Home Penyakit dan KelainanSinusitis 16 Makanan Penyebab Sinusitis Penting Untuk Dihindari

16 Makanan Penyebab Sinusitis Penting Untuk Dihindari

by Erlita

Penyebab sinusitis memang bisa bermacam – macam dan juga hal tersebut tergantung pada setiap penderita sinusitis karena terkadang penyebab yang di alami tidak semua akan dirasakan oleh orang lainnya. Namun perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis makanan yang harus anda hindari karena makanan tersebut nantinya malah akan menyebabkan penyakit sinus anda kambuh atau bahkan bisa semakin lebih parah. Berikut ini beberapa makanan penyebab sinusitis yang harus anda perhatikan.

  1. Makan gorengan

Makanan yang memicu sinusitis yang pertama yang harus anda hindari adalah gorengan. Seperti yang telah kita ketahui bahwasanya sering makan gorengan bisa menimbulkan beberapa kondisi yang tentunya akan berdampak buruk bagi kita. Banyak orang yang tidak sadar akan efek ini karena mereka sudah “kecanduan” untuk bisa memakan gorengan tersebut. Adapun bagi anda yang pernah memiliki riwayat sinusitis atau memiliki beberapa tanda yang mengindikasikan bahwa terkena penyakit sinus, maka anda harus menghindari makan gorengan dan pahami betul akan bahaya mengkonsumsi gorengan.

  1. Makanan yang berminyak

Memakan makanan yang berminyak juga bisa menjadi sebab anda terkena sinusitis. Sebenarnya penjelasan ini merupakan suatu rangkaian dengan penjelasan pertama yang mana maksudnya adalah makanan gorengan tentunya akan berminyak. Maka dari itu, jika anda merupakan sesorang yang terindikasi terkena penyakit sinus maka anda harus menjauhi makan makanan yang berminyak, terlebih jika minyak yang digunakan tersebut kotor seperti yang digunakan oleh penjual yang menjual berbagai macam makanan di pinggir jalan meskipun memang tidak semuanya seperti itu.

  1. Es krim

Makan makanan yang panas juga tidak dianjurkan bagi anda yang memang diketahui sudah terkena penyakit sinus. Seperti yang kita ketahui bahwa seseorang yang terkena penyakit sinus menyebabkan hidung mereka mengalami penyumbatan akibat adanya lendir. Dengan kata lain, jika anda makan makanan yang dingin seperti es krim, maka tentunya bisa membuat produksi lendir di dalam tubuh semakin banyak sehingga akan semakin menutup saluran pernapasan anda dan tentunya akan membuat anda semakin mengalami infeksi.

  1. Sambal

Makan sambal memang sangat nikmat karena hal tersebut bisa mengeluarkan keringat anda dan tentunya dengan memakan makanan yang pedas merupakan sebuah kebanggaan sendiri ketika kita berhasil menghabiskannya. Namun tidak bagi anda yang menderita sinusitis jadi wajib untuk membatasi atau menghindarinya. Selain menjadi pantangan ambeien, anda harus menjauhi makanan yang pedas karena bisa menyebabkan sinusitis yang anda alami akan semakin parah.

  1. Makanan yang di dalamnya terdapat merica

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak merica memang tidak dianjurkan bagi anda yang menderita penyakit sinus. Hal tersebut dikarenakan bau yang menyengat dari merica tersebut bisa mengganggu hidung anda yang pada waktu itu sedang dalam kondisi mengalami peradangan.

  1. Yogurt

Mungkin yogurt memang menjadi makanan untuk menghilangkan stres yang ampuh, tapi mengkonsumsi yogurt juga tidak dianjurkan bagi anda yang terkena penyakit sinus. Sebagainya dengan mengkonsumsi susu, jika anda mengkonsumsi makanan kental maka akan menyebabkan penebalan lendir atau dahak yang ada di saluran pernapasan anda. Oleh karena itu, biasanya seseorang yang terkena penyakit sinus akan disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan kental.

