Kunyit Bisa Obati Sakit Punggung, Begini 5 Cara Gunakannya

980

Kunyit Bisa Obati Sakit Punggung, Begini 5 Cara GunakannyaSakit punggung bukan kondisi kesehatan yang asing di mana penyebabnya bisa mulai dari kehamilan, cedera, stres, postur tubuh yang kurang tepat atau buruk, hingga keadaan autoimun (misalnya seperti multiple sclerosis, arthritis, dan spondilitis ankilosis). Kunyit adalah rempah yang dikenal efektif dalam meredakan rasa nyeri karena sifat antiradangnya sehingga Anda bisa coba obati sakit punggung menggunakannya.

  1. Menambahkan Kunyit pada Masakan

Kunyit paling cocok bila dicampurkan atau ditambahkan pada masakan kari, tapi Anda pun bisa coba menambahkannya pada menu daging, kentang, nasi, atau bahkan pasta. Kunyit adalah rempah dengan cita rasa yang tak terlalu menyengat dan terbilang cukup ringan sehingga Anda pasti akan menyukainya ketika ditambahkan pada masakan.

  1. Kunyit Kombinasi Gel Lidah Buaya

Anda perlu tahu bahwa gel lidah buaya memiliki sifat penenang yang alami dan mampu meredakan rasa nyeri secara efektif. Jadi bila mengombinasikannya dengan kunyit Anda akan merasakan efek yang lebih maksimal dalam menyembuhkan sakit punggung.

  • Siapkan dulu gel lidah buaya secukupnya, lalu tambahkan bubuk kunyit 1 sendok teh.
  • Anda boleh juga gunakan minyak kunyit beberapa tetes sebagai alternatif dari bubuk kunyit.
  • Kedua bahan bisa dicampurkan, lalu kalau sudah jadi ramuan dapat Anda balurkan pada bagian punggung.
  • Kalau Anda menggunakan kunyit dalam bentuk bubuk pada ramuan ini, maka biarkan ramuan yang sudah dibalurkan ke punggung selama ½ jam saja.
  • Barulah setelah setengah jam berlalu, Anda bisa bilas punggung dengan air biasa sampai bersih.
  1. Teh Kunyit

Jika Anda suka yang sederhana, maka teh kunyit bisa menjadi solusi penyebab sakit punggung. Di dalam kunyit ada anti-inflamasi yang siap menyembuhkan berbagai macam penyakit akibat radang.

  • Jika ingin membuat secangkir saja, bubuk kunyit atau hasil tumbukan kunyit sebanyak ¼ sendok teh bisa Anda siapkan.
  • Masukkan ke dalam sebuah cangkir, lalu tuang air panas, seduh selama 10 menit.
  • Saring ketika sudah dingin dan hendak Anda minum, tambahkan sedikit susu, madu atau lemon jika Anda tak mampu meminumnya begitu saja.
  1. Minyak Kunyit Untuk Pijat

Minyak kunyit bisa juga Anda manfaatkan dengan mencampurkan minyak ini kurang lebih 10 tetes dengan minyak lainnya, entah itu minyak zaitun, minyak kelapa, minyak wijen, minyak almond, atau minyak biji anggur. Campurkan kedua bahan lalu oles ke bagian punggung yang sakit.

Oleskan sambil beri pijatan lembut, biarkan selama beberapa saat dan Anda boleh membilas bersih setelahnya atau tidak usah. Kalau tidak dibilas, maka ada kemungkinan punggung Anda akan sangat berminyak dan ketika memakai pakaian maka minyak dari punggung bisa menempel pada pakaian yang dikenakan.

  1. Susu Kunyit

Untuk meredakan sakit punggung termasuk penyebab sakit punggung pada wanita, Anda bisa coba untuk memakai kunyit yang dicampurkan dengan susu. Panaskan dulu secangkir susu, barulah setelahnya masukkan kunyit bubuk sebanyak 1 sendok makan ke dalamnya. Jika ingin ada sedikit rasa lebih manis, tambahkanlah dengan madu sesuai dengan selera Anda. Bila ingin menambahkan rasa lagi, ekstrak vanila maupun sedikit kayu manis akan lebih nikmat.

Kunyit walaupun adalah rempah alami sebenarnya juga tidak begitu baik untuk para ibu hamil karena bisa menyebabkan kontraksi kalau dikonsumsi dalam dosis besar. Maka sejumput kunyit bubuk sudah cukup bila Anda sedang hamil. Apabila efek samping kunyit terjadi seperti kontraksi rahim, sembelit atau diare, segera hentikan konsumsi dan periksakan ke dokter karena tak semua orang mungkin akan cocok dengan rempah ini.