KA-EN 3A – Fungsi – Obat Apa – Dosis Dan Cara Penggunaan

292

Apa yang anda ketahui tentang KA-EN 3A? Obat ini merupakan obat berbentuk infus yang biasanya diberikan sebagai tambahan kebutuhan akan elektrolit atau air. Meskipun obat infus, namun obat ini tergolong ke dalam obat keras sehingga ketika menggunakannya anda harus benar-benar memperhatikan setiap instruksi yang diberikan dokter.

Selain itu, pemberian dosis KA-EN 3A juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan yang mana hal tersebut hanya akan menimbulkan masalah terhadap kondisi anda. Obat yang diproduksi oleh PT. Otsuka Indonesia ini dijual dalam bentuk Pcs.

Adapun mengenai beberapa zat yang terkandung di dalam KA-EN 3A akan kami jelaskan di bawah ini:

  • Na 60 sebanyak meq
  • K 10 meq
  • Cl 50 sebanyak meq
  • Lactate 20 meq
  • Glucose sebanyak 27 gram

Beberapa kandungan tersebut memang merupakan zat yang dibutuhkan untuk membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Informasi selengkapnya mengenai KA-EN 3A akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Fungsi KA-EN 3A

Seperti apa yang sudah kami jelaskan bahwasanya KA-EN 3A adalah obat infus yang digunakan untuk menjaga keseimbangan elektrolit maupun juga air terhadap pasien yang tidak tercukupi kebutuhan gizinya melalui makanan maupun juga pasien yang tidak bisa diberikan asupan gizi secara oral.

Kontraindikasi KA-EN 3A

  • KA-EN 3A akan berkontraindikasi jika diberikan kepada pasien yang mengalami hiperkalemia. Hiperkalemia merupakan sebuah kondisi dimana kadar kalium di dalam tubuh lebih rendah dibandingkan dengan kondisi normal. Artinya, kadar kaliumnya lebih rendah dari 5 mEq/L darah.
  • KA-EN 3A juga akan berkontraindikasi jika digunakan oleh seseorang yang pernah mengalami alergi maupun pasien dengan riwayat kelebihan natrium.
  • KA-EN 3A tidak dianjurkan diberikan kepada pasien yang pernah memiliki riwayat oliguria. Oliguria merupakan kondisi yang dialami ketika pengeluaran urin kurang dari 1 ml/kg/jam untuk bayi, kurang dari 0.5 ml/kg/jam untuk anak-anak, dan juga kurang dari 400 ml/kg/jam untuk orang dewasa.
  • KA-EN 3A diketahui juga akan berkontraindikasi jika diberikan kepada pasien yang memiliki luka barat yang berat dan juga azotemia.
  • Pasien yang pernah mengalami cidera hati yang berat juga tidak dianjurkan menggunakan KA-EN 3A.
  • Selain itu, pasien dengan aritmia jantung juga tidak dianjurkan menggunakan obat ini.

Bagi anda yang ingin tahu lebih lengkap tentang siapa saja yang tidak dianjurkan menggunakan KA-EN 3A, maka silahkan anda tanyakan kepada dokter.

Dosis KA-EN 3A

Adapun mengenai aturan dosis yang secara umum diberikan kepada pasien yang menggunakan KA-EN 3A adalah 50 sampai dengan 100 mL/jam. Dosis tersebut hanya diberikan kepada pasien dewasa maupun juga anak-anak yang usianya melebihi 3 tahun atau yang sudah memiliki berat badan lebih dari 15 kg.

Dosis KA-EN 3A harus diberikan secara rutin agar supaya obat ini bisa bekerja lebih maksimal untuk kebutuhan elektrolit pasien.

Harga KA-EN 3A 

Adapun untuk harga yang harus anda keluarkan ketika membeli KA-EN 3A adalah Rp. 27.500. Harga tersebut bukan harga mutlak karena bisa berubah kapanpun tergantung kapan anda dimana anda membelinya.

Cara Penggunaan KA-EN 3A 

  1. KA-EN 3A harus selalu anda gunakan sebagaimana instruksi yang telah diberikan oleh dokter.
  2. Jika dalam penggunaan KA-EN 3A ternyata anda mengalami ruam kulit, maka segera hubungi dokter.
  3. Obat ini kemungkinan akan menimbulkan pembengkakan terhadap area bekas luka sehingga pastikan anda mengecek kondisi kulit anda yang bekas terkena suntikan obat ini.
  4. Selalu gunakan KA-EN 3A secara rutin sebagaimana apa yang sudah dijelaskan oleh dokter.