Home Featured Gadis 10 Tahun Ini Kejang Lalu Pingsan Usai Rambutnya Disisir

Gadis 10 Tahun Ini Kejang Lalu Pingsan Usai Rambutnya Disisir

by Erlita

Gracie Brown, seorang gadis berusia 10 tahun secara tiba-tiba mengalami kejang lalu kehilangan kesadaran alias pingsan saat disisir rambutnya. Mulanya, Gracie menginap di rumah saudaranya yang bernama Alicia Renee Phillips. Alicia yang berprofesi sebagai seorang guru Matematika ini pada hari itu hendak ke gereja bersama Gracie.

Sebelum berangkat, Alicia membantu menata rambut si kecil Gracie, namun ia terkejut karena ia tiba-tiba pingsan disertai kejang-kejang. Beberapa kali sampai jatuh sebelum kejang-kejang, saudaranya tersebut mengira ini hanya candaan Gracie saja. Menurutnya, Gracie sangat bersemangat ketika rambutnya hendak ditata dan dikepang, namun ia jatuh dadakan ke arah depan usai 4 menit rambutnya disisir.

Mengira awalnya sebagai candaan, Alicia mendengar suara seperti tersedak keluar dari mulut Gracie saat kedua kalinya ia terjatuh. Dilansir dari Daily Mail, tanpa menunggu lama Alicia segera menghubungi orangtua gadis kecil tersebut dan ia diminta mengukur suhu tubuhnya. Usai mengecek suhu tubuh, bibir Gracie pun berubah jadi biru yang diikuti bola mata mengarah ke atas sehingga mata hampir putih sepenuhnya.

Alicia begitu ketakutan saat menyadari kondisi Gracie yang justru makin serius karena ia juga tak responsif apalagi bergerak. Gracie akhirnya dilarikan ke rumah sakit dan kondisinya pulih pelan-pelan usai memperoleh bantuan medis. Gracie juga mengatakan bahwa ia tak dapat merespon meski ia dengar orang-orang di sekitarnya tengah panik saat ia kejang-kejang.

Hasil diagnosa dokter, Gracie memiliki kondisi sinkop penataan rambut di mana ia akan kejang seperti tengah mengalami epilepsi saat rambutnya disisir. Penyakit ini cukup langka dan itulah kenapa setiap kali seseorang hendak menata rambut Gracie, hal ini harus dilakukan secara ekstra hati-hati dan pelan-pelan.

Ada kemungkinan saat baru ditata rambutnya, Gracie dapat merasakan lemas dan mual, maka Gracie diminta untuk duduk istirahat saja. Menurut profesor di University of Chicago, Dr Alison Tothy, kondisi ini bisa saja adalah efek rasa sakit ketika rambut disisir yang otomatis tertarik sehingga kulit kepala terangsang yang menjadikan tubuhnya seperti hendak kehilangan kesadaran.

Umumnya, sinkop penataan rambut akan menyebabkan beberapa keluhan gejala seperti misalnya:

  • Perut mual
  • Sakit kepala
  • Penglihatan menjadi kabur
  • Mengeluarkan keringat berlebih
  • Pingsan

Anak perempuan memiliki risiko lebih tinggi terhadap kondisi langka ini. Ini karena sensitivitas anak perempuan jauh lebih tinggi saat rambutnya diikat ataupun sekedar disisir menurut sebuah hasil penelitian di University Nevada.

You may also like