengalirkannya keseluruh tubuh.

Namun tidak jarang banyak orang yang kurang menjaga pola hidupnya baik atifitas keseharian dan makanan yang dikonsumsi sehingga memiliki gangguan pada jantung bahkan akan bisa terjadi jantung bocor dimana akan sangat membahayakan nyawa seseorang.

Terkadang banyak orang yang tidak sadar tentang kondisi jantunya namun ternyata anda dapat mengetahui apakah anda memiliki sinyal bahwa jantung anda rusak dengan beberapa hal. Adapun 6 tanda sinyal jantungmu rusak adalah sebagai berikut :

1. Sesak Napas

Jika ada sering sekali mengalami sesak napas anda perlu mewaspadainya bisa jadi itu bukan hanya sesak napas atau penyakit asma namun gejala atau hal yang menandakan bahwa jantung anda rusak . Berdasarkan Circulation Research Journal of the American Heart Association mengatakan bawa hampir 40% wanita yang sering mengalami sesak napas sebelum terkena serangan jantung.

Hal ini tentu sangat membahayakan sehingga jika anda sering mengalami sesak napas anda harus segera memeriksakan diri ke dokter agar dianalisa penyakit apa yang anda derita dan segera dilakukan penanganan. Untuk anda yang sering mengalami sesak napas ada baiknya mengurangi pekerjaan atau kegiatan yang terlalu berat agar tidak semakin parah.

2. Kelelahan yang luar biasa

Apakah anda sering mengalami kelelahan yang luar biasa saat melakukan kegiatan yang tidak cukup menguras tenaga? Jika iya anda harus mewaspainya karena bisa saja itu adalah tanda bahwa hantung anda rusak. Menurut  Roobert Segal, M.D., FAAC Founder Manhattan Crdiology bahwa kelelahan yang sangat luar biasa merupakan signal lemah dari ventrikel bagian kiri yakni otot jantung yang memiliki fungsi untuk mempompa darah dari jantung keseluruh tubuh.

3. Mual

Perlu diwaspadai mual juga meupakan gejala atau signal dari jantung yang mengalami kerusakan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa mual dan pembengkakan pada area perut serta gejala lain adalah salah satu tanda sebelum terkena serangan jantung. Gejala-gejala ini walaupun bisa terjadi pada wanita dan pria namun intensitas seringnya adalah terjadi pada wanita.

4. Rasa cemas yang berlebihan

Jika anda sering mengalami rasa cemas yang berlebihan dimana tidak disebabkan oleh hal apapun dan diiukti dengan rasa sakit pada dada juga nafas yang menyempit itu adalah gejala dari serangan jantung. Apabila anda mengalami hal tersebut anda harus segera memeriksakan diri kedokter  supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Pembengkakan tubuh

Pembengkakan tubuh juga merupakan tanda untuk mengetahui bahwa jantung anda mengalami kerusakan Pembengkakan yang  sering terjadi pada  bagian perut dan pergelangan kaki ini disebabkan oleh penumpukan cairan pada tubuh. Jika anda mengalaminya tentu anda harus segera periksa kedokter aga dilakukan penanganan.

6. Berkeringat

Tentu semua orang akan berkeringat apalagi jika sedang melakukan aktivitas bahkan jika tidak berkeringat malah tidak normal. Namun jika anda sering berkeringat tanpa melakukan hal apapun itu bisa jadi adalah tanda bahwa jantung anda sedang tidak baik.

Dengan mengatahui sinyal-sinyal tersebut, diharapkan kamu dapat lebih waspada karena jika tidak dapat menyebabkan komplikasi dan justru akan berbahaya bagi kesehatan jantung mu. Maka dari itu konsumsi pula buah dan sayur yang sehat untuk kesehatan agar tubuh mu tetap terjaga dengan baik.

You may also like