9 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Jantung Yang Sering Diabaikan

99

Kesehatan jantung seharusnya menjadi prioritas utama untuk semua orang. Hanya saja banyak orang yang tidak terlalu perduli karena berpikir bahwa penyakit jantung hanya menyerang orang tua atau penderita obesitas saja. Bahkan banyak orang yang menjalani gaya hidup kurang sehat sehingga risiko penyakit jantung datang lebih awal.

Pada dasarnya langkah untuk mencegah penyakit jantung bisa dilakukan dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak usaha. Berikut kami jelaskan tentang cara mudah menjaga kesehatan jantung yang sering diabaikan.

  1. Masukkan Serat ke Menu Anda

Jika Anda masih belum memasukkan makanan yang mengandung serat tinggi ke menu Anda, maka mulai sekarang rubahlah kebiasaan itu. Ternyata serat sangat penting untuk mengendalikan kesehatan jantung. Jenis serat larut akan membuat perut Anda kenyang lebih lama dan tidak memancing makan berlebihan. Serat banyak ditemukan dari buah, sayuran, dan kacang-kacangan.

  1. Pilih Lemak

Tidak semua jenis makanan yang mengandung lemak baik untuk tubuh Anda. Lemak jenuh adalah sumber kolesterol yang sangat berbahaya untuk jantung. Karena itu mulai sekarang hindari lemak jenuh atau cukup dibatasi saja. Gantinya konsumsi makanan dengan sumber lemak sehat seperti daging ayam tanpa kulit, daging merah tanpa potongan lemak dan sumber lemak dari non daging seperti alpukat, minyak biji bunga matahari, ikan salmon dan biji-bijian.

  1. Jangan Begadang

Cara lain yang sangat nyaman untuk menjaga kesehatan jantung adalah tidur cukup atau tidak begadang. Meskipun tidur malam sangat baik untuk tubuh tapi banyak orang yang mengabaikannya. Mereka menggunakan waktu malam untuk mencari hiburan dan bertemu teman. Anda bisa melakukan hal itu tapi ingat ketika waktunya tidur maka seharusnya Anda tidur. Ketika Anda tidur maka semua otot jantung menjadi santai dan inilah cara menjaga kesehatan jantung. Jika Anda memang menderita insomnia maka cobalah mencari perawatan yang tepat.

  1. Makan Ikan

Jenis ikan seperti ikan salmon, ikan sarden, tuna dan mackarel ternyata ikan yang sangat menyehatkan untuk jantung. Semua jenis ikan ini mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Fungsi nutrisi ini sangat penting untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh dan menghambat proses pembentukan plak pada arteri jantung serta bisa membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Bergerak Lebih Banyak

Cara lain adalah dengan membuat tubuh bergerak lebih banyak. Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk olahraga maka cobalah melakukan beberapa aktifitas yang membuat tubuh bergerak. Misalnya seperti menyapu, mengepel, membersihkan rumah, berjalan-jalan disela waktu kerja duduk di depan komputer dan aktifitas lain. Akan lebih baik jika Anda sempat untuk latihan seperti berenang, naik sepeda, jalan kaki, erobik dan olahraga lain.

  1. Berat Badan Ideal

Jika Anda memiliki berat badan berlebihan maka sekarang waktu yang tepat untuk menurunkan berat badan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan seperti dengan diet sehat, memilih makanan sehat untuk tubuh dan bergerak lebih banyak. Dengan niat yang kuat maka berat badan ideal pasti akan tercapai.

  1. Berhenti Merokok, Sekarang!

Jika Anda memiliki kebiasaan merokok maka sebaiknya mulai untuk berhenti merokok. Asap tembakau dari rokok akan merusak jantung secara perlahan. Rokok bisa menurunkan aliran oksigen dalam tubuh sehingga pembuluh darah menjadi sempit. Ini bisa menyebabkan serangan jantung mendadak. Ditambah lagi kandungan nikotin dalam rokok yang bisa mengalir ke darah. Jadi bukan hanya jantung saja, tapi organ tubuh yang lain pun akan terancam.

  1. Periksa Jantung Secara Rutin

Tidak ada salahnya untuk mulai melakukan pemeriksaan jantung sejak dini. Dengan pemeriksaan teratur maka bisa membuat jantung menjadi lebih sehat. Kemudian dengan mengetahui status jantung maka bisa meningkatkan kesadaran seperti menjaga asupan makanan, olahraga teratur dan pilihan gaya hidup sehat. Tentu saja jika ada gejala maka bisa langsung dilakukan perawatan medis secepatnya.

  1. Jangan Stres

Anjuran untuk tidak stres mungkin menjadi anjuran yang paling mudah. Tapi ini juga langkah yang paling sulit. Semua orang berisiko untuk terkena stres karena berbagai kondisi seperti pekerjaan, kehidupan dan pengaruh hubungan dengan orang lain. Namun agar tidak stres maka Anda bisa mencoba beberapa cara seperti latihan, cukup tidur, yoga dan bepergian.

Ternyata ada banyak cara mudah menjaga kesehatan jantung yang sering diabaikan. Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung dari sekarang, maka lakukanlah beberapa langkah di atas.