Gara-Gara Makan Marmut Mentah Suami Istri Asal Mongolia Meninggal Dunia, Ternyata Ini Penyebabnya!

64

Dilansir dari berita kesehatan The Washington Post, pasangan suami istri yang berasal dari Mongolia meninggal dunia setelah sebelumnya mengonsumsi marmut mentah. Pasangan ini terpaksa makan marmut mentah sebagai obat tradisional sesuai dengan kepercayaan setempat.

Bagian marmut yang dimakan termasuk daging dan organ dimana semuanya dimakan mentah. Ada kepercayaan setempat bahwa makan marmut mentah baik untuk menjaga kesehatan dan memanjangkan umur. Tapi setelah makan akhirnya pasangan ini menderita gejala yang sangat parah. Beberapa gejalanya seperti muntah darah dan demam. Hingga pada akhirnya pasangan ini meninggal dunia sebelum mendapatkan pertolongan pada 1 Mei 2019.

Setelah melewati penyelidikan ternyata disimpulkan bahwa pasangan tersebut meninggal karena wabah yang berasal dari waktu lampau. Penyebabnya karena infeksi bakteri Yersinia pestis. Bakteri ini biasanya juga menyerang tikus dan marmut.

Melihat kondisi ini akhirnya diberlakukan karantina untuk tempat tinggal setempat, di provinsi Bayan-Olgii. Yaitu sebuah provinsi di perbatasan Cina dan Rusia. Sekarang proses karantina sudah dicabut setelah tidak ada kasus yang lain.

Sejarah wabah ini pernah membunuh jutaan penduduk Eropa pada tahun 1300-an. Sebenarnya infeksi ini mungkin sudah punah sekarang tapi kejadian cukup jarang juga bisa terjadi. Dalam kasus serupa infeksi bisa terjadi karena gigitan kutu atau gigitan binatang yang terinfeksi mengenai pada jaringan tubuh manusia.

Infeksi dari bakteri Yersinia pestis diduga juga bisa menyebabkan penyakit pneumonia. Pneumonia menjadi penyakit yang sangat menular dan menyebar mudah ke udara lewat batuk dari penderita. Infeksi wabah lain dari bakteri juga bisa bersifat septikemik dan tidak menular.

Gejala pneumonia yang harus diwaspadai termasuk seperti:

  • Demam
  • Menggigil
  • Batuk parah sampai batuk berdarah
  • Sesak nafas
  • Nyeri pada dada
  • Nafsu makan menurun
  • Berat badan menurun.

Wabah penyakit yang disebabkan oleh infeksi ini sebenarnya bisa disembuhkan. Hanya saja proses perawatan harus dilakukan sejak awal sehingga bisa sembuh total. Hal yang terjadi pada pasangan ini adalah perawatan yang tidak dilakukan sejak awal sehingga sudah parah sampai akhirnya menyebabkan meninggal dunia. Jadi, sebaiknya hindari konsumsi daging binatang yang mentah, terutama seperti daging marmut ya…