Usai Berenang di Sungai, Gadis 10 Tahun Kehilangan Nyawa Karena Infeksi Amuba

132

Jika berenang di kolam renang umum saja ada risiko bahayanya, tentu melakukannya di sungai lebih tinggi risikonya. Seorang anak perempuan usia 10 tahun sampai harus kehilangan nyawanya di mana diketahui dirinya sempat berenang di sungai Brazos yang letaknya tak jauh dari rumah beberapa hari sebelumnya.

8 September lalu adalah pertama kalinya bagi gadis bernama Lily Mae Avant ini menderita gejala berupa demam dan sakit kepala dilansir dari laman People. Salah seorang anggota keluarga Lily membagikan pengalaman gadis ini di sebuah grup Facebook di mana keluarga mengira bahwa gejala tersebut hanya tanda bahwa Lily terkena infeksi virus biasa seperti pada umumnya.

Sudah sempat dibawa ke dokter, namun dokter hanya memberi resep hidrasi dan ibuprofen untuk Lily yang bukannya membuat kondisi makin baik malah makin buruk saja. Dari situlah keluarga langsung melarikannya ke Unit Gawat Darurat (UGD) yang kemudian barulah keluar diagnosa mengejutkan, yakni meningitis bakteri dan virus.

Karena tak merasa yakin dengan hasil pemeriksaan tersebut, Lily akhirnya dipindahkan ke Cook Children’s di Fort Worth oleh keluarganya. Pemeriksaan oleh dokter di rumah sakit ini menunjukkan bahwa Lily mengalami infeksi otak atau Naegleriasis pada tulang belakangnya. Menurut dokter, amuba langkalah yang menjadi penyebab kondisi tersebut.

Infeksi pada tubuh Lily ini diketahui bernama Naegleria fowleri menurut penjelasan Departemen Layanan Kesehatan Negara Texas. Ini adalah jenis amuba langka yang melalui air dapat menginfeksi otak apalagi kalau sampai terhirup masuk ke dalam hidung. Jenis amuba ini pun diketahui hidup di danau atau sungai (air tawar) dan mampu menjadi penyebab penyakit seperti PAM (Primer Amebic Meningoencephalitis).

Kasus infeksi seperti ini menurut Chris Van Deusen sebagai juru bicara dari departemen tersebut adalah kasus langka karena Lily menjadi kasus infeksi pertama di 2019. Menurut penjelasan sepupu Lily, Wendy Scott, memang Lily sempat berenang seminggu sebelum sakit di sungai yang letaknya di halaman belakang rumah.

Inilah beberapa hal yang dianjurkan oleh Departemen Layanan Kesehatan Negara Texas berdasar pada kasus yang dialami oleh Lily:

  • Hindarilah aktivitas berenang di air sungai.
  • Pilih aktivitas berenang di air yang sudah diberi klorin dan sudah melalui filtrasi agar lebih terjamin.
  • Hindari risiko paparan berbagai benda hidup yang ada di dalam air.
  • Kenakan penjepit hidung saat berenang atau berada di bawah air.

Hanya saja faktanya, di hari yang sama dengan saat Lily berenang di sungai tersebut, ada 40 orang lain yang juga ada di sana dan berenang di sungai yang sama. Kasus infeksi ini dikatakan jarang karena memang ketika banyak orang berenang di lokasi yang sama, nyatanya tak mengalami apapun menurut Chris. Itulah mengapa penting untuk memerhatikan dan mengikuti hal-hal seperti yang diimbau oleh departmen kesehatan Texas tadi agar mampu mencegah yang tak diinginkan.