6 Bahaya Gigitan Kaki Seribu

16486

Bahaya kaki seribu merupakan dampak buruk bagi manusia yang belum memahami benar apa dan bagaimana cara hidup hewan kaki seribu. Hewan kaki seribu adalah hewan yang sering berada dan hidup dibeberapa sudut atau lantai rumah yang tergolong sebagai karnivora karena gemar menyantap hewan kecil lain seperti cacing, Kelabang, Rayap dan sebagainya.

Ada beberapa dampak buruk jika seseorang tergigit atau tersengat hewan kaki seribu :

1. Mengganggu pendengaran (jika masuk ke rongga telinga)
Hewan kaki seribu dapat masuk kedalam telinga dan menyumbat pendengaran. Pergerakkannya didalam rongga telinga sangat berbahaya bagi gendang telinga jika hewan tersebut melancarkan aksi penggigitan atau penyengatan. Hewan kaki seribu harus segera dikeluarkan karena dapat menyebabkan berkurangnya pendengaran ketika racunnya berakumulasi dengan kotoran telinga dan jaringan telinga lainnya.

2. Kejang kejang
Hewan kaki seribu dapat menggigit manusia jika dirinya dalam keadaan terancam. Gigitannya menyebarkan sebuah cairan yang cukup beracun walaupun tidak seganas racun yang dihasilkan oleh kalajengking atau kelabang, Namun cukup mampu menyebabkan kejang kejang mirip serangan step pada anak anak.

3. Pembengkakan
Bahaya kaki seribu yang paling umum dialami akibat Gigitan dan sengatannya adalah dapat meninggalkan jejak pada permukaan kulit berupa peradangan atau pembengkakan. Pembengkakana yang dikuti dengan rasa nyeri tersebut dapat dihilangkan dengan cara mengkompres air es.

4. Muntah muntah dan pusing
Anak anak yang tanpa sengaja menginjak atau menindih hewan kaki seribu dapat terserang gigitan sekaligus sengatan yang tiba tiba dan menyebabkan muntah muntah serta kepala yang pusing. hal tersebut dikarenakan racun hasil sengatannya telah masuk pada aliran darah. Muntah dan pusing adalah gejala awal dari bahaya kaki seribu yang biasa terjadi sesaat setelah seseorag tersengat racunya.

5. Demam
Bahaya kaki seribu yang diawali karena Gigitan atau sengatan dari hewan kaki seribu dapat menyebabkan seseorang terserang demam akibat racun telah menyebar kepembuluh darah, Jika orang dewasa yang terserang biasanya demam hanya berlangsung lebih dari satu jam saja setelah itu akan hilang dengan sendirinya, Namun jika anak anak yang mengalaminya , Maka demam akan berlangsung cukup lama dan segera diatasi dengan penanganan tim kesehatan yang terkait.

6. Pingsan mendadak
Bahaya kaki seribu yang disababkan oleh Gigitan dan sengatan hewan beracun tersebut dapat menyebabkan seseorang jatuh pingsan mendadak ketika racun telah menyebar ke pembuluh darah serta jaringan tubuh lain. Pada dasarnya hewan kaki seribu adalah hewan yang cukup ramah pada manusia, namun jika merasa terancam hewan tersebut dapat menggigit dan menyengat mengeluarkan racun yang bertujuan untuk perlindungan dirinya.

(Baca juga : Cara menangani orang pingsan mendadak)

Solusi terbaik
Tips mudah agar rumah tidak didatangi hewan kaki seribu

• Rajin membersihkan ruangan kamar, Ruang tamu, Teras depan dan lingkungan sekitar. Tempat yang senantiasa bersih dan tertata rapih dapat menghindari dari datangnya hewan kaki seribu. Kaki seribu cenderung tidak menyukai lokasi tempat yang sering dijangkau manusia.

• Menutup lubang lubang yang ada pada sudut dinding, Permukaan lantai atau bawah lemari yang terlihat gelap. Lubang lubang kecil bisa dihinggapi oleh hewan kaki seribu untuk menetap dan berkembang biak.

• Sebarkan beberapa kamper pada sudut ruangan rumah atau sudut dinding. Aroma kamper sangat menyengat dan tidak disukai bintang pengerat, Jenis serangga dan binatang kecil berbahaya seperti lipan, kalajengking termasuk kaki seribu.

• Menaburkan kapur anti semut pada beberapa tempat yang dicurigai dapat didatangi hewan kaki seribu misalnya pada bawah tempat tidur yang sakit dijangkau untuk dibersihkan atau tempat bawah lemari .

• Hindari tumpukan buku atau benda benda yang tidak terpakai atau barang barang yang tidak pernah dibersihkan dan ditata ulang. Benda benda yang menumpukan memberi kesan kotor dan gelap sehingga hewan kaki seribu menyukainya untuk tempat berlindung. Semakin minim tumpukan barang ada didalam rumah maka bahaya kaki seribu dapat dihindari.

• Lakukan penyemprotan hama serangga agar bahaya kaki seribu yang menimbulkan masalah dapat diatasi, Misalnya penyemprotan pencegah nyamuk demam berdarah. Aroma dan zat aktif dari penyemprot tersebut ampuh mengusir hewan kaki seribu agar tidak kembali lagi sehingga penyebab kaki seribu yang membahayakan anak anak dapat dicegah dengan cepat.

• Jika tidak bisa menolak harus duduk dilantai yang bertanah karena suatu kepentingan tertentu maka duduklah dengan beralas tikar atau kertas yang agak tebal agar terhindar dari gigitan kaki seribu yang kemungkinan bertempat tinggal diarea tanah yang sedang kita duduki. Dengan demikian bahaya kaki seribu yang dapat menyebabkan pembengkakan dan nyeri sedini mungkin dapat dicegah.

• Bersihkan kamar mandi minimal 2 kali seminggu untuk menghindari bahaya kaki seribu yang notabenya adalah penyuka tempat yang agak lembab dabn sejuk. Kamar mandi yang selalu bersih dan berbau harum dapat membuat hewan kaki seribu enggan untuk bertandang, Karena tempat yang bersih dan harum selalu berhubungan dengan aktifiats manusia. Hewan kaki seribu tidak menyukai tempat yang sering dijangkau manusia.