  1. Buah yang mengandung pengawet

Anda juga harus waspada karena anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah yang di dalamnya mengandung bahan pengawet. Jika anda tetap memaksa untuk memakan buah tersebut, maka tentunya anda akan mengalami beberapa kondisi yang tentunya akan mengganggu anda serta juga bisa membuat penyakit sinus anda semakin lebih parah.

  1. Mustard

Apakah anda tahu mustard? Mustard adalah salah satu bumbu yang memang menjadi bumbu khas di Benua Eropa. Warna dari mustard tersebut yakni kuning dan juga sebagian juga ada yang berwarna coklat. Memang mustard sangat nikmat digunakan sebagai saus, akan tetapi tidak bagi anda yang menderita sinusitis. Anda malah harus menghindari saus ini agar tidak menyebabkan penyakit sinus anda semakin parah.

  1. Otak – otak

Otak – otak juga termasuk ke dalam salah satu jenis makanan yang harus anda hindari ketika anda terindikasi mengalami penyakit sinus. Otak – otak memang mengandung beberapa zat yang kemungkinan bisa membuat penyakit anda kambuh terutama jika digoreng dengan menggunakan minyak yang kotor.

  1. Rujak

Memakan rujak juga tidak dianjurkan. Mengapa demikian? Karena di dalam rujak terdapat beberapa jenis bahan yang bisa membuat penyakit sinus anda semakin parah dan otomatis peradangan atau inflamasi yang anda alami akan semakin parah. Untuk itu, anda tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi rujak selama menderita penyakit sinus.

  1. Mentega

Mentega juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi anda yang menderita penyakit sinus. Mentega baik anda gunakan sebagai pengganti minyak atau digunakan pada hal lain tetap tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan sinusitis anda kambuh.

  1. Cireng

Siapa yang tidak mengetahui cireng? Cireng merupakan sejenis gorengan yang banyak di jual di sekolah kita, khususnya SD. Memang rasa dari cireng itu sendiri sangatlah enak, akan tetapi cireng menjadi salah satu makanan yang pantang dikonsumsi bagi mareka yang memang terindikasi mengalami penyakit sinus karena bisa menyebabkan sinusitis mareka semakin parah.

  1. Seblak

Untuk makanan yang satu ini memang menjadi sebuah primadona bagi mereka yang menyukai pedas. Akan tetapi anda juga harus tahu bahwa anda tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi seblak karena bisa menyebabkan penyakit sinus anda semakin parah yang mana menyebabkan peradangan yang anda alami juga akan semakin parah.

  1. Keju

Keju juga termasuk ke dalam jenis makanan yang harus dihindari bagi anda yang menderita penyakit sinusitis. Keju termasuk ke dalam jenis produk olahan susu yang mana susu itu sendiri dilarang untuk dikonsumsi karena bisa meningkatkan jumlah lendir di dalam tubuh kita sehingga akan menyumbat saluran pernapasan kita.

  1. Pala

Pala juga termasuk makanan yang merupakan sebuah pantangan bagi mereka yang terindikasi mengalami penyakit sinus. Karena dengan mengkonsumsi pala dikhawatirkan akan menyebabkan kambuhnya penyakit sinus mereka.

  1. Mayones

Makanan terakhit yang menjadi pantangan bagi mereka yang menderita penyakit sinus adalah mayones. Seperti halnya dengan yogurt dan produk lainnya yang berasal dari susu, mayones tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan rasa nyeri di bagian pipi atau bagaian lainnya dari penderita sinusitis.

Itulah daftar makanan penyebab sinusitis yang wajib untuk dihindari atau dibatasi oleh para penderitanya. Jika telah memiliki risiko sinusitis, maka waspadailah makanan atau minuman tersebut supaya tak kemudian menimbulkan gejala sinusitis.

You may also like